• JIKA AKU MENJADI SEORANG PEMIMPIN

    Pemimpin, semua orang pasti tau apa itu pemimpin. Semua orang juga pasti pernah memiliki impian untuk menjadi pemimpin. Pertanyaan saya, apa mereka paham apa makna dari pemimpin itu sendiri? Saya rasa tidak semua orang paham betul akan hal itu. Pemimpin adalah seorang pribadi yang memiliki kecakapan dan kelebihan - khususnya kecakapan-kelebihan di satu bidang , sehingga dia mampu mempengaruhi orang lain untuk bersama-sama melakukan aktivitas-aktivitas tertentu untuk pencapaian satu beberapa tujuan. (Kartini Kartono, 1994 : 181).
    Menurut saya, setiap orang adalah pemimpin, paling tidak pemimpin bagi diri sendiri. Namun definisi paling dasar dari pemimpin adalah seorang yang mempunyai pengikut dan mempunyai pengaruh bagi pengikutnya. Definisi paling tepat ialah seseorang yang mempunyai pengikut-pengikut dalam situasi tertentu. Tidak semua orang akan menjadi pemimpin dalam setiap situasi. Biasanya pemimpin dapat kita kenali melalui tindakan kepemimpinan yang ia tunjukkan. Seseorang mungkin memiliki sifat kepemimpinan yang menonjol. Namun apabila ia tidak pernah mengambil tindakan untuk memimpin, maka ia belum bisa dikatakan sebagai pemimpin.
    Pemimpin yang baik. Semua orang tentu merasa dirinya yang terbaik, dirinya yang paling mampu untuk menjadi seorang pemimpin dan dirinya yang pantas untuk menjadi seorang pemimpin. Namun, itu hanya menurut dirinya, belum tentu orang lain memiliki pendapat yang sama atas dirinya. Lalu, seperti apakah pemimpin yang baik? Pemimpin yang baik biasanya akan sangat menonjol, ia mempunyai kerendahan hati yang membuat mereka bersedia menerima tanggung jawab atas kegagalan dan juga keberhasilan. Sampai pada tahap ini kita membicarakan kualitas yang mungkin dimiliki oleh siapa saja dalam bidang apa saja. Pada kenyataannya, pada sebagian besar situasi kepemimpinan harus memiliki kecakapan. Orang yang memimpin pada suatu bidang tertentu harus memiliki kecakapan dalam bidang yang sedang dikerjakannya. Tentu kecakapan membutuhkan kecerdasan dan kreativitas.
    Beberapa pemimpin adalah orang-orang pemecah masalah yang bekerja dengan baik dalam kelompok. Yang lainnya mungkin membanggakan diri mereka atas kemampuan mereka dalam mengambil keputusan dan bersukacita dengan keputusan pribadi yang dibuat dengan cepat.Pemimpin tak boleh sembarangan, pemimpin tak bisa asal-asalan, pemimpin harus punya tujuan. Tujuan masa depan bagi seluruh orang yang dipimpinnya, baik yang memilihnya maupun yang tidak. Pemimpin itu bukan impian, tapi, pemimpin itu pilihan. Syarat menjadi pemimpin tidaklah mudah, tapi juga susah.Tanggung jawab yang besar diiringi amanah rakyat tertumpuk di pundaknya. Ia tak bisa jatuh begitu saja, karena amanah itu akan jatuh kepadanya pula. Namun ia juga tidak bisa menganggapnya enteng dan membusungkan dadanya ke langit. Karena nantinya beban amanah itu akan menjatuhkan dirinya serta menariknya ke tanah.
    Pemimpin erat dengan ikatan janji. Janji adalah hutang. Hutang harus dibayar. Setidaknya kalimat itulah yang biasa didengungkan dikala orang-orang berdemo menagih janji. Tak usah berjanji kalau tak mau ditagih. Janji adalah harapan, jika harapan sudah hilang, apa lagi yang mau diharapkan?Pemimpin harus menggunakan hati dalam memimpin. Tak ayal jika hanya otak dan otot yang digunakan dalam memimpin, tapi hati nurati tak digunakan.
    Setiap pemimpin mempunyai karakter sendiri begitupun saya. Saya akan menjadi seorang pemimpin dengan cara saya sendiri tanpa mengesampingkan masukan dari berbagai pihak yang akan memperkaya kinerja selama menjadi pemimpin. Hal-hal yang akan saya lakukan jika menjadi seorang pemimpin adalah menentukan visi dan misi yang jelas. Visi misi tidak harus banyak yang terpenting mampu direalisasikan dan mampu membuktikan pada orang yang saya pimpin. Dan yang terpenting bagi saya adalah ketaqwaan dan keistiqamahan saya dari sebelum menjadi seorang pemimpin sampai akhirnya saya menjadi peimpin. Inilah salah satu ciri yang akan saya bawa sampai kapanpun dan dimanapun. Jika saya menjadi seorang pemimpin saya berharap saya dapat menjadi seorang pemimpin yang amanah dan mampu mengemban beban berat selama menjadi seorang pemimpin dan berlaku adil pada semua orang yg saya pimpin.
    Aug 3
    0 0