• Jika Aku Menjadi Pemimpin


    Pemimpin adalah seseorang yang memiliki kemampuan atau kelebihan dalam suatu bidang sehingga dia mampu mempengaruhi orang-orang lain untuk bersama mencapai sebuah tujuan. Menjadi seorang pemimpin bukanlah perkara yang mudah. Dibutuhkan kecakapan, ketegasan, kecerdasan, kedisiplinan dan lain-lain. Karna pada dasarnya untuk memberikan arahan kepada banyak orang bukan hanya sekedar memberikan perintah. Melainkan ikut memberikan contoh yang baik sebagaimana menjadi pemimpin yang pantas untuk diikuti. Mungkin bagi orang kebanyakan menjadi seorang pemimpin merupakan hal yang sangat membanggakan, sehingga banyak orang berlomba-lomba untuk menjadi seorang pemimpin hanya sekedar untuk dipandang dan melupakan semua tugas dan kewajibannya.

    Menurut saya,saya lebih baik dianggap orang biasa daripada berstatuskan seorang pemimpin namun tidak bisa menjalankan semua tugas dan kewajiban dengan baik. Mungkin terdengar mudah pada saat memberikan kata-kata “bahwa saya bersedia menjalankan semua tugas dan kewajiban dengan baik hingga tujuan bersama dapat tercapai” ,tetapi kata-kata tersebut bukanlah hanya kata-kata. Kata-kata tersebut mengandung sejuta harapan orang banyak dibawah saya yang mengharapakan kehidupan yang lebih baik di masa yang akan datang dalam masa kepemimpinan saya. Hal itulah yang membuat tugas seorang pemimpin bukan hanya mencapai tujuan bersama, melainkan ada tugas menjaga kepecayaan orang banyak yang berada dibawah naungan kepemimpinan.

    Sekalipun suatu hari dimasa yang akan datang saya menjadi seorang pemimpin,saya tidak mau status “kepemimpinan” tersebut membuat orang disekitar saya memperlakukan diri saya lebih spesial daripada yang lain. Karna ya tentu saja,pemimpin adalah orang biasa,hanya saja saya memiliki tugas dan kewajiban untuk dicapai. Wewenang yang diberikan kepada saya selaku pemimpin pun harus di pergunakan dengan baik,dan walau pun dianggap sebagai pemimpin, saya juga akan tetap mendengarkan kritik dan saran dari orang dibawah kepemimpinan saya. Karna suatu tujuan dapat dicapai bukan hanya karna kecakapan seorang pemimpin,melainkan karna kerjasama antar pemimpin dan orang yang dipimpin.

    Mudah memang mengatakan hal-hal seperti diatas, terlebih lagi belum pernah merasakannya. Seolah mengetahui, mengerti, dan memahami namun pada nyatanya hanya melihat rangkaian kata. Hal itulah yang membuat saya tidak begitu ingin menjadi seorang pemimpin,karna tugas yang diberikan sungguhlah berat. Terlebih lagi menjadi pemimpin ratusan hingga jutaan orang. Karna menyatukan pemikiran 5-10 orang saja sulit, apalagi menyatukan pemikiran ratusan hingga jutaan orang? Mungkin berkata salah sekalipun akan dikomentari ratusan hingga jutaan orang yang berada dibawah kepemimpinan. Menghadapi begitu banyak pendapat, kritik dan saran dari orang banyak untuk melakukan hal ini-itu dan juga menghadapi permasalahan yang sudah terjadi, sungguh bukanlah hal yang mudah.

    Jika saya menjadi pemimpin,mungkin saya hanya akan memimpin diri saya sendiri. Kemana saya akan melangkah, bagaimana saya menghadapi permasalahan, tujuan yang ingin saya capai, mengatur diri dalam bertindak dan menata diri saya untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Karna sebelum bisa menjadi pemimpin yang baik untuk orang banyak,kita harus telebih dahulu bisa memimpin diri kita sendiri dengan baik. Kehidupan menjadi seorang pemimpin mungkin terlihat nikmat,memilik wewenang, memiliki kedudukan, disegani siapapun, dan dapat melakukan apa saja. Namun dibalik kenikmatan itu semua,terdapat beban kepercayaan orang banyak yang apabila tidak bisa kita pertanggung jawabkan maka akan menjadi suatu kesalahan yang tidak bisa dimaafkan. Bukan hanya didalam kehidupan bermasyarakat, tetapi juga dalam kehidupan diakhirat.

    Mungkin apa yang saya tulis diatas jauh dari tema yang diberikan. Namun seperti kata saya diatas,menjadi seseorang pemimpin bukanlah hal yang mudah. Bahkan membayangkan menjadi pemimpin pun juga bukanlah hal yang mudah,karna saya hanya bisa menuliskan rangkaian kata apa yang ada diimajinasi saya dan belum pernah melakukannya didunia nyata.
    Jul 30
    0 0