CONTENT 1 (ESSAY) from Lisa Zuliyanti's blog

Pengertian PTNBH

Perguruan tinggi negeri badan hukum, disingkat PTN BH adalah perguruan tinggi negeri yang didirikan oleh pemerintah yang berstatus sebagai badan hukum publik yang otonom.

Ø  Keunggulan PTNBH dibanding BLU

Berdasarkan kualitas :

Sampai dengan tahun 2016, terdapat 11 perguruan tinggi negeri badan hukum. Pemerintah menetapkan persyaratan sangat ketat bagi setiap perguruan tinggi negeri untuk mencapai status badan hukum, diantaranya: masuk 9 (sembilan) peringkat nasional dalam publikasi internasional dan paten, telah terakreditasi institusi "A" oleh BAN PT, opini keuangan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama 2 tahun berturut-turut, serta prestasi kegiatan kemahasiswaan di tingkat internasional.

Berdasarkan penetapan:

Penetapan PTN-BH dilakukan dengan peraturan pemerintah, sedangkan penetapan PTN-BLU (Badan Layanan Umum) dilakukan dengan Keputusan Menteri Keuangan atas usul Menteri Ristek dan Dikti.

Berdasarkan Cakupan Akademik :

PTN BH memiliki otonomi luas dalam hal akademik. Salah satunya, PTN juga dapat membuka dan menutup program studi di perguruan tingginya, sedangkan PTN-BLU/PTN Satker tidak bisa.

Berdasarkan Dana :

PTN Badan Hukum menetapkan tarif biaya pendidikan berdasarkan pedoman teknis penetapan tarif yang ditetapkan menteri. Dalam penetapan tarif, PTN Badan Hukum wajib berkonsultasi dengan menteri. Tarif biaya pendidikan ditetapkan dengan mempertimbangkan kemampuan ekonomi mahasiswa, orang tua mahasiswa, atau pihak lain yang membiayai mahasiswa.

Berdasarkan Alokasi Anggaran :

Pendapatan PTN Badan Hukum bukan merupakan PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak). Dari segi aset, aset yang diperoleh dari usaha PTN BH menjadi aset PTN BH yang merupakan aset negara yang dipisahkan, sementara aset berupa tanah yang berada dalam penguasaan PTN BH yang diperoleh dari APBN merupakan barang milik negara.

Berdasarkan SDM/Tenaga Pendidikan :

PTN-BH merujuk pada pasal 25 butir 4 PP no. 4 tahun 2014, PTN BH berwenang menetapkan, mengangkat, membina dan memberhentikan tenaga tetap Non-PNS.

Ø  Dampak Positif dan Negatif :

Dampak Negatif :

1.    Privatisasi

Proses pengalihan kepemilikan dari milik umum menjadi milik pribadi.

2.    Desentralisasi

Desentralisasi akhir-akhir ini seringkali dikaitkan dengan sistem pemerintahan karena dengan adanya desentralisasi sekarang menyebabkan perubahan paradigma pemerintahan di Indonesia. 

3.    Liberalisasi

Satu aliran dalam pendidikan dewasa ini yang mulai menjadi mindset berfikir dalam memahami makna dari pendidikan itu sendiri baik dikaji dari makna filosofosnya maupun makna normatifnya.

 

Dampak Positif :

1.    Dalam konsep PTN-BH yang telah dicanangkan, ditetapkan bahwa otonomi diberikan kepada perguruan tinggi negeri agar dapat berperan sebagai kekuatan moral, dan hal ini merupakan salah satu aspek penting dalam reformasi pendidikan tinggi yang saat ini sedang dijalankan.

2.    Mekanisme pendanaan pemerintah untuk perguruan tinggi akan diarahkan berbasis keluaran yang ditujukan agar kebijakan tersebut di atas dapat diemban oleh perguruan tinggi.

3.    Beberapa kepentingan nasional yangmenjadi perhatian perguruan tinggi:
a. kontribusi kepada pertumbuhan ekonomi dan pemberdayaan otonomi daerah
b. responsif terhadap perkembangan/perubahan tuntutan dunia kerja
c. perluasan wawasan peserta didik melalui program lintas disiplin
d. promosi dan mengamankan bidang-bidang studi unggulan dan penting serta langka
e. menuju peningkatan mutu dan keunggulan
f. mengamankan pendidikan bagi mereka yang kurang mampu
g.peningkatan efisiensi dalam pemanfaatan sumber daya

 

Ø  Kesimpulan :          

PTNBH merupakan perguruan tinggi yang penetapannya berdasarkan hukum, memiliki banyak kenggulan dalam beberapa bidang seperti akademik perguruan tinggi tersebut.

 


Previous post     
     Next post
     Blog home

The Wall

No comments
You need to sign in to comment

Post

By Lisa Zuliyanti
Added Aug 5

Tags

Rate

Your rate:
Total: (0 rates)

Archives