• Awal Masuk Bisa UNS
    Ketiaka aku mulai menginjakan kaki di kelas 12 mungkin pikiranku terhadap masa depan setelah lulus sangatlah serius, malai dari memepersiapkan UN, meningkatkan nilai untuk dongkrak SNMPTN, dan belajar meteri SBMPTN. Banyak guru saat itu yang aku mintai pendapat terhadap citaku untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya, terutamanya guru BK. Aku sering mengunjungi guru BK, mungkin hanya buat alasan untuk meniggalkan jam pelajaran hehehe.. walaupun pernah berkonsultasi tentang PTN dan jurusan yang akan aku ambil. Ketika itu aku di tanya “kamu minat di PTN mana mas?”
    Aku menjawab dengan penuh semangat “UNS lah bu” kenapa UNS pilihan mutlakku?, disamping UNS dekat dengan rumahku sekitar 15 menit naik motor dan deket dengan orang tua juga. Banayak hal yang membuatku terpikat terhadap PTN di solo ini, terutama tingkat prestasinya yang tidak diragukan lagi, kata ibu guruku sih UNS pernah menjadi tiga besar PTN di Indonesia widih.. bangga juga biasa masuk UNS ya.. angapanku seperti itu.
    Setelah konsultasi kesana kemari aku dirahkan untuk mencoba lotre SNMPTN, kok lotre? Iya menurutku sih itu lotre karena nilai bagus belum tentu lolos di SNMPTN kadang ada juga nilai di tengah-tengah malah bisa lolos. Pada saat SNMPTN aku menilih dua prodi di UNS, tapi sayang kedua prodi itu bukan jalanku. Tapi bukan sampai disitu perjuanganku untuk menjadi keluarga besar UNS. Selanjutnya aku mengikuti SBMPTN, setelah pelaksanaan tes SBMPTN aku langsung berkonsultasi dengan guru les dan memprediksi hasil tesku, ternyata masih jauh dari harapan untuk dapat lolos. Dengan bermodalkan tekad yang kuat untuk menunaikan citaku, untuk belajar di UNS akupun mencari info jalur masuk. UTM adalah salah satu jalur masuk yang aku ikuti, disitu banyak pilihan prodi D3. Setah berpikir dan memantapkan hati, akupun terpikat disalah satu prodi di bawah naungan FISIP yaitu D3 manajemen administrasi, kenapa aku memilih manajemen administrasi? Menurutku aku akan dapat bekerja di kantor pemerintah maupun swasta dan dapat bekerja di dalam birokrasi, yang belakangan ini banayak dikeluhkan masyarakat tentang pelayanan administrasi yang lama dan berbelit-belit. Menurutku ini adalah kesempatan emas untuk ikut serta dalam membenahi layanan birokrasi yang dirasa kurang.
    Akhirnya saya memilih dan dipilih untuk masuk di program studi manajeman administrasi.
    Aug 4
    0 0