Tugas S1 : Blog 2 Surat Untuk Indonesia from Yuan Adi Perdana's blog

Surat Untuk Indonesia

 

Indonesia ohh Indonesia,

Negara luas yang terbentang dari Sabang sampai Merauke,

Terdiri dari ribuan pulau yang dibatasi lautan lepas,

Terapit oleh dua benua besar dan dua samudera luas,

Beraneka ragam ras, suku, adat, agama, dan budaya,

Melimpahnya kekayaan alam dan tambang yang terkandung didalamnya,

Itulah Indonesia, negeri kita tercinta.

            Tidak terasa tinggal hitungan hari saja Indonesia akan merayakan ulang tahunnya yang ke-72 besok tanggal 17 Agustus 2017. Kita musti bersyukur karena telah dilahirkan di Indonesia tercinta ini atas segala nikmat yang telah diberikan seperti yang kugambarkan diatas. Dengan apa yang dimilikinya, seharusnya Indonesia mampu untuk menjadi negara maju dan mampu untuk memakmurkan rakyatnya. Baik dalam bidang pendidikan, kesehatan, sandang, pangan, papan, dan lain-lain. Namun kenyataannya berbeda, Indonesia masih memiliki banyak masalah. Seperti kemiskinan, kriminalitas, kesenjangan sosial, pengangguran, kelaparan, gizi buruk, rendahnya tingkat pendidikan, dll.

            Masalah-masalah itu sering terjadi tiap tahun dan malah semakin meningkat. Selain itu kerap kali masalah bukannya berkurang namun malah bertambah. Sebagai contoh masalah baru yang terjadi di Indonesia setahun belakang ini dan yang paling sering diberitakan di media lokal dan pernah dimuat di media internasional adalah kasus penistaan agama yang dilakukan oleh mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaya Purnama, atau lebih dikenal dengan nama Ahok. Akibat perkataannya yang melecehkan agama islam dan terekam kamera membuat umat muslim marah. Mengakibatkan terjadinya demo yang terdiri dari berbagai kalangan dan berasal dari berbagai daerah. Menuntut untuk Ahok untuk dijadikan tersangka dan mendapatkan hukuman penjara.

            Sekarang ini Ahok sudah menjadi tersangka dan sedang menjalani hukuman penjara selama 2 tahun. Meskipun sudah berstatus sebagai tersangka, masih sering terjadi demo-demo berjilid yang entah aku tidak tahu apa tujuannya. Yang pasti akibat demo tersebut, banyak masyarakat sekitar terutama yang bertempat tinggal di Jakarta yang terganggu karena jalan raya dipakai sebagai tempat demo. Oleh karena itu terjadi kemacetan ketika demo sedang terjadi yang menyebabkan terganggunya aktivitas masyarakat sekitar. Syukurlah untuk saat ini aksi demo sudah reda dan semua bisa kembali normal.

Walaupun begitu banyak masalah yang terjadi di negeri tercinta ini, aku selalu mendoakan yang terbaik untuk Indonesia. Yang paling aku harapkan untuk Indonesia menyelesaikan masalah adalah dengan meningkatkan mutu pendidikan. Selain itu, pendidikan juga harus mampu menjangkau daerah-daerah pelosok agar pendidikan bisa merata dan angka buta huruf semakin rendah. Menurutku pendidikan adalah hal terpenting untuk bisa membangun bangsa. Apalagi pendidikan untuk generasi muda akan sangat penting karena mereka lah yang akan menjadi penerus untuk negeri ini.

Dengan semakin baik dan meratanya pendidikan yang diberikan kepada generasi muda, maka itu akan memberikan jalan untuk masa depan Indonesia menjadi lebih cerah. Karena dengan pendidikan dan akhlak baik yang telah didapatkan ketika berada di sekolah para generasi muda akan mampu untuk meneruskan pemerintahan Indonesia. Dan dengan harapan juga generasi muda bisa menyelesaian masalah-masalah umum yang sering terjadi seperti yang telah kubilang diatas.

Untuk saat ini aku masih berstatus mahasiswa baru. Dan menurutku aku yang sekarang belum cukup mampu untuk meneruskan apa yang dicita-citakan para pendahulu. Namun mulai dari sekarang aku akan berusaha sekuat tenaga dalam mencari ilmu dan mendapatkan pengalaman yang mungkin akan bermanfaat kelak bagi negeri ini. Semoga Allah SWT memberikan jalan kepadaku untuk bisa menggapai apa yang kucita-citakan.

Semoga juga di ulang tahun yang ke-72 ini indonesia mampu menjadi lebih baik dan bisa dalam memakmurkan rakyatnya sehingga menjadi negeri yang diimpikan seluruh rakyat Indonesia.


Previous post     
     Next post
     Blog home

The Wall

No comments
You need to sign in to comment

Post

By Yuan Adi Perdana
Added Aug 7

Tags

Rate

Your rate:
Total: (0 rates)

Archives