PTN-BH from Angelina Liza Noviyanti's blog

PTN-BH (Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum) adalah perguruan tinggi negeri yang didirikan oleh pemerintah yang berstatus sebagai badan hukum publik yang otonom. Dahulu dikenal sebagai Badan Hukum Milik Negera (BHMN) dan Badan Hukum Pendidikan (BHP). 


Perbedaan dasar pada PTN-BH dan PTN-BLU :

1. Segi Penetapan status

Penetapan PTN-BH dilakukan dengan peraturan pemerintah, sedangkan penetapan PTN-BLU dilakukan dengan Keputusan Menteri Keuangan atas usul Menteri Ristek dan Dikti.

2. Rujukan pengelolaan

PTN-BH merujuk pada UU PT, PP no.4 tahun 2014dengan juknisnya PP tentang Statuta PTN ybs.PTN-BLU merujuk pada UU PT, PP no.74 tahun 2012jo PP no.23 tahun 2005dengan juknisnya Kepmenkeu tentang penetapan status BLU pada PTN ybs.

3. Dasar Penetapan Tarif  Layanan

Untuk tarif biaya dan layanan, tarif layanan BLU ditetapkan oleh Menteri Keuangan berdasar usulan pimpinan BLU dengan mempertimbangkan aspek kontinuitas dan pengembangan layanan, daya beli masyarakat, asas keadilan dan kepatutan, serta kompetisi yang sehat.PTN Badan Hukum menetapkan tarif biaya pendidikan berdasarkan pedoman teknis penetapan tarif yang ditetapkan menteri. Dalam penetapan tarif, PTN Badan Hukum wajib berkonsultasi denganmenteri. Tarif biaya pendidikan ditetapkan dengan mempertimbangkan kemampuan ekonomi mahasiswa, orang tua mahasiswa, atau pihak lain yang membiayai mahasiswa.

4. Pola Pelaporan Keuangan

Pendapatan BLU dilaporkan sebagai PNBP, sedangkan pendapatan PTN Badan Hukum bukan merupakan PNBP. Dari segi aset, aset BLU merupakan aset yang harus dikonsolidasikan dalam BMN, sedangkan aset yang diperoleh dari usaha PTN BH menjadi aset PTN BH yang merupakan asetnegara yang dipisahkan, sementara aset berupa tanah yang berada dalam penguasaan PTN BH yangdiperoleh dari APBN merupakan barang milik negara.

5. Penyelenggaraan Prodi

Dari segi otonomi kampus, PTN-BH dapat mandiri dalam membuka dan menutup program studi yang ada di lembaganya, sedangkan PTN-BLU tidak bisa.


Dampak positif dari PTN-BH adalah memiliki otonom penuh dalam mengatur anggaran rumah tangga dan keuangan perguruan tinggi itu sendiri, bebas membuka dan menutup prodi yang ada pada perguruan tinggi tersebut, kebebasan untuk bekerja sama dengan pihak-pihak swasta untuk mengembangkan usaha tersebut.

Dampak negatifnya adalah pejabat-pejabat kampus saling berlomba untuk memiliki kekuasaan agar bisa mengendalikan semuanya, dapat dengan seenaknya memberikan kewenangan. 


Kesimpulannya, adanya PTN-BH dapat memberikan dampak yang baik (positif) apabila dipergunakan dan dikelola dengan bijak dan semestinya, karena dampak negatif yang terjadi itu berasal dari kesalahan dan keselewengan pihak yang tidak bertanggungjawab dan seenaknya sendiri.


Sumber :

1.https://id.m.wikipedia.org/wiki/Perguruan_Tinggi_Negeri_Badan_Hukum?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C1280047577

2. http://www.kompasiana.com/fauziyahdoang/apa-itu-ptn-bh_591d61c08023bdda27fd5bbb3. https://www.google.co.id/search?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C5424938392


Previous post     
     Next post
     Blog home

The Wall

No comments
You need to sign in to comment

Post

By Angelina Liza Noviyanti
Added Aug 3

Tags

Rate

Your rate:
Total: (0 rates)

Archives