PTNBH from SEPTIANI ARDHANAR RISWARI's blog

Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum atau yang sering disebut sebagai PTN BH adalah perguruan tinggi negeri yang didirikan oleh pemerintah yang berstatus sebagai badan hukum publik yang otonom.

                              Segi penetapan statusPTN-BH dilakukan dengan peraturan pemerintah, sedangkan penetapan PTN-BLU dilakukan dengan Keputusan Menteri Keuangan atas usul Menteri Ristek dan Dikti. Dari segi otonomi kampus, PTN-BH dapat mandiri dalam membuka dan menutup program studi yang ada di lembaganya, sedangkan PTN-BLU tidak bisa.          

                              Bermacam keuntungan didapatkan dari PTN BH seperti halnya memiliki wewenang membuka sendiri prodi yang diinginkan. Tak hanya itu, PTN juga memiliki kebebasan untuk bekerjasama dengan pihak-pihak swasta untuk mengembangkan usaha tersebut. Mahasiswa yang telah menyelesaikan masa studinya juga memiliki kesempatan lebih besar untuk memenangkan persaingan ketat di dunia kerja. Namun, hal itu seakan menjadi selubung yang menutupi suatu dampak  besar. Adanya kekuasaan dan uang dapat membutakan para petinggi-petinggi berdasi lupa dengan amanah yang sedang ia emban. 


Previous post     
     Next post
     Blog home

The Wall

No comments
You need to sign in to comment

Post

By SEPTIANI ARDHANAR RISWARI
Added Aug 2

Tags

Rate

Your rate:
Total: (0 rates)

Archives