widi alip sayyidzi purnomo

The Wall

You need to sign in to comment
No comments

Newsfeed

  • KELOMPOK CHE GUEVARA DI PASAR KABANGAN SURAKARTA








    kami kelompok Che Guevara yang beranggotakan Aditya Dwi Prasetyo ( ketua ), Muhammad Gavindra Rahmadika, Fany Rohmah Probosari, Milvania Citantya, Vania Madina Rilanto, Rifki Rositasari, Deandra Aurellia Dewanti, Mazaya Ardelle Herwibowo, Valentinus Rekho Ananda Wijaya, Radian Putra Ramadhan, Zein Ibnu Wiguna, Dandi Agus Nugraha, Ariska Putri Nurjanah, Beatrix Marcella Lourdes Imelda Boro, Arina Mardhiyana Husna, Della Ayu Kartika S., Sofa Miftakhul Iza, kakak pendamping yaitu Hasnah Udianingrum, dan saya widi alip sayyidzi purnomo berkunjung ke salah satu pasar tradisional, yaitu Pasar Kabangan yang bertempat di Jl. Dr. Radjiman No. 519, Sondakan, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57148.
    Sebelum terkenal dengan sebutan Pasar Kabangan, pasar ini dikenal dengan nama pasar Laweyan. Pada saat itu, masih banyak dijumpai barang dagangan seperti bumbu-bumbu pawon dan sayuran. Namun, setelah direvitalisasi pada tahun 2000 – 2004, pasar ini resmi dinamakan Pasar Kabangan dan hanya menjual barang-barang kebutuhan rumah tangga.
    Pasar Kabangan sendiri adalah pasar yang menjual alat-alat rumah tangga. seperti dandang, ceret, panic, kuali, kompor minyak, peralatan membuat kue , dan masih banyak lagi. Selain itu, juga ada peralatan lain seperti tong sampah, tempat air atau minyak ( derigen ), ember, drum-drum plastik, ember, ekrak, dan masih banyak lagi.
    barang-barang yang dijual di Pasar Kabangan adalah barang jadi yang dipasok dari luar kota Surakarta. Namun, ada juga yang di produksi sendiri oleh para pedagang yang ada di Pasar Kabangan. Soal harga, sangat terjangkau bagi semua kalangan masyarakat yang ingin membelinya.
    Alasan kami memilih pasar ini adalah lokasi pasarnya yang mudah dijangkau . Selain itu pasar ini memiliki keunikan sendiri yang beda dari yang lain, yaitu barang dagangan yang ada dan di produksi di pasar ini adalah semua peralatan rumah tangga dan tidak ada satupun jenis dagangan yang berbau makanan atau bumbu-bumbuan. Seluruh isi pasar dari luar sampai dalam dan sekelilingnya hanya ada peralatan rumah tangga dan drum-drum besar yang siap dipasarkan.
    Hal - hal itulah yang membuat kami tertarik untuk mendatangi dan mengetahui lebih banyak tentang Pasar Kabangan. Yang memiliki segala keunikan tersendiri.
    Aug 12
    0 0
  • Surat untuk indonesia
    Indonsia adalah negara yang sangat kaya. Kaya akan budaya, suku, bangsa, etnis. Alamnya pun juga sangat kaya. Kita ambil contoh saja pertambangan freeport, yang menyimpan berton – ton emas.belum lagi dibawah lapisan emas masih terdapat uranium yang sangat banyak. Tapi sayang tambang itu dikuasai oleh asing, kita hanya dapat 1 % saja. Padahal kalau dihitung dari mulai beroperasi sampai sekarang hasil emasnya saja kalau dibagi keseluruh rakyat indonesia, per individu akan mendapat uang sekitar 20 milyar. Jumlah yang sangat fantastis.itu hanya satu tambang, dan masih banyak lagi yang tersebar diseluruh wilayah indonesia. Itulah keadaan yang terjadi di indonesia saat ini. Sungguh sangat miris padahal masih banyak warga miskin di indonesia yang belum layak hidup dan belum mengenyam pendidikan. Keadaan ini juga diperparah dengan banyaknya pejabat yang korupsi dan jumlah kasusunya mencapai ratusan , serta negara juga rugi trilyunan rupiah. dan sekarang agama pun dijadikan sebagai alat politik, seperti yang baru – baru ini terjadi.
    Dan keadaanpun diperparah dengan bangsa asing yang sudah mulai mengincar indonesia. Tidak hanya tambangnya saja, tapi semuanya. Mereka tidak lagi menjajah melalui perang konvensional atau dengan senjata, tapi dengan perang non konvensional. Yang sering disebut oleh militer sebagai proxy war. Mereka menyerang indonesia dengan cara menghancurkan ideologi kita dan moral rakyat indonesia (demoralisasi). Seperti mengadu domba antar agama atau sesama agama yang lagi hangat akhir- akhir ini. Sedangkan manusia indonesia dicekoki budaya – budaya barat yang sangat bertentangan dengan budaya kita, serta memasukkan produk – produk asing sebagai bentuk penjajahan ekonomi. Dan dengan semua keadaan itu pemerintah, khususnya presiden tidak dapat berbuat apa-apa, karena dari awal kampanye sudah terjadi kontrak politik atau kesepakatan dengan berbagai pihak untuk dapat menduduki posisi tertentu dalam suatu jabatan.
    Keadaan indonesia sudah segitu parahnya. Dan menurut para pakar, apabila dalam sepuluh tahun kedepan keadaannya masih seperti ini, indonesia akan hancur.Saya sendiri berharap untuk warga indonesia sadarlah, bahwa bangsa ini keadaannya sudah sangat mengkhawatirkan dan asing sudah mulai mengincar kita. oleh karena itu mari kita rapatkan barisan dan kita jaga pancasila sebagai ideologi kita. gunakanlah produk – produk indonesia semaksimal mungkin agar ekonomi kita tidak semakin terbatas. serta mulailah peka terhadap lingkungan dan situasi global.
