• Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum

    Perguruan tinggi negeri merupakan acuan terbesar setiap siswa siswi setelah lulus dari menempuh sekolah menengah keatas (SMA) yang ingin meneruskan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. PTN-PTN tersebut menjadi incaran utama orang orang tersebut, terutama Perguruan tinggi negeri yang notabenenya merupakan perguruan yang bisa dianggap "wow", continua seperti UGM dan UI.
    Saat ini, mulai bermunculan perguruan negeri yang mengusung konsep Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum. Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) merupakan sebuah konsep yang membuat PTN dapat melakukan otonomi sendiri sehingga dapat mengembankan rumah tangganya sendiri sesuai dengan pasal 1 ayat 3 Peraturan Pemerintah no. 58 tahun 2013 tentang Mekanisme Pendanaan Perguruan Negeri Tinggi disebutkan pengertian PTN-BH adalah Perguruan Tinggi Negeri yang didirikan oleh Pemerintah yang berstatus sebagai subyek hukum yang otonomi.
    Dengan demikian, Perguruan Tinggi Negeri yang mengusung konsep PTN-BH memiliki kelebihan dalam mengatur management sesuai dengan kondisi perguruan tersebut sehingga akan menjadi lebih efisien.
    Namun demikian, setiap perubahan selalu menuai resiko seperti belum mampunya perguruan tinggi yang bersangkutan untuk mengelola otonominya sendiri. Namun tidak dipungkiri bahwa PTN-BH memiliki dampak yang besar apabila dilaksanakan. Contohnya, PTN dapat Dengan sendirinya Menentukan kebijakan yang tepat Akan sebuah permasalahan yang muncul dalam linkup Universitas.
    Setiap perubahan selalu akan menciptakan sebuah konflik. Dalam hal ini, keberadaan PTN-BH tidak dapat dipungkiri. Sehingga dalam menjalankan roda otonomi perguruan tinggi itu sendiri hanya dapat ditentukan rumah tangga itu sendiri.
    Aug 5
    0 0