Jika Aku Menjadi Pemimpin from MINNATUL MAULA's blog

Jika Aku Menjadi Pemimpin

            Pernah terbesit di pikiran ku apakah arti dari kepemimpinan itu sendiri. Menurut wikipedia Indonesia , kepemimpinan adalah proses memengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan organisasi. Namun, menurutku kepemimpinan tidak hanya berarti seperti itu. Pemimpin harus mempunyai tanggung jawab, sikap welas asih dan bisa mengayomi anggotanya.

            Pemimpin memang biasanya dianggap jabatan yang tinggi dan dikagumi oleh banyak orang. Namun, ketahuilah menjadi pemimpin itu adalah sebuah amanat yang besar dan harus dilaksanakan dengan lapang dada, ikhlas serta tentunya saja penuh dengan tanggung jawab. Di Indonesia banyak pemimpin yang bertanggung jawab serta bisa menjadi panutan kita contohnya Bapak Habibie merupakan seorang pemimpin yang bersifat demokratik. Pencapaian yang dimiliki beliau diantaranya adalah pelaksanaan otonomi daerah. Dengan adanya otonomi daerah ini,  berbagi macam kerusuhan yang terjadi dapat diredam.

            Selain itu ada juga Bapak Soekarno dengan gaya kepemimpinan yang berorientasi pada moral dan etika ideologi yang mendasari negara atau partai, sehingga sangat konsisten dan sangat fanatik, cocok diterapkan pada era tersebut. Ir Soekarno adalah pemimpin yang kharismatik, memiliki semangat pantang menyerah dan rela berkorban demi persatuan dan kesatuan serta kemerdekaan bangsanya.

            Kedua tadi adalah contoh gaya kepemimpinan yang dimiliki presiden kita, kita juga bisa meniru gaya kepemimpinan beliau seperti Soekarno yang kharismatik atau Haabibie yang demokratik. Ke duanya memiliki kelebihan dan kekurangan tinggal masing-masing pihak yang menilai kinerja keduanya. Sebagai warga sipil kebanyakan masih belum berani atau belum mengetahui makna yang lebih dalam tentang kepemimpinan. Seharusnya masih perlu adanya sosialisasi atau pelatihan leadership(kepemimpinan).

            Sebagai anak muda kita harus mengetahui sedini mungkin tentang kepemimpinan karena kalau kelak sudah dewasa bisa di amanati sebagai pemimpin yang amanah serta tanggung jawab. Pernah suatu ketika ada seseorang yang menghampiri saya, dia bertanya “apakah yang akan kamu lakukan jika kamu menjadi seorang pemimpin?” setelah mendapat pertanyaan tersebut saya mulai menerka pertanyaan tersebut dan mencoba menjawab dengan pengetahuan dan ilmu yang sudah saya dapatkan.

            Lalu saya menjawab pertanyaan tersebut, jika saya menjadi pemimpin saya akan belajar memahami arti kepemimpinan itu sendiri serta mencoba mengayomi dan bertanggung jawab dengan anggota saya. Jawaban yang singkat namun penuh dengan tanggung jawab yang berat.

            Menjadi seorang pemimpin berawal dari tanggung jawab yang mudah sampai yang berat. Berawal dari pemimpin keluarga dengan tanggung jawab yang kecil misalnya ayah sebagai kepala keluarga. Tanggung jawab ayah menjadi pemimpin keluarga dan mendidik anak-anaknya dengan baik. Selain itu membentuk karakter anak menjadi lebih baik juga sebagai imamnya istri.

            Kemudian pada tingkatan lebih tinggi yaitu sebuah instansi, apabila seorang pemimpin sebuah instansi biasanya mempunyai tanggung jawab yang lebih besar dari keluarga. Sifat anggotanya juga beragam bahkan bisa saja saling bertolak belakang antar anggota dan pemimpin. Dalam hal ini apabila saya dalam posisi tersebut saya akan mengutamakan musyawarah dan apabila ada pihak yang berselisih sebisa mungkin saya sebagai pemimpin mendamaikan pihak-pihak yang berselisih.

            Pada tingkatan yang lebih tinggi lagi yaitu memimpin sebuah negara, memimpin sebuah negara adalah memimpin banyak ribuan rakyat dan menentukan kemana negara tersebut akan berlabuh kalau diibaratkan sebuah kapal pemimpin adalah nahkoda kapal. Memimpin negara haruslah seseorang yang dapat menjaga amanahnya.

            Apabila saya diamanah i menjadi seorang pemimpin dalam sebuah negara saya akan melaksanakannya dengan penuh tanggung jawab, menggembangkan program pendidikan dan menyejahterakan masyarakat serta memaksimalkan program KB. Memang dalam program tersebut sudah program biasa yang dilakukan oleh kebanyakan pemimpin negara. Namun apabila saya melakukannya sdengan hal baik dan inovatif akan berbeda hasilnya dari program-program pemimpin negara biasanya.

Suber               :http://bellaputria.blogspot.co.id/2016/05/gaya-kepemimpinan-bj-habibie.html     http://www.kompasiana.com/hennysovya/mengenal-gaya-kepemimpinan-presiden-di-indonesia_552c5c1c6ea834f7738b4571 https://id.wikipedia.org/wiki/Kepemimpinan

 


     Next post
     Blog home

The Wall

No comments
You need to sign in to comment

Post

By MINNATUL MAULA
Added Aug 3

Tags

Rate

Your rate:
Total: (0 rates)

Archives