Surat Untuk Indonesia from Nabilla Sekar Ningrum's blog

Indonesia menurut Wikipedia  adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauanterbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau. nama alternatif yang biasa dipakai adalah Nusantara. Dengan populasi lebih dari 263.846.946 juta jiwa pada tahun 2016. Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, dengan lebih dari 220 juta jiwa. Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik, denganDewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Presiden yang dipilih secara langsung. Namun berbeda denganku. Menurutku, Indonesia adalah suatu Negara yang bisa membuat setiap orang yang tinggal di sana, bahkan hanya sekadar mengunjunginya pun bisa membuat mereka betah tinggal di sana, bahkan mencintainya hanya dalam sekali pandang. Mengapa tidak? Indonesia ini dipenuhi dengan berbagai kenampakan alam yang luar biasa indah, keragaman budaya nya dapat membuat setiap orang tertarik untuk mempelajarinya mulai dari tarian, lagu daerah,suku, bahkan bahasanya. Selain itu orang- orang Indonesia ini juga terkenal ramah dan murah senyum, selain itu, biaya hidup di Indonesia terbilang murah disbanding Negara-negara lainnya.


Sekarang, ijinkanlah aku untuk sedikit menoleh kebelakang apa saja yang sudah terjadi di Negara tercintaku ini. Ya, selama 1 tahun belakangan ini, Indonesia telah membangun jati dirinya. Indonesia telah berkembang pesat dibandingkan pada tahun-tahun yang lalu. Mengapa? Karena keterampilan dan kegigihan Bapak Presiden dan para pekerjanya, Indonesia sudah berhasil membangun berbagai infrastuktur yang sangat berguna untuk rakyatnya, salah satu yang mencolok adalah  Jalan Trans Papua, terdapat 12 ruas yang jika tersambung semua akan mencapai 4.325 kilometer. Hal ini tentu saja membuat para rakyat Papua terbebas dari belenggu ancaman ketertinggalan. Selain itu kerja nyata pemerintah yaitu dengan dibukanya jalan tol baru, pembangunan MRT dan LRT, pembangunan Tol Laut, dibangunnya Trans KA yang tidak hanya di Jawa namun juga berada di Sumatra, Kalimantan, bahkan Sulawesi.


Namun, dibalik kesuksesan Indonesia membangun dirinya. Indonesia pada 1 tahun belakangan ini juga dibanjiri oleh aksi demo, yang melibatkan SARA didalamnya, selain itu banyak juga kubu-kubu yang saling mengujarkan kebencian di media sosial. Hal itu sangat disayangkan karena membuat keadaan Indonesia menjadi tidak kondusif, tidak nyaman, dan damai. Sekarang, setiap ada orang menyampaikan pendapat tidak sedikit orang yang mangaitkannya dengan ujaran kebencian. Selain itu, banyak juga kubu yang menjatuhkan pemerintahan dengan cara yang tidak pantas dilakukan. Ancaman terhadap agama tertentu juga sering terdengar. Hal ini menurut saya kurang pantas untuk dilakukan, terlebih karena Indonesia ini merupakan Negara yang demokratis, sehingga hal itu bisa saja dijatuhi pasal karena melanggar hak setiap warga negaranya. Selain itu Indonesia ini terdiri dari berbagai suku bangsa, berbagai agama yang ada didalamnya, sehingga kita seharusnya bisa menjaga keutuhan bangsa dengan saling toleransi antar satu sama lain, bukan malah menjatuhkan satu sama lain.


Cita-cita saya terhadap tumpah darah saya adalah semoga tidak ada lagi aksi demo yang awalnya telah disepakati untuk dilaksanakan secara damai dan tertib, namun berakhir ricuh dan merusak fasilitas umum, bahkan hingga merenggut nyawa orang lain, saya juga berharap tidak ada lagi ujaran-ujaran kebencian yang menghasut orang-orang yang didasari oleh SARA, karena setiap orang berhak memilih apa yang ia anut dan mereka bebas menentukan pilihannya tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Saya juga berharap agar hukum di Indonesia dipertegas karena banyaknya kasus korupsi yang merugikan Indonesia.


Peran saya sebagai mahasiswa FISIP yaitu sebagai warga Negara yang baik, saya bisa dan akan melaksanakan sikap toleransi terhadap sesame manusia dari latar belakang apapun, saya akan mendukung segala kegiatan pemerintah selama itu bermanfaat dan baik untuk kemajuan Indonesia. Saya menolak keras segala aksi yang menyebabkan kericuhan yang mengatasnamakan SARA.


Itulah suratku untuk Indonesia. Saya berharap Indonesia akan menjadi lebih baik kedepannya.

 


Previous post     
     Next post
     Blog home

The Wall

No comments
You need to sign in to comment

Post

By Nabilla Sekar Ningrum
Added Aug 7

Rate

Your rate:
Total: (0 rates)

Archives