• Jika Aku Menjadi Pemimpin
    Menurut aku pribadi, pemimpin merupakan seseorang yang mampu mengelola serta memberdayakan segala sesuatu yang menjadi lingkup tanggung jawabnya. Mengelola disini ialah mengendalikan sekaligus mengurus sesuatu yang menjadi wewenangnya. Sedangkan memberdayakan disini bermaksud membuat segala sesuatu yang ia kendalikan menjadi berguna untuk mengatasi suatu problema yang mungkin terjadi dalam organisasi yang dipimpinnya. Pada umumnya, pemimpin yang ideal yaitu ia yang mampu mempengaruhi, memberi contoh serta menjalankan suatu sistem kerja dalam upaya mencapai tujuan. Disamping itu, seorang pemimpin harus memiliki kebiasaan dan budi pekerti yang luhur. Hal tersebut diharapkan agar ia mampu menjadi tauladan bagi anggotanya sehingga tujuan dari sebuah kepemimpinan itu sendiri dapat tercapai dengan mudah. Selain itu, pemimpin harus memiliki pikiran yang kreatif sehingga diharapkan ia dapat menjalani organisasinya tersebut dengan mudah dan mumpuni.

    Menjadi pemimpin bukanlah suatu perkara yang dianggap sepele. Pemimpin bukan hanya perkara ‘gelar’ atau ‘jabatan’ akantetapi menyangkut amanah dan tanggung jawab yang harus dipikul dan dijalankan dengan cara yang profesional. Selain itu, seorang pemimpin harus bisa mempengaruhi para anggotanya agar saling bekerja sama dalam mencapai tujuan organisasi itu sendiri. Pemimpin juga harus memiliki kepribadian yang lebih unggul sehingga ia dapat memiliki tingkat kewibawaan yang cukup terhadap para pengikutnya. Dan ada hal lain yang patut dimiliki seorang pemimpin yaitu ia harus memiliki informasi, pengetahuan, serta pengalaman yang luas. Namun disisi lain, ia juga harus memiliki human relation yang baik, kepandaian bergaul, serta kelancaran berkomunikasi.

    Bagiku, dalam memimpin suatu organisasi seorang pemimpin harus memiliki bekal keterampilan yang cukup untuk bisa membuat orang lain melakukan apa yang ia inginkan. Namun tidaklah mudah membuat orang lain tersebut rela dan sungguh – sungguh dalam melaksanakan apa yang dikatakan oleh pemimpinnya sendiri. Hal itulah yang seharusnya di intropeksi oleh seorang pemimpin. Intropeksi disini bukanlah hanya sebatas hubungan sosial antar pemimpin-anggota saja, melainkan mencakup seluruh aspek. Bisa jadi ada beberapa anggota yang tidak sepakat dengan salah satu saja hasil dari rapat atau musyawarah gabungan. Atau bisa juga karena pemimpin tersebut kurang memiliki pengetahuan yang luas. Maka dari itu, seorang pemimpin haruslah sering mengintropeksi ulang mengenai diri sendiri maupun aspek yang berada diluar dirinya. Dan alangkah bijaknya apabila seorang pemimpin mampu memaparkan apapun masalah yang ada di ranah intern maupun ekstern dari sebuah organisasi yang dipimpinya. Dengan kata lain, seorang pemimpin harus jujur dan terbuka kepada para anggotanya. Semua itu diharapkan agar tidak menimbulkan kesalahpahaman antar pemimpin dan anggota yang dipimpinnya maupun dengan pihak luar. Lebih baik lagi jika pemimpin dapat mengkoordinir situasi dan kondisi. Jika ada suatu hal yang membutuhkan kesepakatan bersama, maka adakanlah musyawarah agar berbagai pihak saling menerima dan menyepakati keputusan bersama. Jadilah pemimpin yang terbuka dan mampu membuat para anggotanya menjadi loyal. Bukankah pemimpin yang sejati ialah ia yang dicintai serta dihormati oleh anggotanya sendiri? Dan hal inilah yang membuat orang lain dapat mengikuti perkataan dari pemimpin mereka.

    Dan satu hal yang tak kalah penting ialah, seorang pemimpin harus memiliki visi dan misi yang nyata. Mereka harus mengetahui mau dibawa kemana suatu oraganisasi atau perusahaan tersebut, sehingga orang – orang yang mengikutinya merasa yakin kepada pemimpinya. Dan hal itulah yang semakin membuat para anggotanya melaksanakan perkataan pemimpinnya dengan enteng tanpa terbebani apapun sehingga sangatlah mudah bagi suatu organisasi atau perusahaan tersebut dalam mencapai visi dan misinya.

    Begitulah pandangan singkat menurutku tentang pemimpin. Memanglah tidak mudah menjadi pemimpin namun, apabila amanah tersebut datang kepadaku maka aku akan melaksanakannya dengan penuh tanggung jawab, jujur, rendah hati, serta sesuai dengan pandangan saya tentang pemimpin tersebut.

    Aug 3
    0 0