• KELOMPOK CHE GUEVARA DI PASAR KABANGAN SURAKARTA








    kami kelompok Che Guevara yang beranggotakan Aditya Dwi Prasetyo ( ketua ), Muhammad Gavindra Rahmadika, Fany Rohmah Probosari, Milvania Citantya, Vania Madina Rilanto, Rifki Rositasari, Deandra Aurellia Dewanti, Mazaya Ardelle Herwibowo, Valentinus Rekho Ananda Wijaya, Radian Putra Ramadhan, Zein Ibnu Wiguna, Dandi Agus Nugraha, Ariska Putri Nurjanah, Beatrix Marcella Lourdes Imelda Boro, Arina Mardhiyana Husna, Della Ayu Kartika S., Sofa Miftakhul Iza, kakak pendamping yaitu Hasnah Udianingrum, dan saya widi alip sayyidzi purnomo berkunjung ke salah satu pasar tradisional, yaitu Pasar Kabangan yang bertempat di Jl. Dr. Radjiman No. 519, Sondakan, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57148.
    Sebelum terkenal dengan sebutan Pasar Kabangan, pasar ini dikenal dengan nama pasar Laweyan. Pada saat itu, masih banyak dijumpai barang dagangan seperti bumbu-bumbu pawon dan sayuran. Namun, setelah direvitalisasi pada tahun 2000 – 2004, pasar ini resmi dinamakan Pasar Kabangan dan hanya menjual barang-barang kebutuhan rumah tangga.
    Pasar Kabangan sendiri adalah pasar yang menjual alat-alat rumah tangga. seperti dandang, ceret, panic, kuali, kompor minyak, peralatan membuat kue , dan masih banyak lagi. Selain itu, juga ada peralatan lain seperti tong sampah, tempat air atau minyak ( derigen ), ember, drum-drum plastik, ember, ekrak, dan masih banyak lagi.
    barang-barang yang dijual di Pasar Kabangan adalah barang jadi yang dipasok dari luar kota Surakarta. Namun, ada juga yang di produksi sendiri oleh para pedagang yang ada di Pasar Kabangan. Soal harga, sangat terjangkau bagi semua kalangan masyarakat yang ingin membelinya.
    Alasan kami memilih pasar ini adalah lokasi pasarnya yang mudah dijangkau . Selain itu pasar ini memiliki keunikan sendiri yang beda dari yang lain, yaitu barang dagangan yang ada dan di produksi di pasar ini adalah semua peralatan rumah tangga dan tidak ada satupun jenis dagangan yang berbau makanan atau bumbu-bumbuan. Seluruh isi pasar dari luar sampai dalam dan sekelilingnya hanya ada peralatan rumah tangga dan drum-drum besar yang siap dipasarkan.
    Hal - hal itulah yang membuat kami tertarik untuk mendatangi dan mengetahui lebih banyak tentang Pasar Kabangan. Yang memiliki segala keunikan tersendiri.
    Aug 12
    0 0