    Itulah situasi indonesia baru – baru ini dan harapan saya terhadap indonesia. Dan sebagai mahasiswa FISIP serta warga negara yang baik, saya akan berusaha memajukan bangsa ini kearah yang lebih baik. Yang tentunya dengan porsi saya sebagai mahasiswa. Saya akan berusaha menjadi mahasiswa yang taat peraturan serta menjaga nama baik universitas sebelas maret, karena dengan menjaga nama baik universitas berarti saya juga telah menjaga nama baik bangsa ini. Selain itu saya juga akan berusaha aktif di dalam kegiatan kampus. Bukan hanya aktif didalam kampus saja, tapi diluar kampus saya juga akan aktif dalam organisasi masyarakat dan lembaga swadaya masyarakat, karena itu semua menurut saya sebagai bentuk pengabdian kepada tanah air dan bangsa.kedepannya setelah lulus, saya berkeinginan untuk ikut dalam kancah perpolitikan daerah maupun nasional, entah itu lewat partai politik atau organisasi, karena itu menurut saya adalah salah satu cara untuk memperbaiki kondisi negeri ini, dengan merubah politik kotor saat ini dengan politik yang lebih transparan dan fleksibel. Karena sekarang kuncinya perubahan indonesia adalah di manusia indonesia itu sendiri.
    Aug 7
    0 0
  • Jika Aku Menjadi Pemimpin
    Menjadi seorang pemimpin adalah hal yang sangat sulit dan tentunya membanggakan. Pemimpin harus mengemban berbagai tugas dan amanat yang akan kita pertanggung jawabkan kepada manusia dan tentunya allah swt. Pemimpin juga harus menjadi panutan bagi anggotanya dan juga harus menciptakan keselarasan serta keakraban dan kekompakan diantara anggotanya.
    Jika aku menjadi pemimpin aku harus memenuhi semua hal diatas agar kepemimpinanku dapat berjalan dengan baik dan memiliki manfaat. Semua itu tentunya tidak mudah dan akan sangat sulit. Aku juga harus mempersiapkan segalanya baik mental maupun fisik. Dan jika aku diberi amanat untuk menjadi seorang pemimpin aku akan berusaha mewujudkannya. Aku harus memiliki karakter yang membedakan aku dengan yang lainnya. Aku juga harus dapat menerima masukkan dari berbagai pihak yang dapat untuk membuat kinerjaku lebih baik.
    Jika aku menjadi pemimpin hal pertama yang aku lakukan yaitu membuat sebuah visi dan misi yang harus aku wujudkan selama aku menjabat. Visi dan misi itu harus berbeda dari pemimpin yang sebelumnya. Visi dan misi itu harus dapat membawa kearah perubahan yang lebih baik.
    Setelah visi dan misi kemudian aku akan menyusun program kerja baik jangka pendek maupun jangka jauh. Program kerja itu juga harus banyak yang beda dari sebelumya dan harus membawa kearah yang lebih baik tentunya. Aku akan membagi program kerja itu ke anggota sesuai dengan porsinya. Dan tentunya pembagian itu harus rata agar tidak menimbulkan perselisihan. Program kerja itu harus dapat aku selesaikan dan dapat dipertanggung jawabkan selama aku memimpin. Dan setelah program kerja selesai aku akan berusaha menuntun atau membimbing anggotaku untuk melaksanakan program tersebut sebagaimana mestinya sampai semuana terlaksana. Agar nantinya masa kepemimpinanku dapat menjadi contoh bagi kepemimpinan selanjutnya.
    Dan tentu nya semua itu tidak mudah dilakukan. Pasti akan banyak rintangan yang akan menghadang dan menghambat setiap kegiatan. Hambatan itu bisa berasal dari dalam maupun luar. Contoh rintangan dari dalam yaitu seperti anggota yang tidak cocok dengan gaya kepemimpinan ku dan hal yang harus aku lakukan adalah merangkulnya dan memberikan pengertian bahwa yang aku lakukan itu berniat baik. Dan itu akan aku lakukan sampai dia mengerti dan masih banyak rintangan lainnya. Rintangan dari luar sendiri contohnya adalah pihak yang tidak suka dengan kelompok kami dan berusaha menjatuhkan kelompok kami. Dan hal yang harus aku lakukan adalah salah satunya dengan mencari sumber penyebabnya dulu dan menganalisanya, kemudian kami akan bernegosiasai untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Apabila negosiasi gagal kami akan menempuh jalur hukum. Itu beberapa problematika dari luar dan pasti akan banyak lagi.
    Dalam melaksanakan semua itu yang terpenting bagiku adalah menjalankannya secara konsiten sebagaimana mestinya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Semua itu akan aku lakukan agar selama aku menjabat semuanya dapat berjalan dengan baik. Dalam memimpin aku juga harus dapat belajar dari pemimpin – pemimpin hebat bangsa ini seperti ir. Soekarno, jendral sudirman dan lainnya. Aku harus dapat mengambil pelajaran dan sisi – sisi positif dari para pemimpin hebat itu, karena sehebat apapun kita semuanya itu juga berkat peran para pendahulu kita yang patut kita hormati dan kita jadikan sebagai panutan. Mungkin ini sedikit angan - angan atau impian serta hal hal yang akan aku lakukan jika aku menjadi seorang pemimpin.
    Aug 4
    0 0
  • widi alip sayyidzi purnomo joined our site!
    Aug 4
    0 0