Content 1: Essay from Diah Suci Intan Sawitri Nur's blog

PTN-BH


Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum atau yang lebih dikenal dengan nama PTN-BH merupakan perguruan tinggi negeri di bawah naungan pemerintah yang berstatus badan hukum publik yang bersifat otonom. Pada zaman dahulu, PTN-BH dikenal dengan nama PTN BHMN (Badan Hukum Milik Negara). Pada kala itu, ada empat perguruan tinggi negeri yang berhasil mendapatkan predikat sebagai BHMN atau Badan Hukum Milik Negara yaitu antara lain adalah Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Institut Teknologi Bandung (ITB). Dari predikat BHMN tersebut, keempat perguruan tinggi tersebut memilikiotonomi penuh dalam mengatur anggaran rumah tangga dan keuangannya sendiri. Sementara itu, PTN yang tidak memiliki status BHMN-BH tidak memiliki otoritas dalam menentukan anggaran rumah tangga dan keuangannya sendiri. Setelah mengalami berbagai perubahan nama, BHMN pun diputuskan pada tahun 2012 berdasarkan Undang-Undang nomor 12 tentang Pendidikan Tinggi, menjadi PTN-BH. Menurut pendapat saya, PTN-BH sebagai status untuk PTN disamping memiliki banyak sisi positif bagi Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia, ternyata juga banyak memiliki sisi negatif.


Pertama, belum adanya transparansi mengenai UKT mahasiswa. Hal itu akan mengakibatkan adanya kemungkinan kecurangan yang dilakukan oleh pihak dari perguruan tinggi.


Kedua, PTN-BH secara berlahan akan menghilangkan ruh perguruan tinggi sebagai wadah pencerdasan bangsa. PTN-BH akan menghilangkan ruh perguruan tinggi sebagai wadah untuk mencerdaskan bangsa, pengelolaan keuangan secara mandiri akan memaksa universitas untuk mencari pendanaan yang cukup untuk keberlangsungan dan pengembangan kampus, sehingga universitas lambat laun akan memiliki mentalitas menuju arah pendanaan.


Ketiga, kapitalisme dalam PTN-BH menjadikan universitas tidak pro rakyat.

Perguruan Tinggi Negeri yang memiliki status PTN-BH mungkin akan sangat baik tetapi juga memiliki sisi negatif tersendiri. Adanya PTN-BH mungkin akan membutuhkan mahasiswa-mahasiswa yang berfikir kritis dan harus didukung pula oleh pemimpin perguruan tinggi yang jujur. Khususnya pada Perguruan Tinggi Negeri yaitu UNS.

 


Previous post     
     Next post
     Blog home

The Wall

No comments
You need to sign in to comment

Post

By Diah Suci Intan Sawitri Nur
Added Aug 10

Tags

Rate

Your rate:
Total: (0 rates)

Archives