JIKA AKU MENJADI PEMIMPIN from RIZKI HAFHSHAH EKAYANA ARIWANTI's blog

JIKA AKU MENJADI PEMIMPIN

            Sering kita mendengar kata pemimpin. Apakah itu pemimpin? Pemimpin adalah seorang pribadi yang memiliki kecakapan dan kelebihan khususnya kecakapan dan kclebihan disatu bidang, sehingga dia mampu mempengaruhi orang-orang lain untuk bersama-sama melakukan aktivitas-aktivitas tertentu, demi pencapaian satu atau beberapa tujuan.

            Menjadi pemimpin tidaklah mudah. Sebenarnya menjadi pemimpin bukanlah cita – citaku. Tetapi, apabila aku memang benar – benar dipercaya untuk menjadi pemimpin, maka aku akan emanfaatkan kepercayaan tersebut dengan baik. Jika aku menjadi pemimpin, maka aku berusaha sekuat tenagaku agar kelak disegani oleh para anggota atau pengikutku.

            Untuk menjadi pemimpin haruslah bersifat jujur, berani, tegas, mandiri,kreatif, terampil, cermat, serta memiliki tanggung jawab yang besar untuk mengatur bawahan atau anggota kita. Menjadi pemimpin bukan hanya untuk menyuruh – nyuruh bawahan saja, tetapi kita harus bisa menjadi contoh bawahan atau anggota kita. Seorang pemimpin harus dapat menyelesaikan masalah yang ada dan mampu memberi keputusan yang tepat, serta memiliki sifat yang lebih baik dari bawahannya.

            Jika aku menjadi pemimpin maka aku akan sangat merasa bangga. Hal yang utama ialah aku akan membenahi diri sendiri terlebih dahulu. Dengan berperilaku yang baik, maka aku akan bisa menjadi contoh yang teladan. Mengembangkan ide serta tanggung jawab terhadap apapun yang telah dilalui ialah kewajibanku.

            Tak lupa seorang pemimpin selain berusaha maka juga harus tetap berdoa dan berada pada jalan-Nya. Tuhan mau agar kita hidup seperti rumput. Walau diinjak, dipotong, ataupun dihancurkan, namun muncul lagi lebih hijau dan lebih kuat dari sebelumnya. Karena menjadi seorang pemimpin tidak selalu disenangi oleh semua orang. Tetap saja walaupun yang kita lakukan benar, tidak untuk orang lain yang tidak suka pada diri kita. Saat kita berada diatas pasti ada orang yang ingin menggoyahkan kita. Dalam hidup, kamu akan bertemu orang yang tidak ingin kamu bahagia, namun hidupmu bukan bukan tentang keinginan mereka, tetapi tentang keinginanmu. Janganlah iri hati karena keberhasilan orang lai, karena orang memiliki jalan keberhasilan masing – masing. Maka dari itu, kita harus kuat, harus tangguh, jujur, dan selalu melakukan kebenaran.

            Visi dan misi. Nah, jika aku menjadi peimpin tentulah aku harus punya visi dan misi. Apakah itu visi? Dan apakah pula itu misi?Visi ialah pandangan jauh tentang suatu perusahaan ataupun lembaga dan lain-lain, visi juga dapat di artikan sebagai tujuan perusahaan atau lembaga dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuannya tersebut pada masa yang akan datang atau masa depan. Visi itu tidak dapat dituliskan secara lebih jelas menerangkan detail gambaran sistem yang ditujunya, dikarenakan perubahan ilmu serta situasi yang sulit diprediksi selama masa yang panjang tersebut. Sedangkan misi ialah suatu pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan oleh perusahaan atau lembaga dalam usaha mewujudkan visi tersebut. Misi perusahaan diartikan sebagai tujuan dan alasan mengapa perusahaan atau lembaga itu dibuat. Misi juga akan memberikan arah sekaligus batasan-batasan proses pencapaian tujuan.

            Dan visiku adalah menjadi pemimpin yang baik melayani anggota dengan baik, jujur, inisiatif, tanggung jawab yang tinggi, menjadikan pilihan yang disukai oleh anggota, serta menjadi pemimpin yang patut dicontoh oleh para anggota. Sedangkan misiku adalah menciptakan kesejahteraan anggota, memperkuat persatuan dan kesatuan anggota, memperkuat partisipasi anggota dalam pengambilan keputusan.Mungkin cukup sekian yang bisa aku sampaikan tentang harapan, cita-cita, dan apa yang harus aku lakukan jika aku menjadi pemimpin. Terima kasih.


     Next post
     Blog home

The Wall

No comments
You need to sign in to comment

Post

Rate

Your rate:
Total: (0 rates)

Archives