• Jika Aku Menjadi Pemimpin
    Menjadi seorang pemimpin adalah hal yang sangat sulit dan tentunya membanggakan. Pemimpin harus mengemban berbagai tugas dan amanat yang akan kita pertanggung jawabkan kepada manusia dan tentunya allah swt. Pemimpin juga harus menjadi panutan bagi anggotanya dan juga harus menciptakan keselarasan serta keakraban dan kekompakan diantara anggotanya.
    Jika aku menjadi pemimpin aku harus memenuhi semua hal diatas agar kepemimpinanku dapat berjalan dengan baik dan memiliki manfaat. Semua itu tentunya tidak mudah dan akan sangat sulit. Aku juga harus mempersiapkan segalanya baik mental maupun fisik. Dan jika aku diberi amanat untuk menjadi seorang pemimpin aku akan berusaha mewujudkannya. Aku harus memiliki karakter yang membedakan aku dengan yang lainnya. Aku juga harus dapat menerima masukkan dari berbagai pihak yang dapat untuk membuat kinerjaku lebih baik.
    Jika aku menjadi pemimpin hal pertama yang aku lakukan yaitu membuat sebuah visi dan misi yang harus aku wujudkan selama aku menjabat. Visi dan misi itu harus berbeda dari pemimpin yang sebelumnya. Visi dan misi itu harus dapat membawa kearah perubahan yang lebih baik.
    Setelah visi dan misi kemudian aku akan menyusun program kerja baik jangka pendek maupun jangka jauh. Program kerja itu juga harus banyak yang beda dari sebelumya dan harus membawa kearah yang lebih baik tentunya. Aku akan membagi program kerja itu ke anggota sesuai dengan porsinya. Dan tentunya pembagian itu harus rata agar tidak menimbulkan perselisihan. Program kerja itu harus dapat aku selesaikan dan dapat dipertanggung jawabkan selama aku memimpin. Dan setelah program kerja selesai aku akan berusaha menuntun atau membimbing anggotaku untuk melaksanakan program tersebut sebagaimana mestinya sampai semuana terlaksana. Agar nantinya masa kepemimpinanku dapat menjadi contoh bagi kepemimpinan selanjutnya.
    Dan tentu nya semua itu tidak mudah dilakukan. Pasti akan banyak rintangan yang akan menghadang dan menghambat setiap kegiatan. Hambatan itu bisa berasal dari dalam maupun luar. Contoh rintangan dari dalam yaitu seperti anggota yang tidak cocok dengan gaya kepemimpinan ku dan hal yang harus aku lakukan adalah merangkulnya dan memberikan pengertian bahwa yang aku lakukan itu berniat baik. Dan itu akan aku lakukan sampai dia mengerti dan masih banyak rintangan lainnya. Rintangan dari luar sendiri contohnya adalah pihak yang tidak suka dengan kelompok kami dan berusaha menjatuhkan kelompok kami. Dan hal yang harus aku lakukan adalah salah satunya dengan mencari sumber penyebabnya dulu dan menganalisanya, kemudian kami akan bernegosiasai untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Apabila negosiasi gagal kami akan menempuh jalur hukum. Itu beberapa problematika dari luar dan pasti akan banyak lagi.
    Dalam melaksanakan semua itu yang terpenting bagiku adalah menjalankannya secara konsiten sebagaimana mestinya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Semua itu akan aku lakukan agar selama aku menjabat semuanya dapat berjalan dengan baik. Dalam memimpin aku juga harus dapat belajar dari pemimpin – pemimpin hebat bangsa ini seperti ir. Soekarno, jendral sudirman dan lainnya. Aku harus dapat mengambil pelajaran dan sisi – sisi positif dari para pemimpin hebat itu, karena sehebat apapun kita semuanya itu juga berkat peran para pendahulu kita yang patut kita hormati dan kita jadikan sebagai panutan. Mungkin ini sedikit angan - angan atau impian serta hal hal yang akan aku lakukan jika aku menjadi seorang pemimpin.
    Aug 4
    0 0