Jika Aku Menjadi Pemimpin from Ahmad Ainun Najib's blog

Jika Aku Menjadi Pemimpin

 

Pemimpin adalah seseorang yang menjadi pusat komando seseorang yang mampu meredam perbedaan pendapat antar individu dalam kelompok serta seseorang yg mampu merencanakan banyak hal untuk dilakukan , pemimpin bukan hanya sekedar seseorang yang berdiri paling depan , banyak hal yang harus dilakukan oleh seorang pemimpin . Pemimpin merupakan tugas yangg berat namun semua orang harus bisa menjadi pemimpin terutama pemimpin untuk dirinya sendiri.

"Jika aku menjadi pemimpin" merupakan sebuah kata pengandaian yang menggambarkan bagaimana jika seseorang menjadi pemimpin , sebenarnya semua orang harus menjadi pemimpin yakni pemimpin bagi dirinya sendiri , jika sudah mampu memimpin dirinya sendiri barulah seseorang harus belajar menjadi pemimpin orang lain. Jika aku menjadi pemimpin hal pertama yang akan aku lakukan adalah bertanya pada diriku sendiri "apakah aku sudah mampu menjadi pemimpin bagi diriku sendiri ?" , hal ini penting sekali jika kita belum mampu menjadi pemimpin bagi diri sendiri kita akan mudah terpengaruh oleh orang lain yang kadang kadang memberikan pengaruh buruk pada kita , kita juga akan mementingkan ego kita daripada kepentingan bersama jika belum mampu memimpin diri sendiri padahal memimpin adalah ttg bagaimana kita mampu memberikan jalan terbaik untuk sebuah masalah

Baru kita harus belajar memimpin orang lain , jika aku menjadi pemimpin orang lain, orang yang menjadi inspirasi pertama saya adalah ayah saya , saya belajar banyak dari beliau walau hanya menjadi pemimpin dari keluarga kecil kami , dari beliau saya belajar bahwa menjadi pemimpin harus mempunyai kesabaran , tekad yang kuat , ulet , serta tidak mudah menyerah , sifat sifat tersebut akan menjadi dasar jika saya menjadi pemimpin . Sungguh ayah saya adalah panutan terbaik dalam hidup saya.

Selain itu seorang pemimpin harus pandai-pandai menetukan keputusan menentukan pilihan dan menentukan mana yang lebih baik hingga akhirnya membut kebijakan yang akan digunakan oleh banyak orang.

Jika saya menjadi pemimpin sudah barang pasti saya akan bertujuan untuk memberikan yang terbaik bagi kelompok saya bagi bangsa saya , tentu saja tanpa menyepelekan kepentingan kelompok lain . Mungkin memang semua orang entah di keluarga di instansi , organisasi , perusahaan maupun bangsa negara pasti ingin memajukan apa kelompok yang dipimpinnya , namun terkadang dalam prosesnya akan banyak masalah yang terjadi entah itu dari diri sendiri maupun orang lain , maka dari itu seorang harus benar-benar siap dengan apa yang akan dihadapinya nanti , jika saya menjadi pemimpin saya pasti akan siap dengan hal itu entah seperti apa masalah itu nanti saya siap menghadapinya , siap dengan pikiran jernih dan juga mental yang kuat.

Terkadang juga banyak pemimpin yang menyalahgunakan kekuasaannya seperti melakukan korupsi kolusi nepotisme , memimpin otoriter , ataupun membangun dinasti politik , tentu saja saya tidak akan membiarkan hal ini terjadi , karena jelas jelas hal itu hanya akan merugikan orang lain dan juga merugikan diri sendiri pastinya.

Tokoh inspirasi saya jika menjadi pemimpin adalah Soekarno atau sering disebut Bung Karno Presiden pertama Republik Indonesia , saya suka dengan cara beliau menjadi pemimpin , walau pasti juga banyak kekurangan dari Bung Karno . Saya suka kelebihan kelebihan beliau seperti seorang pemimpin yang kharismatik , tegas , pandai , dan dicintai banyak orang . Saya tidak hanya ingin seperti beliau saya ingin lebih dari beliau amin.....

Sekian dari saya , seorang manusia biasa dari Bung Karno

Wassalamualaikum wr. Wb.

Salam FISIP Tangguh


     Next post
     Blog home

The Wall

No comments
You need to sign in to comment

Post

By Ahmad Ainun Najib
Added Aug 1

Tags

Rate

Your rate:
Total: (0 rates)

Archives