content 1 from Wahyu Kurniawan WP's blog

Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum

(PTNBH)

 

ü  Pengertian PTNBH

Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH) adalah perguruan tinggi negeri yang didirikan oleh pemerintah yang berstatus sebagai badan hukum publik yang otonom. Sedangkan PTN Badan Layanan Umum (BLU) adalah perguruan tinggi negeri yang ditetapkan dengan keputusan menteri keuangan. Beberapa perbedaan antara PTNBH dan BLU sebagai berikut.

Ø  Segi Penetapan status

Penetapan PTN-BH dilakukan dengan peraturan pemerintah, sedangkan penetapan PTN-BLU dilakukan dengan Keputusan Menteri Keuangan atas usul Menteri Ristek dan Dikti.

Ø  Penyelenggaraan Prodi

Dari segi otonomi kampus, PTN-BH dapat mandiri dalam membuka dan menutup program studi yang ada di lembaganya, sedangkan PTN-BLU tidak bisa.

Ø  Pola Pelaporan Keuangan

Pendapatan BLU dilaporkan sebagai PNBP, sedangkan pendapatan PTN Badan Hukum bukan merupakan PNBP. Dari segi aset, aset BLU merupakan aset yang harus dikonsolidasikan dalam BMN, sedangkan aset yang diperoleh dari usaha PTN BH menjadi aset PTN BH yang merupakan aset negara yang dipisahkan, sementara aset berupa tanah yang berada dalam penguasaan PTN BH yang diperoleh dari APBN merupakan barang milik negara.

Ø  Rujukan pengelolaan

PTN-BH merujuk pada UU PT, PP no. 4 tahun 2014 dengan juknisnya PP tentang Statuta PTN ybs.PTN-BLU merujuk pada UU PT, PP no.74 tahun 2012 jo PP no.23 tahun 2005 dengan juknisnya Kepmenkeu tentang penetapan status BLU pada PTN ybs.

ü  Beberapa hal positif dan negatif PTNBH

·     Dampak positif status PTN BH yang utama adalah adanya hak otonomi kampus dalam mengatur kegiatan akademik maupun non akademik, seperti membuka prodi baru yang proses perizinannya lebih cepat dikarenakan kewenangan otonomi tersebut.

· Dampak negatif yang terjadi seiring berubahnya unhas menjadi PTN-BH. Tujuan awal PTN-BH seakan tidak tepat sasaran. Tatanan konsep yang ditawarkan tidak sesuai dengan realita yang ada

ü  Kesimpulan

Faktor yang berpengaruh terlaksananya PTNBH.Selain mahasiswa , faktor yang berpengaruh yakni kebijakan kampus dalam mengelola dengan menggunakan asas yang mandiri,transparan,serta akuntabel.

https://id.wikipedia.org/wiki/Perguruan_Tinggi_Negeri_Badan_Hukum

http://pappub.id/article/post/sekilas-perguruan-tinggi-negeri-badan-hukum-ptnbh


Previous post     
     Next post
     Blog home

The Wall

No comments
You need to sign in to comment

Post

By Wahyu Kurniawan WP
Added Aug 4

Rate

Your rate:
Total: (0 rates)

Archives