PTNBH from Septiarani Ayu Widia Putri's blog


PENGERTIAN

   Perguruan Tinggi Berbadan Hukum (PTNBH) adalah salah satu konsep penyelenggaraan perguruan tinggi selain Satuan Kerja (SatKer) dan Badan Layan Umum (BLU), dimana secara umum konsep ini membuat perguruan tinggi negeri (PTN) mempunyai otonomi lebih untuk mengatur diri mereka sendiri, dengan tujuan kampus tersebut memiliki keleluasaan dalam menyelenggarakan rumah tangganya seperti pada sebuah pasal disebutkan bahwa PTN berbadan hukum adalah perguruan tinggi negeri yang didirikan oleh Pemerintah yang berstatus sebagai subyek hukum yang otonom.
   Dalam KBBI kata otonomi memiliki arti pemerintahan sendiri, atau suatu hak, wewenang, dan kewajiban daerah untuk mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

   
KEUNGGULAN
   
   Jika dibandingkan antara BLU dengan PTNBH, ada sejumlah perbedaan, pendapatan BLU dilaporkan sebagai PNBP, sedangkan pendapatan PTNBH bukan merupakan PNBP. Dari segi aset, aset BLU merupakan aset yang harus dikonsolidasikan dalam BMN, sedangkan aset dari usaha PTNBH menjadi aset PTNBH yang merupakan aset negara yang dipisahkan, sementara aset berupa tanah yang berada dalam penguasaan PTNBH yang diperoleh dari APBN merupakan barang milik negara.
   Untuk tarif biaya dan layanan, tarif layanan BLU ditetapkan oleh Menteri Keuangan berdasar usulan pimpinan BLU dengan mempertimbangkan aspek kontinuitas dan pengembangan layanan, daya beli masyarakat, asas keadilan dan kepatutan, serta kompetisi yang sehat.
PTNBH menetapkan tarif biaya pendidikan berdasarkan pedoman teknis penetapan tarif yang ditetapkan menteri. Dalam penetapan tarif, PTNBH wajib berkonsultasi dengan menteri. Tarif biaya pendidikan ditetapkan dengan mempertimbangkan kemampuan ekonomi mahasiswa, orang tua mahasiswa, atau pihak lain yang membiayai mahasiswa.
   

DAMPAK POSITIF

Sebagai salah satu langkah untuk mengurangi pembiayaan negara karena kondisi perguruan tinggi yang bisa dianggap “mandiri”.
Intervensi pemerintah terhadap perguruan tinggi  bertujuan agar perguruan tinggi dapat bekerja mengikuti mekanisme pasar. Namun, perguruan tinggi juga harus dipertahankan menjadi organisasi non-for-profit yang bersaing melalui mekanisme pasar untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan.
Otonomi ini menjadi bentuk dukungan pemerintah terhadap pendidikan tinggi dan pengembangan IPTEK.


DAMPAK NEGATIF

   PTNBH akan berusaha untuk mengcover setiap pengeluaran operasional dan kebutuhan infrastruktur sesuai kebijakan mereka sendiri. Pendapatan dari perusahaan seperti Starbucks, Leksika, Bank, memang bisa diandalkan. Namun tingkat likuiditasnya rendah. Ketika universitas membutuhkan dana segar, cara tercepatnya adalah dengan menggelonggong biaya kuliah mahasiswa.


KESIMPULAN

   Pada perkembangannya, kehadiran PTNBH melahirkan pendapat pro dan kontra. Ada yang menganggap otonomi yang menjadi ciri-ciri dari PTNBH merupakan praktek komersialisasi dan liberalisasi sektor PTN. Hal ini dilekatkan dengan pendapat bahwa PTNBH akan mempertinggi uang SPP atau UKT. Namun, hal tersebut dibantah oleh pihak pemangku kebijakan. Menurut mereka, PTNBH adalah wujud pemajuan kualitas pendidikan yang kesannya jauh dari komersialisasi.
   Oleh karena itu, seluruh pelaku perubahan harus yakin akan nilai dan hakekat. Dengan menempatkan PTN sebagai satuan kerja kementrian pendidikan dan kebudayaan, akan menjadi sandungan besar bagi berkembangnya perguruan tinggi yang berkualitas bebas dari komersialisasi.



Sumber:
http://pappub.id/article/post/sekilas-perguruan-tinggi-negeri-badan-hukum-ptnbh

http://www.unpad.ac.id/2014/06/ketua-bpk-ri-ptn-badan-hukum-lebih-fleksibel-dan-memberi-otonomi-lebih-besar/

http://mwa-wm.itb.ac.id/transformasi-perguruan-tinggi-menghadapi-era-globalisasi-3/

https://www.google.co.id/amp/s/rudiikurniawan.wordpress.com/2013/03/18/uu-pendidikan-tinggi-pisau-bermata-dua/amp/

http://www.kompasiana.com/nzmhfuu/bermanfaatkah-perguruan-tinggi-negeri-berbadan-hukum_591d5272317a616e592d60e0


Previous post     
     Next post
     Blog home

The Wall

No comments
You need to sign in to comment

Post

By Septiarani Ayu Widia Putri
Added Jul 31

Rate

Your rate:
Total: (0 rates)

Archives