Surat Untuk Indonesia from Meriyana Kristanti's blog

Halo Indonesia, tanah air, bangsa dan negara yang begitu aku banggakan dalam hidupku. Tempat dimana aku dilahirkan, dan tempat di mana aku tumbuh berkembang dan dewasa disini. Kau adalah bangsa yang tegar, ketika banyak sekali orang yang mulai mempertanyakan Ideologimu tiap saat. Banyak orang yang berusaha “terkenal” melaluimu. Banyak orang yang bertujuan untuk memimpin bangsa ini, dengan tujuan masing – masing. 

Ketika aku mulai beranjak dewasa, aku mulai memfikirkan banyak hal tentang bangsa ini. Aku mulai sering marah dengan hal yang terjadi terhadap bangsa ini. Aku mulai menuliskannya melalui segala hal yang terjadi kepada bangsa ini akhir – akhir ini. Dimana sempat beberapa waktu lalu keadailan bangsa ini mulai di pertanyakan. Ideologi bangsa ini mulai di pertanyakan oleh banyak pihak. Tak hanya orang yang berada di dalam bangsa ini, bahkan sampai orang di luar sana yang tak berada di bangsa inipun menanyakan tentang keadilan bangsa ini. Bagaimana konspirasi sangat terlihat di sana. Bagaimana perebutan kekuasan terhadap Bangsa ini sangat terlihat jelas, bagaimana perbedaan ras dan agama sangat lekat pada bangsa ini. Akupun tak mengerti kenapa bangsa ini bergitu lemah dalam hal “kekuasaan”. Kadang aku berfikir ketika terjadi pemilihan kepimpinan, sering saja terjadi hal yang sangat diluar masuk akal. Banyak hal yang terjadi tiba – tiba. Banyak hal yang di lakukan untuk “memenangkan” diri sendiri dan golongan tertentu. Bahkan sering juga merugikan orang lain. Ketika saat itu seorang pemimpin yang kuat dan benar menurut pandanganku. Pemimpin yang selalu melakukan hal yang terbaik bagi perubahan bangsa ini melalui satu kota di Ibu kota bangsa ini. Tetapi perlakuannya yang benar dan sesuai dengan Ideologi bangsa ini, ternyata banyak orang yang tidak menyukainya. Benar yang di katakan para penyair, bahwa untuk menjadi orang benar kita perlu melawan banyak orang dan bahkan untuk sebuah kejujuran kita perlu “ajur”. Sama halnya dalam sebuah pribahasa yang mengatakan bahwa “jujur ajur”. Bahkan tak hanya itu saja. Penegak dan pemberantas korupsi atau yang di namakan “KPK”. Salah satu anggotanya yang ingin mengungkap kebenaran, beliau malahan mendapat musibah yang sangat besar dan merugikan. Bukan saja musibah yang terjadi kebetulan, tapi musibah yang terjadi karena orang lain sengaja melakukan. Ketika dia benar dan orang yang salah mulai diketahui kesalahannya. Dia malahan disiram dengan air keras yang menuju kepada wajahnya. Dan menyebabkan luka serius yang dia derita.

Jika aku mengingat semuanya, aku mulai merasa sedih terhadap bangsa ini.  Mungkin aku bukan salah satu yang mengikuti setiap  kejadian besar yang terjadi terhadap bangsa ini. Tapi aku mengamati semuanya dari seorang yang sedang belajar memahami hal besar yang nantinya akan terjadi terhadap bangsa ini. Aku pun juga mengingat, ketika keadilan Bangsa ini mulai di ombang ambingkan. Bangsa ini menjadi sorotan utama dari bangsa – bangsa di dunia. Banyak orang di luar sana yang berdoa untuk pemerintahan bangsa ini, untuk keadilan bangsa ini. Kita sebenarnya harus bangga. Bahwa Bangsa ini sebnarnya menjadi perhatian untuk negara – negara lain. Sebenarnya bangsa ini adalah bangsa yang “diperhitungkan” di kancah Internasional. Aku berharap Bangsa ini segera sadar. Bahwa bangsa ini besar dan kuat. Dan bangsa ini akan lebih baik, bila tak ada lagi pemetakan – pemetakan menurut suku, ras dan agama.

Seperti semboyan Bangsa Ini “Bineka Tunggal Ika” yang berarti berbeda – beda tetapi tetap satu jua. Bahwa Bangsa ini terdiri dari berbagai suku dan kepercayaan dan kebiasaan yang berbeda beda. Dan pemersatunya adalah Bahas Indonesia. Dan di sisi lain kita juga perlu berbangga, bahwa kita memiliki anak – anak muda yang juga dapat mengharumkan Bangsa ini di kancah internasional. Dan terkadang karena sibuk dengan pemerintahan Bangsa ini yang berkemelut, kita sering melupakan para anak muda bangsa ini yang memperoleh berbagai penghargaan di bidangnya masing – masing. Dan sering kali lupa di perbincangkan karena kita terlalu sibuk menaggapi apa yang menjadi problema kepemimpinan bangsa ini. Dan yang terakhir bagaimana obat terlarang dapat masuk kedalam bangsa ini dengan bebas. Tetapi sangat bersyukur karena semuanya dapat ditanggulangi dengan baik. Pencurian sumber daya lautpun juga dapat teratasi dengan baik. 

Saya berharap melalui ini semua kita sebagai orang – orang yang sadar berbangsa dan bernegara. Kita semakin menjadi manusia yang menjunjung tinggi persatuan bangsa ini. Semakin menjadi pribadi yang berguna bagi Bangsa ini, menjaga setiap ketuhan bangsa ini. Menjaga persatuan bangsa ini. Karena kita lahir, tumbuh, dewasa dan nantinya di makamkan dalam tanah yang ada di bangsa ini. Saya juga berharap ke depannya bangsa ini menjadi bangsa yang semakin besar. Dan menjadi bangsa yang kuat karena semua bagian di bangsa ini dapat mengambil perannya masing – masing dengan benar. Dan saya sebagai orang yang baru belajar, saya ingin berkontribusi terhadap kemajuan bangsa ini. Dengan saya dapat bekerja sama dan dapat begaul dengan orang lain. Menjaga cara bersikap saya, dan tidak memilih – milih teman. Supaya kita menjadi orang – orang yang mampu bersatu memajukan Indonesia ini menjadi negara yang lebih baik dan luar biasa lagi.

Maju terus Indonesiaku. Biarlah selalu menjadi bangsa yang besar yang senantiasa aku banggakan dan aku sayangi di dalam kehidupanku.


Previous post     
     Next post
     Blog home

The Wall

No comments
You need to sign in to comment

Post

By Meriyana Kristanti
Added Aug 4

Rate

Your rate:
Total: (0 rates)

Archives