PTN BH from DYAH KUNTARI's blog

PTNBH

DYAH KUNTARI – MA


Perguruan Tinggi Berbadan Hukum (PTNBH) adalah salah satu konsep penyelenggaraan perguruan tinggi selain Satuan Kerja (SatKer) dan Badan Layan Umum (BLU), dimana secara umum konsep ini membuat perguruan tinggi negeri (PTN) mempunyai otonomi lebih untuk mengatur diri mereka sendiri, dengan tujuan kampus tersebut memiliki keleluasaan dalam menyelenggarakan rumah tangganya seperti pada pasal 1 ayat 3 Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2013 tentang Bentuk dan Mekanisme Pendanaan Perguruan Tinggi disebutkan pengertian PTN berbadan hukum adalah perguruan tinggi negeri yang didirikan oleh Pemerintah yang berstatus sebagai subyek hukum yang otonom.

Dengan menjadi PTN BH Universitas memiliki kewenangan otonomi yang lebih luas, baik otonomi akademik maupun non-akademik. Di bidang akademik, Universitas memiliki kewenangan mengembangkan program studi (prodi) yang bisa merespons kebutuhan pasar dan aspek strategis di pemerintahan. Proses perizinannya pun bisa lebih cepat karena kewenangan otonomi tersebut. Sedangkan pada bidang non-akademik, otonomi yang dapat dilakukan adalah mengembangkan berbagai aset produktif untuk mendukung aktivitas Tridharma Perguruan Tinggi, seperti pembukaan usaha dari unit strategis.

Hal positif dari PTN BH seperti beberapa kepentingan nasional  pertumbuhan ekonomi, responsif terhadap dunia kerja, peningkatan mutu , efisiensi dll. Namun kampus ptn – bh punya kewenangan dalam mengelola keuangan, apalagi dengan adanya faktor swasta dengan bantuan finansial yang menjanjikan. Secara umum, ptn – bh berati perguruan tinggi negeri yang bisa mencari dana tambahan untuk aktivitas kampus. Seperti halnya pembangunan insfrastruktur, pembayaran listrik, dll, dari pihak luar kampus (korporasi) karena dana subsidi dari pemerintah akan di kurangi. Mereka “para pemegang saham” punya uang untuk membiayai kehidupan kampus akan merajalela, mungkin dengan bangunan yang tidak ada keterkaitannya dengan kampus.  Ancaman terhadap hak untuk mendapatkan pendidikan yang seharusnya diakses oleh anak semua bangsa itu akan hadir karena efek peraturan kampus yang harus sejalan dengan motif ekonomi. Untuk menuju World Class University (WCU) memerlukan maintenance yang tidak sedikit, maka tentunya ini akan berakibat pada ukt mahasiswa atau mengurangi jumlah mahasiswa yang lulus melalui jalur undangan/ujian tertulis dan menambah mahasiswa yang lulus lewat jalur mandiri. Ya sedikit orang dari keluarga menengah kebawah akan berkurang dan dari keluarga menengah keatas akan sedikit bertambah.

PTN BH yang diterapkan oleh PTN mempunyai banyak koreksi yang patut dipertimbangkan kembali. Meningkatnya kualitas juga diiringi dengan masalah kompleks yang baru. Oleh karena itu UU PTN BH perlu dikaji kembali, karena UU yang baik adalah UU yangmemberikan kesempatan yang sama kepada warga Negara untuk merasa diperlakukan secara adil di depan UU tersebut. Keadilan UU PTN BH akan dapat dirasakan keberadaannya oleh masyarakat, terutama anak-anak pintar dari seluruh penjuru tanah air tetapi miskin yang mempunyai keinginan tinggi untuk menimba ilmu di bangku perkuliahan.


#FISIPTANGGUH

 

SUMBER :

https://id.wikipedia.org/wiki/Perguruan_Tinggi_Negeri_Badan_Hukum

http://mangataliadewilestari.blogspot.co.id/2017/06/ptn-bh.html

https://www.academia.edu/23955310/PERGURUAN_TINGGI_NEGERI_BERBADAN_HUKUM_PTN-BH_ANTARA


Previous post     
     Next post
     Blog home

The Wall

No comments
You need to sign in to comment

Post

By DYAH KUNTARI
Added Jul 31

Tags

Rate

Your rate:
Total: (0 rates)

Archives