Content 1 PTN BH from Ade Iman Kurniawan's blog

PENGERTIAN PTN BH

Perguruan tinggi negeri badan hukum, disingkat PTN BH adalah perguruan tinggi negeri yang didirikan oleh pemerintah yang berstatus sebagai badan hukum publik yang otonom.


KEUNTUNGAN PTN BH DENGAN BLU

PTNBH dilakukan dengan peraturan pemerintah, sedangkan penetapan PTN-BLU (Badan Layanan Umum) dilakukan dengan Keputusan Menteri Keuangan atas usul Menteri Ristek dan Dikti. Selain itu, PTN BH juga memiliki otonomi luas dalam hal akademik. Salah satunya, PTN juga dapat membuka dan menutup program studi di perguruan tingginya, sedangkan PTN-BLU/PTN Satker tidak bisa.


KELEBIHAN PTN BH

Kampus PTN-BH punya kewenangan lebih dalam mengelola keuangannya, apalagi dengan adanya aktor swasta dengan bantuan finansial yang sangat menjanjikan.

KEKURANGAN PTN BH

Menaikkan biaya sekolah atau kuliah merupakan ujung tombak pembiayaan PTN BH, Karena usaha lainnya seperti menjual hasil-hasil penelitian kepada perusahaan swasta, menyewakan asset kampus (gedung, sarana olahraga, dsb), memfasilitasi industri perdagangan untuk investasi di kampus, belumlah menunjukkan hasil yang nyata. Maka, tak heran apabila tiap tahunnya biaya pendidikan selalu naik.

KESIMPULAN

Menurut saya PTH BN adalah perguan tinggi negeri yg dibentuk oleh pemerintah. Yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi perguruan tinggi diIndonesia, akan tetapi setiap usaha-usaha pemerintah itu tetap saja ada dampak positif dan negatifnya.


Sumber 

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Perguruan_Tinggi_Negeri_Badan_Hukum


Previous post     
     Next post
     Blog home

The Wall

No comments
You need to sign in to comment

Post

By Ade Iman Kurniawan
Added Aug 1

Tags

Rate

Your rate:
Total: (0 rates)

Archives