PTNBH from Inggit andani's blog

Pengertian PTN BH

Menurut sumber Wikipedia PTN BH adalah perguruan tinggi negeri yang didirikan oleh pemerintah yang berstatus sebagai badan hukum publik yang otonom.  Dahulu dikenal sebagai Badan Hukum Milik Negara (BHMN) dan Badan Hukum Pendidikan (BHP). Di tahun 2000 ada sejumlah perguruan tinggi yang berstatus BHMN (Badan Hukum Milik Negara). PTN BHMN ini memiliki otonomi penuhdalam mengelola anggaran rumah tangga dan keuangan.


Keunggulan

1.Otonomi luas baik akademik dan non akademik.

2.PTN Badan Hukum menetapkan tarif biaya pendidikan berdasarkan pedoman teknis penetapan tarif yang ditetapkan menteri. Dalam penetapan tarif, PTN Badan Hukum wajib berkonsultasi dengan menteri. Tarif biaya pendidikan ditetapkan dengan mempertimbangkan kemampuan ekonomi mahasiswa, orang tua mahasiswa, atau pihak lain yang membiayai mahasiswa.


Dampak positif

hak otonomi kampus dalammengatur kegiatan akademik maupun non akademik, seperti membuka prodi baru yang proses perizinannya lebih cepat dikarenakan kewenangan otonomi tersebut.


Dampak negatif

1.komersialisme, dimana pendidikan dijadikan sebagai komoditi. 2.liberalisasi, dimana pendidikan menjadi “alat” baru bagi perusahaan-perusahaan asing untuk mendominasi sektor-sektor usaha dalam negeri.


Kesimpulan

PTNBH (Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum) adalah perguruan tinggi negeri yang didirikan oleh pemerintah yang berstatus sebagai badan hukum yang memiliki hak dan kekuasaan untuk menentukan arah penyelenggaraan pendidikan. PTNBH memiliki dampak positif namun juga memiliki dampak negatif dalam pelaksanaannya.



Sumber :

https://thietisdyrahma.wordpress.com/2014/12/01/ptn-badan-hukum/?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C6558403316

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Perguruan_Tinggi_Negeri_Badan_Hukum?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C4503465730



Previous post     
     Next post
     Blog home

The Wall

No comments
You need to sign in to comment

Post

By Inggit andani
Added Aug 1

Rate

Your rate:
Total: (0 rates)

Archives