apa sih PTNBH itu ? from Noveka Ruwati Rahayu's blog

Sering kali bukan kita mendengar rumor - rumor yang beredah dimedia masa entah itu hoax atau pun tidak. Mungkin kita juga sering mendengar isu tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum atau yang sering disebut PTNBH. Kira - kira apa itu PTNBH ? sering kali kita mencari - cari informasi tentang kebenaran itu, apalagi seorang Mahasiswa Baru yang masih kuper dan kepo banget tengtang masalah perkuliah.

          Perguruan Tinggi Badan Hukum atau biasa kita kenal adalah PTNBH ini ialah sesuatu kebijakan yang diselenggarakan pemerintah untuk seluruh Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. Yang mana Perguruan Tinggi Negeri sudah tidak lagi mengikuti sebuah kebijakan dari pemerintah. Perguruan Tinggi Negeri itu sudah memiliki kebijakan penuh dalam pengelolaannya. Sedikit contoh kecilnya adalah pengelolaan keuangan, akademik, biaya pendidikan, serta tenaga pendidik. Namun tidak semua Perguruan Tinggi Negeri ditetapkan sebagai PTNBH. 

          Untuk sisi akademiknya sendiri PTNBH memiliki kebijakan penuh dalam hal akademiknya. Yang artinya, Perguruan Tinggi Akademik memiliki kebijakan yang lebih salah satunya adalah pengelenggaraan program study baru yang tidak lagi memerluhkan persetujuan dari pemerintah. Selain itu pengembangan aktifitas akademik seperti pendidikan dan penelitian maupun nonakademik dapat dilakukan secara luluasa. Untuk tenaga pendidiknya pun PTN tersebut memiliki kebijakan untuk menggangkat, menetapkan, membina, dan memberhentikan tenaga tetap maupun non PNS.

          Tetapi untuk penetapan status PTNBH tetap dilakukan oleh peraturan pemerintah. Sedangkan untuk masalah pendidikan PTNBH tetap menggunakan tarif yang sudah ditetapkan menteri, bagian hukum PTN tersebut harus tetap berkonsultasi dengan menteri. Tarif biaya pendidikan PTN tersebut harus ditetapkan dengan pertimbangan ekonomi, ataupun pihak lain yang membiayai mahasiswa/i. Untuk masalah keuangan PTNBH bukan merupakan penerimaan negara bukan pajak yang biasa  kita dengar dengan PNBP. dilihan dari segi aksesnya untuk tanah sendiri tetap menjadi milik negara tetapi untuk yang diperoleh dari PTN tersebut tetap milik PTN tetapi termaksuk dalam aset negara terpisah.

          Menurut saya, Perguruan Tinggi Negeri dapat meliki otomi akademik maupun non akademik guna meningkatkan pendidikan yang tinggi dan bermutu. Untuk itu, pemerintah harus menyediakan pilihan bagi Perguruan Tinggi Negeri untuk semakin bermutu dengan menjadi Perguruan Tinggi Negeri yang menetapkan polo pengelolaan keuangan badan layanan umum atau berbadan hukum.

          Tetapi, pemberian otonomi pengelolaan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ini harus disesuaikan dengan dasar, tujuan, dan kemampuan masing - masing institusi. kaena itu pemberian otonom dilakukan secara selektif setelah Menteri Pendidikan dan Menteri Kebudayaan dan Menteri Riset dan Menteri Pendidikan Tinggi memberikan evaluasi kinerja.


Previous post     
     Next post
     Blog home

The Wall

No comments
You need to sign in to comment

Post

By Noveka Ruwati Rahayu
Added Aug 3

Rate

Your rate:
Total: (0 rates)

Archives