TUGAS SURAT UNTUK INDONESIA from Beatrix Marcella Lourdes Imelda Boro's blog

 

SURAT UNTUK INDONESIAKU

Dear Indonesiaku, negara makmur dengan sumber daya alam melimpah. Negara ini memiliki segalanya yang tidak dimiliki negara lain. Buah-buahan eksotis, remph-rempah, tanah yang subur , tidak ada yang bia menandingi kekayaan alam negaraku ini. Tapi, mengapa banyk daerahmu yang masih kekurangan bahan pangan dan air?

Dear Indonesiaku, Negara yang dulu dikenal akan rasa persatuan dan kesatuannya yang kokoh diantara para penduduknya. Tapi, kenapa saat ini persatuan itu mulai retak hanya karena perbedaan yang ada di dalamnya?

Dear Indonesiaku, Negara hebat yang keberaniannya dikenal di seluruh dunia. Yang menjadi teladan Negara-negara Asia Afrika dan disegani negara-negara lain pada zamannya. Lalu kenapa saat ini kita hanya pasif berdiam diri, menunggu dan terus-terusan dipermainkn aktor-aktor asing?

Dear Indonesiaku, Negara dengan penduduk terbanyak ke-4 di dunia yang memiliki cukup banyak anak bangsa yang berpendidikan tinggi, yang diharapkan dan digadang-gadang dapat memajukan bangsa. Tapi kenapa masih banyak daerah yang tidak mengalami kemajuan apapun? Kenapa di Negara ini orang yang kaya menjadi semakin kaya dan yng miskin menjadi semakin terpuruk dan miskin? Kenapa anak bangsa yang seharusnya membantu mewujudkan kemakmuran bangsa malah mengkhianati tanah airnya sendiri dengan praktik-praktik korupsi, kolusi dan nepotisme yang semakin mengakar seakan-akan itu adalah hal wajar dan turun temurun di negeri ini?

Dear Indonesiku, Negara tumpah darahku, tanah kelahiranku, ibu pertiwiku. Kau ratapi segala nasib buruk yang ada. Kau turut bersedih mengingat perjuangan yang dilakukan oleh para generasi awal untukmu telah hancur, dirusak, bukan oleh pihak asing ataupun musuh-musuhmu, melainkan oleh generasi penerusmu sendiri.

Dear Indonesiaku, walaupun banyak rakyatmu yang mulai melupakan engkau dan kehilangan jati diri mereka, tetapi masih ada pribadi-pribadi hebat di luar sana yang masih mau berkorban untukmu. Mereka yang terus berjuang untukmu . Dengan semangat yang membara pribadi-pribadiitu terus melangkah untuk menopang dan mengangkat derajatmu, sehingga akhirnya engkau dapat berdiri tegak dan menjadi negara mandiri yang disegani negara lain lagi.

Dear Indonesiaku, tak terasa tahun ini umurmu sudah menginjak 72 tahun. Sudah 72 tahun engkau menjdi Negara yang merdeka. Di tangggal17 Agustus nanti, tepat di hari jadimu, hari yang sangat bermakna bagi kami, rakyatmu. Aku hanya ingin mendokan yang terbaik bagimu. Aku ingin Indonesiaku tetap satu dalam satu kesatuan NKRI. Aku ingin agar semua rakyatmu dapat mencicipi kemakmuranmu. Aku ingin negar ini menjadi Negara yang tidak hanya maju dalam bidang ekonomi, pertahanan, kebudayaan dan sebagainya,tetapi juga menjadi Negara yang maju pola pikirnya.

Dear Indonesiaku, saat ini aku memang masih belum bisa  melakukan sesuatu yang dapat membuatmu bangga dan aku sadar bahwa aku pun masih harus banyak belajar dan memupuk lebih banyak pengalaman. Karena itu Indonesiaku, tunggulah aku, aku yang masih menjadi mahasiswa baru di salah satu perguruan negeri ternama di Indonesia ini, yaitu Universitas Sebelas Maret , akan menjadi salah satu pribadi yang akan mengharumkan namamu suatu saat nanti. Perjalananku memang masih panjang tetapi, aku akan bekerja keras  dan sungguh-sungguh untuk mencapai tujuan bersama negeri ini, yaitu untuk    melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan juga ikut serta dalam melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.


Hamparan alam yang luas, yang melewati garis khatulistiwa, harum namamu indah warnamu, tak akan pernah kulupakan, kucinta hijaunya alammu, kucinta birunya lautmu, kucinta semua yang ada padamu Indonesiaku.

(Indonesiaku by Ungu)

With love,

Beatrix Imelda.

 


Previous post     
     Next post
     Blog home

The Wall

No comments
You need to sign in to comment

Post

Rate

Your rate:
Total: (0 rates)

Archives