Surat Untuk Indonesia from Naura Zerlinda's blog

 

Republik Indonesia adalah sebuah negara kepulauan terbesar di dunia yang terletak di Asia TenggaraMelintang di katulistiwa antara benua Asia dan Australia serta antara Samudera Pasifik dan Samudera HindiaIndonesia berbatasan dengan Malaysia di utara pulau Kalimantan, dengan Papua Nugini di timur pulau Papua dan dengan Timor Timur di utara pulau Timor. Dengan perbedaan budaya dan keberagaman suku, ras, serta agamanya.

Indonesia adalah negara maritim yang dua per tiga bagiannya adalah lautan, sehingga tidak mengherankan lagi bahwa sektor perikanan menjadi salah satu sektor yang paling penting. Sektor perikanan memiliki peran besar dalam menyuplai sumber pangan bagi sekitar 240 juta orang di Indonesia. Namun, Indonesia memiliki jumlah eksploitasi sumber daya laut yang berlebihan sehingga dapat menimbulkan kerusakan ekosistem laut terlebih terdapat kapal-kapal asing yang melakukan illegal fishing di perairan Indonesia yang kemudian berdampak pada sektor perikanan yang terpuruk dan berujung pada masalah ekonomi di Indonesia pula.

Tidak terasa sebentar lagi Indonesia akan merayakan hari kemerdekaan pada 17 agustus yang ke 72 tahun, tidak terasa juga Indonesia beserta rakyatnya telah melalui banyak hal dalam upaya mengembangkan Indonesia yang lebih baik. Baik dalam suka maupun duka kita lalui bersama dan tetap berpegang teguh pada pancasila.

Seperti yang kita tahu Indonesia memiliki presentase penduduk yang tinggi dengan industrialisasi yang pesat pula, namun pemerintah cenderung tidak maksimal dalam pemberian prioritas masalah lingkungan hidup dikarenakan tingkat kemiskinan yang tinggi dan tata kelola sumber daya yang rendah. Masalah ini termasuk masalah-masalah illegal seperti pembakaran hutan yang menimbulkan asap tebal di bagian barat Indonesia yang kemudian mejalar ke negara tetangga Malaysia dan Singapore dan menimbulkan konflik antar negara.Masalah lingkungan yang terkait dengan urbanisasi yang cepat dan pembangunan ekonomi, termasuk polusi udara, kemacetan lalu lintas, pengelolaan sampah, dan layanan air dan air limbah pun juga diberikan prioritas jalan keluar yang rendah dan disepelekan oleh pemerintah juga rakyat yang kurang paham dan tidak mau tahu akan pentingnya menjaga lingkungan yang kemudian akan berpengaruh dengan kesehatan masyarakat di Indonesia.

Jelas bagi setiap rakyat memiliki harapan dan cita-cita agar negaranya lebih maju dan lebih baik lagi kedepannya. Saya sebagai salah satu rakyat Republik Indonesia memiliki harapan agar di ulang tahun yang ke 72 ini  Indonesia lebih dapat menetapkan batasan serta bertindak lebih tegas dengan banyaknya masalah-masalah yang illegal seperti pembakaran hutan, eksploitasi sumber daya laut oleh kapal-kapal asing di perairan Indonesia, agar masyarakat dan pemerintahnya dapat mempererat komukasi agar tidak adanya lagi kecolongan pada masalah ini dan juga menumbuhkan kesadaran diri untuk menjaga negara dan lingkungannya sendiri sehingga tidak menimbulkan dampak yang buruk bagi negara maupun masyarakatnya seperti masalah ekonomi dan kesehatan.

Sebagai mahasiswa fakultas ilmu sosial dan politik Universitas Sebelas Maret saya akan berusaha untuk memanfaatkan seoptimal mungkin kesempatan saya dalam memperoleh pendidikan untuk mengembangkan Indonesia menjadi lebih baik sehingga dapat bersaing di kancah global, saya akan ikut berjuang dalam mempertahankan apa yang menjadi hak milik bangsa dan rakyat Indonesia, ikut dalam kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan penegasan illegal fishing dan illegal logging sehingga tidak adanya lagi keterpurukan hasil laut, masalah-masalah lingkungan yang timbul serta kerusakan habitat dan mengancam kehidupan hidup spesies asli dan endemik. 


Previous post     
     Next post
     Blog home

The Wall

No comments
You need to sign in to comment

Post

By Naura Zerlinda
Added Aug 8

Rate

Your rate:
Total: (0 rates)

Archives