Essay from Febryana Intan Isnani's blog

PTNBH adalah Perguruan Tinggi Negeri yang didirikan Pemerintah yang berstatus sebagai badan hukum publik yang otonom. 

Penetampan PTNBH sendiri dilakukan dengan peraturan pemerintah sedangkan BLU (Badan Layanan Umum) dilakukan dengan keputusan Mentri Keuangan atas Usul Mentri Ristek dan Dikti.

PTNBH menerapkan suatu sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) dimana terdapat penggolongan biaya yang disesuaikan dengan kemampuan mahasiswa dan orangtuanya, dan penghapusan uang pangkal. Akan tetapi faktanya biaya pendidikan yang ditanggung mahasiswa program eksakta dan rumpun humaniora naik.

Keunggulan PTNBH dibanding BLU adalah membuat PTN mempunyai keleluasaan untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi secara otonom untuk menghasilkan pendidikan yang bermutu. PTN juga mempunyai otonomi lebih untuk mengatur diri mereka sendiri,dengan tujuan kampus tersebut memiliki keleluasaan dalam menyelenggarakan rumah tangganya.

Positif dari PTNBH adalah membuat setiap PTN mempunyai daya saing dalam mengelola kampus dengan mempunyai otonomi lebih untuk mengatur diri mereka sendiri.

Negatif dari PTNBH adalah jika tidak ada kesamaan persepsi mengenai otonom tersebut akan menyebabkan terjadinya kondisi yang tidak menentu.

Kesimpulan nya adalah faktor yang berpengaruh terlaksananya PTNBH selain mahasiswa yakni kebijakan kampus dalam mengelola dengan menggunakan asas yang mandiri,transparan,serta akuntable.


Previous post     
     Next post
     Blog home

The Wall

No comments
You need to sign in to comment

Post

By Febryana Intan Isnani
Added Aug 5

Tags

Rate

Your rate:
Total: (0 rates)

Archives