Content 1: c.Essay from Nufanda Rheza Ashari's blog

Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) adalah PTN yang didirikan oleh pemerintah. PTNBH merupakan badan hukum publik otonom, mereka lebih bebas mengatur diri mereka sendiri.


Secara umum, PTNBH adalah PTN yang bisa mencari dana tambahan dalam menjalankan aktivitas kampus dari pihak luar kampus karena dana subsidi dari pemerintah dikurangi.


Keunggulan PTNBH dibanding dengan BLU :

1. PTNBH memiliki kewenangan otonomi yang lebih luas 

2. Aset yang diperoleh dari usaha PTNBH menjadi aset PTNBH yang merupakan aset negara yang dipisahkan, sedangkan aset BLU merupakan aset yang harus dikonsolidasikan dalam BMN

3. PTN Badan Hukum menetapkan tarif biaya pendidikan berdasarkan pedoman teknis penetapan tarif yang ditetapkan menteri, dengan mempertimbangkan kemampuan ekonomi mahasiswa, orang tua mahasiswa, atau pihak lain yang membiayai mahasiswa.


Dampak positif PTNBH :

1. PTNBH memiliki kewenangan lebih terhadap kampusnya.

2. Mahasiswa yang telah menyelesaikan masa studinya juga memiliki kesempatan lebih besar untuk memenangkan persaingan ketat di dunia kerja.


Dampak negatif PTNBH :

Karena menuju kampus dengan pemenuhan kualitas yang tinggi, maka akan berakibat pada peningkatan jumlah uang kuliah persemester yang harus dibayar oleh mahasiswa.


KESIMPULAN :

Baik PTNBH maupun BLU pastinya memilik hal positif dan negatif. Hal positif akan memberikan dampak menguntungkan bagi kita begitupun sebaliknya

Menjadi kampus dengan pemenuhan kualitas tinggi memang sangat didambakan, namun hal tersebut jangan sampai membatasi akses masyarakat untuk memperoleh pendidikan yang sesuai dengan kemampuan finansial.



Sumber :

http://www.unpad.ac.id/2014/06/ketua-bpk-ri-ptn-badan-hukum-lebih-fleksibel-dan-memberi-otonomi-lebih-besar/

https://id.wikipedia.org/wiki/Perguruan_Tinggi_Negeri_Badan_Hukum 



Previous post     
     Next post
     Blog home

The Wall

No comments
You need to sign in to comment

Post

By Nufanda Rheza Ashari
Added Jul 31

Tags

Rate

Your rate:
Total: (0 rates)

Archives