TUGAS ESSAI "JIKA AKU MENJADI PEMIMPIN" from Beatrix Marcella Lourdes Imelda Boro's blog

JIKA AKU MENJADI SEORANG PEMIMPIN


Pernahkah anda sekalian membayangkan ketika suatu saat anda menjadi seorang pemimpin di masa depan? Jika hal itu terjadi...., apakah yang akan anda lakukan? Bagaimana cara anda memanfaatkan jabatan yang anda miliki? Well, aku Beatrix Marcella Lourdes Imelda Boro akan menceritakan beberapa hal tentang ide-ide dan imajinasiku seandainya aku menjadi seorang pemimpin atau orang nomor satu di Indonesia. (Amin..)

Seandainya aku adalah seorang pemimpin, aku lebih ingin menjadi pemimpin yang tidak memanfaatkan jabatanku untuk kepentingan pribadiku danmenjadi pelayanbagi rakyatku. Seperti ungkapan penuis terkenal Robert Gren leaf, “Pemimpin yang baik harus lebih dulu menjadi plelayan yang baik”.  Lalu jika aku menjadi seorang pemimpin, aku mempunyai tekad untuk menjadi pemimpin yang bersih dan bekerja keras untuk Indonesia, hal ini memang penting karena aku pastinya akan digaji menggunakan uang rakyat dan rakyat pun pasti akan memiliki ekspektasi yang tinggi pada pemimpinnya, so i don’t wanna let them down, i have to reached their expectation.

Jika aku menjadi seorang pemimpin, tentuya aku tidak bisa melakukan tugasku sendirian. Aku memerlukan bantuan dari berbagai pihak, salah satuya di bidang keamanan neara. Maka dari itu hal pertama yang akan kulakukan adalah memperkuat penegakan hukum di Indonesia, seperti KPK dan Polri. Karena jika persentase kriminalitas baik dari golongna kerah putih dan kerah biru menurun (pihak penegak hukum bekerja dengan baik), maka fokus pemerintah dapat dialihkan ke berbagai hal lain yang lebih penting. Lalu aku juga akan memperkuat UU tentang SARA, karena hal ini sangat riskan dan jika sampai dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawabakan berdampak buruk bagi persatuan bangsa ini. Selain itu aku ingin agar di tiap sekolah murid mendapatkan pemahaman penuh mengenai kesetaraan SARA, agar para generasi muda lebih paham bahwa semua orang di Indonesia mempunyai hak yang sama dan bahwa rasa toleransi untuk orang yang berbeda dari kita perlu lebih dikembangkan.

Jika aku menjadi pemimpinprogramku di bidang pembangunan adalah aku ingin membangun jalan tol laut di sekitar pulau-pulau kecil kepulauan (seperti di Maluku), juga membuka lebih banyak jalan di pulau-pulau luar jawa. Selain itu, aku juga akan membangun bandara-bandara dan pelabuhan-pelabuhan baru di berbagai tempat di indonesia. Pokoknya, aku ingin agar semua daerah dapat dijangkau dengan mudah. Hal ini sangat penting untuk menunjang pembangunan daerah dan perekonoian rakyat. Ngomong-ngomong soal perekonomian, aku akan lebih gencar dalam mempromosikan Indonesia sebagai negara yang indah, nyaman dan stabil untuk menarik investor lokal dan terutama asing untuk berinvestasi di Indonesia. Selain menarik para investor baru, juga bertujuan untuk menarik wisatawn asing untuk berkunjung ke Indonesia. Dengan begitu pemasukan daerah-daerah wisata juga akan meningkat. Aku juga akan memberikan kemudaha pengusaha lokal untuk mengekspor produknya ke luar negeri dan memberikan apresiasi bagi mereka yang dapat memenuhi target penjualan. Lalu dalam bidang pertahanan aku akan membeli lebih banyak kapal dan pesawat perang  juga mendirikan lebih banyak pos-pos penjagaan terutama wilayah perbatasan dan menambah penjaga yang bertugas di sana yang selain bertujuan untuk mengantisipasi apa bila terjadi perang  (semoga tidak) atau menghadapi situasi lainnya yang membutuhkan hal-hal ini ini, juga untuk memantau dan mencegah adanya pihak-pihak asing yang mencoba masuk ke wilayah kedaulatan Indonesia secara ilegal. Di bidang kehutanan, aku ingin mensukseskan aplikasi yang dapat memantau terjadinya kebakaran hutan dan illegal logging. Dengan begitu, pemerintah daerah akan lebih cepat tanggap dalam menghadapi masalah tersebut.  Aku menaruh perhatian ke hutan Indonesia karena hutan Indonesia mempunyai banyak keuntungan bukan hanya untuk Indonesia tetapi juga untuk seluruh dunia. Bahkan aku telah berpikir, jika memang hutan ini benrmanfaat bagi seluruh dunia, bukankah itu berarti negara lainnya harus berterima kasih kepada kita ?? seharusnya mereka memberikan apresiasi berupa dana untuk setiap hektar hutan yang telah kita kembangkan, dana ini nantinya akan digunakan untuk kepentingan hutan-hutan di Indonesia (well, inginnya gitu sih.., tapi kenyataannya sangat berbeda, negara-negara lain berharap Indonesia menjaga hutannya tetapi mereka sendiri malah enak-enakan membuang-buang asap dan zat bebahaya dari industri mereka ke udara bebas bahkan tanpa di filter terlebuh dahulu, maunya apa?? Egois banget. Ok, back to the topic).

Selanjutnya jika aku menjadi pemimpin, aku akan merealisasikan rencana pemindahan ibu kota negara Indonesia dari Jawa (Jakarta) ke pulau lainnya, seperti Klimantan dan Sulawesi. Ada alasan kenapa aku memilih Pulau Kalimantan atau Sulawesi, bukan Papua atau Bahkan Sumatera, yaitu karna kedua pulau itu adalah pulau yang cukup luas dan berada di daerah Indonesia bagian tengah, itu adalah alasan pertama. Selain itu khusus pulau Kalimantan, pulau ini memiliki tingkat persentase bencana alam (gempa bumi, dll) yang lebih rendah dari pulau lainnya karena tidak dilalui oleh ring of fire atau rangkaian pegunungan api,Itu adalah yang kedua. Alasan ketiga adalah agar pemerintah dapat mengatur wilayah-wilayah Indonesia dengan lebih mudah dan pembangunan pun akan lebih merata.

Well, sebenarnya masih ada ide-ide lai lagi yang akan kulakukan jika aku menjadi pemimpin di masa depan, tapi berhubung word-nya udah hampir mencapai maks-nya, jadi akan kuakhiri sampai di sini dulu. Sekian dari saya, terima kasih telah membaca. :))


     Next post
     Blog home

The Wall

No comments
You need to sign in to comment

Post

Rate

Your rate:
Total: (0 rates)

Archives