• F. D. Roosevelt di Pasar Kembang

    Anggota :
    1. Patricia Gita Pusparini
    2. Herlina
    3. Ahza Arzanul Haq
    4. Putri Ari Suryani
    5. Wahyu Nur Rochman
    6. Lintang Azizah
    7. Arga Ryan Saputra
    8. Rafy Ridho AzhariI
    9. Noor Azharul Hanifah
    10. Ulifah
    11. Graccel Aprilineva Clara M.
    12. Salsabila Putri Haryuning
    13. Dhika Candra Devi
    14. Aji Muhammad Yusuf
    15. Agata Winda Syilvianisa
    16. Rizki Hafhshah Ekayana Ariwanti
    17. Anindya Mahira Savitri


    Pendamping : Arwani Masykur Zakki

    Pasar Kembang terletak di jalan dr Rajiman Kelurahan Sriwedari Kecamatan Laweyan Solo. Sebelum sampai ke pasar yang sering juga di sebut Pasar Sekar ini, di pinggir jalan sudah dapat kita temui beberapa penjual bunga yang berjejer menjajakan dagangannya.
    Keberadaan pasar yang dibangun sejak tahun 1967 ini, tidak terlepas dari budaya warga Solo (Jawa) yang mempunyai bermacam-macam kebiasaan yang membutuhkan bunga sebagai pelengkap tradisi turun temurun. Beberapa tradisi yang dilakukan antara lain nyadran, yaitu ziarah kubur yang biasa dilakukan menjelang bulan puasa. Tradisi untuk melengkapi salah satu prosesi sebelum menikah yaitu siraman. Ada lagi saat menjadi pengantin membutuhkan rangkaian bunga melati bagi mempelai laki dan perempuan. Kemudian ritual khusus menjelang bulan–bulan tertentu seperti suro, jamasan pusaka dll.

    Selain menyediakan bunga untuk kebutuhan tertentu, dipasar ini juga banyak pedagang yang menjual bunga segar yang biasa dipergunakan untuk menghias dekor pengantin, buket, bunga tangkai pertangkai untuk hadiah dll. Tak lupa juga pelengkap sesaji /ritual, ziarah seperti keranjang bunga, lemper, kendi, payung, dupa untuk orang meninggal, dan uborampe lainnya tersedia.

    Alasan kami memilih Pasar Kembang karena pasar kembang memiliki keunikan tersendiri dengan ciri khas bunga yang diperdagangkan. Di pasar itulah pusat penjualan bunga di Solo. Selain menjual bunga ternyata pasar ini juga menjual beberapa sayuran, rempah-rempah dan beberapa peralatan tradisional lain. Meskipun terlihat pasar yang kecil namun mampu mempertemukan beberapa golongan masyarakat dengan keperluannya masing". Begitupun kelompok kami yang mampu menyatukan banyak perbedaan didalamnya.
    Aug 12
    0 0