JIKA AKU MENJADI PEMIMPIN from Dea Putri Krisanti's blog

JIKA AKU MENJADI PEMIMPIN
Oleh: Dea Putri Krisanti

Menjadi pemimpin mungkin merupakan mimpi mayoritas orang di dunia ini. Mungkin ini terjadi karena banyak diantara mereka yang hanya melihat sisi kenikmatan hidup yang dirasakan oleh para pemimpin tanpa mengetahui perjuangan mereka dalam menggapai gelar “Pemimpin” tersebut. Bahkan banyak diantara orang orang yang tidak menyadari tanggung jawab besar yang harus dipikul oleh para pemimpin. Sebagian orang hanya berpikir bahwa menjadi pemimpin itu sangat menyenangkan karena semua pemimpin pasti memiliki banyak uang, hidupnya tenteram dan damai, hanya tinggal menyuruh ini itu kepada bawahan maka semua urusan akan beres.

Bagi saya, menjadi pemimpin tidak seremeh itu. Bagi saya, jika seseorang ingin menjadi seorang pemimpin maka ia harus dapat menjadi panutan bagi masyarakat. Hal ini saya utarakan karena banyak pemimpin jaman sekarang yang menjadi bahan perbincangan di masyarakat karena hal buruk yang telah ia perbuat kepada kelompok tertentu. Bahkan banyak diantara pemimpin bangsa jaman sekarang yang namanya di jadikan bahan membuat lelucon di kalangan masyarakat sekitar.

Dari fakta diatas, bukannya saya tidak ingin menjadi pemimpin. Saya merupakan salah satu dari mayoritas orang didunia yang sangat mendambakan menjadi pemimpin. Saya ingin menjadi pemimpin yang baik, jujur, peduli sekitar, dan disegani oleh masyarakat. Untuk menjadi pemimpin seperti yang saya terangkan diatas, tentulah tidak akan mudah. Maka dari itu, jika saya menjadi pemimpin, saya ingin memulainya dari hal hal kecil dahulu. Saya tidak ingin langsung menjadi pemimpin besar seperti langsung menjadi presiden. Tentulah saya tidak akan sanggup karena menjadi seorang pemimpin besar memerlukan tanggung jawab yang besar pula. Mungkin saya bias memulainya menjadi pemimpin suatu komunitas kecil.

Jika saya menjadi pemimpin saya tidak ingin menjadi sosok yang otoriter dan terkesan menjadi diktator. Saya juga ingin mendengar ide ide brilian yang dimiliki oleh para anggota dan belum sempat disampaikan karena saya yakin setiap orang memiliki gagasan yang berbeda dan akan menimbulkan cekcok antar anggota jika tidak diselesaikan. Atau bahkan aka nada anggota yang merasa tidak setujudengan keputusan yang saya buat namun tidak berani menyampaikan sehingga akan berdampak buruk pada pelaksanaannya nanti. Oleh karena itu, saya akan mendiskusikan segala sesuatu dengan anggota kelompok yang lain sehingga dapat menghasilkan kesepakatan yang dapat dilaksanakan dengan tulus hati oleh semua anggota yang terlibat.

Jika saya menjadi pemimpin saya akan mengutamakan kesejahteraan anggota kelompok yang saya pimpin tanpa merugikan pihak lain, karena sebuah kelompok tentulah memerlukan kerjasama dengan pihak lain untuk mengembangkan kelompok tersebut. Saya juga akan berusaha untuk membantu pihak lain sebisa mungkin sebagai bentuk penghormatan kelompok saya kepada pihak yang bersangkutan.

Jika saya menjadi pemimpin, saya ingin menjadi seperti Bapak Basuki Tjahaja Purnama. Beliau merupakan salah satu pemimpi yang menurut saya pantang menyerah dalam menegakkan keadilan. Beliau bahkan tidak berhenti membela kebenaran meskipun banyak orang yang mencoba menjatuhkannya. Beliau tidak peduli dengan kata kata buruk orang tentang beliau dan tetap menjalankan tugasnya sebagai bupati yang baik.

Beliau juga dikenal sebagai pemimpin yang tidak suka mengobral janji melainkan sesalu memberikan bukti nyata terhadap setiap program yang beliau canangkan untuk perubahan jakarta yang lebih baik. Hal tersebut dapat kita lihat dari banyaknya program program yang telah dijalankan oleh Bapak Basuki Tjahaja Purnama. Salah satunya adalah program pembersihan bantaran sungai untuk mengurangi potensi banjir di daerah sekitarnya. Tidak hanya itu, beliau juga memikirkan nasib para warga yang sebelumnya tinggal di daerah pembersihan bantaran sungai tersebut maka beliau membuatkan rumah susun yang layak huni bagi mereka. Hal ini tentulah menguntungkan bagi semua pihak di Jakarta karena beliau telah berhasil menjadikan Jakarta yang lebih aman, nyaman, dan ramah lingkungan. Juga menjadikan warga jakarta memiliki lingkungan yang sehat dan layak huni.

Pemaparan diatas merupakan salah satu dari sekian banyak aksi nyata yang telah dilakukan oleh salah satu pemimpin hebat tanah air. Saya berharap jika saya menjadi pemimpin kelak, saya akan bisa melakukan banyak hal hebat yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar tanpa ada yang harus dirugikan.

     Next post
     Blog home

The Wall

Aug 1
san komen san...
Aug 1
kon komen opo yo nduk?
Aug 1
yo opo ngunu san ..:)
You need to sign in to comment

Post

By Dea Putri Krisanti
Added Aug 1

Rate

Your rate:
Total: (0 rates)

Archives