How to Survive in Solo from Septiarani Ayu Widia Putri's blog

How to Survive in Solo

(Oleh: Septiarani Ayu Widia Putri dan Widyawati Kusuma Dewi)


    Beliau adalah bapak Mujiono, tinggal di Ngadipuro dan bekerja sebagai Satpam Linmas Kecamatan. Meski usianya sudah menginjak lebih dari kepala lima, beliau malah menjadi inspirasi untuk para juniornya karena semangatnya yang masih membara. Jika membahas tentang pengeluaran, diperlukan sekitar dua puluh ribu rupiah hingga lima puluh ribu rupiah untuk keperluan sehari-hari bagi seorang pekerja seperti beliau.

Dengan senang hati beliau menerima pertanyaan dan mengutarakan pendapatnya. Menurut beliau, kota Solo adalah kota yang nyaman, tentram, masyarakatnya ramah, berbahasa halus dan sangat bertatakrama, sehingga tercipta lingkungan yang guyub dan rukun.

    Saran beliau untuk para mahasiswa Solo, pertama harus cermat dalam mengatur pengeluaran. Terutama pengeluaran uang jajan yang kebanyakan sulit dikontrol. Meskipun makanan Solo terbilang mudah di kocek, tetapi tetap perlu berhemat berhubung begitu banyaknya kebutuhan seorang mahasiswa, sehingga tidak terlalu membebani orang tua.

    Kedua, selalu menjaga rasa toleransi. Mengingat kota Solo merupakan gerbang budaya  dan agama. Ketiga, urusan ibadah harus selalu diutamakan sekalipun kegiatan perkuliahan sangat padat. Jangan sampai kelembutan kota Solo malah membuat terlena. Maka dari itu keselektifan harus dicanangkan dalam memilih lingkungan. Sehingga tidak akan mudah terpengaruh pergaulan bebas apalagi sampai mengonsumsi narkoba, psikotropika maupun miras.

    Harapan beliau atas peran mahasiswa ialah untuk selalu giat dan sungguh-sungguh dalam belajar agar mampu menjadi generasi penerus yang lebih baik dari sebelumnya. Sehingga dapat berkontribusi pada negeri dalam berbagai aspek. Jangan mempermainkan amanah bangsa dan hanya berfoya-foya atau bermalas-malasan, karena nasib negeri berada di tangan para mahasiswa.





                              Jumat, 4 Agustus 2017

Previous post     
     Next post
     Blog home

The Wall

No comments
You need to sign in to comment

Post

Rate

Your rate:
Total: (0 rates)

Archives