Tugas S1 : Blog 1 Jika Aku Menjadi Pemimpin from Yuan Adi Perdana's blog

Jika Aku Menjadi Pemimpin


Pemimpin memiliki artian orang yang mengemban tugas dan tanggungjawab untuk memimpin dan bisa mempengaruhi orang yang dipimpinnya. Artinya bukan hanya memimpin tetapi juga ikut ambil bagian dalam menyejahterakan rakyat. Bagiku, pemimpin itu adalah orang yang mampu menyatukan dan menggerakan anggotanya untuk menyelesaikan segala tugas yang telah diberikan kepadanya. Pemimpin memeliki tanggung jawab yang besar untuk membuat suatu rencana/kegiatan bisa terlaksana dengan baik.

Menjadi seorang pemimpin tidak harus berparas tampan atau cantik yang bisa membius lawan jenisnya. Tidak pula yang memiliki harta kekayaan melimpah yang mungkin mampu membeli segalanya di dunia. Semua orang dapat menjadi pemimpin. Baik muda, tua, kaya, miskin, tampan/cantik, jelek bisa menjadi pemimpin.

Pemimpin bisa dikatakan orang tersibuk dalam suatu susunan organisasi. Bila diibaratkan pohon, pemimpin adalah sebuah akar yang menopang dan menjadi sumber hidup pohon tersebut. Sebuah akar haruslah kuat, jika tidak pohon yang ditopangnya akan tumbang atau mati karena kekurangan mineral yang dicari dibawah tanah. Begitupun dengan pemimpin, ia harus bisa mengawasi dan mengontrol anggotanya untuk tetap melaksanakan tugasnya masing-masing. Selain itu pemimpin juga harus bijaksana dalam mengambil keputusan. Jika pemimpin tidak mampu melakukan apa yang harus ia lakukan sebagai pemimpin, maka dipastikan apa yang diamanahkan kepadanya akan berantakan dan tidak sesuai apa yang yang diharapkan. Oleh karena itu pemimpin harus memiliki beberapa kriteria agar mampu memimpin anggotanya. Seperti : bisa menjadi contoh inspirasi bagi anggotanya, bijaksana dalam mengambil keputusan, tidak bersikap otoriter dan mengatur seenaknya saja namun juga harus ikut ambil bagian dalam suatu pekerjaan.

Sampai saat ini aku belum memiliki bayangan untuk menjadi seorang pemimpin suatu organisasi atau sebuah acara. Kepribadianku yang pemalu, tidak pandai berbicara, dan agak susah bergaul dengan orang lain membuatku sangat berbanding terbalik dengan sifat yang harusnya dimiliki oleh seorang pemimpin. Oleh karena itu, aku belum pernah membayangkan jika aku akan menjadi pemimpin. Saat ini aku sudah mahasiswa, tingkatan paling akhir seseorang dalam menuntut ilmu. Ini adalah saatnya untukku berubah. Aku harus mengubah sifatku ini agar mampu untuk bersaing dengan yang lain. Untuk itu, langkah pertama yang harus kulakukan adalah mengakrabkan diri dengan mahasiswa baru lain dari berbagai fakultas. Belajar berkomunikasi dengan orang lain,

            Jika hari itu tiba, dalam suatu keadaan yang mengharuskanku untuk menjadi pemimpin, maka aku akan dengan senang hati menerimanya. Walaupun itu juga akan membuatku takut dalam menjalaninya karena kurangnya pengalaman dalam hal kepemimpinan. Apabila semua anggota mendukungku dan mau untuk bekerjasama denganku, itu akan mengurangi bebanku dan membuat percaya diri dalam melaksanakan tugas sebagai pemimpin. Akan menjadi pengalaman yang berharga bagiku bila aku menjabat sebagai pemimpin.

            Berbicara tentang pemimpin, untuk saat ini contoh pemimpin yang kukagumi dan ingin kuteladani ialah presiden Indonesia periode ini. Ya, beliau adalah Bapak Joko Widodo, atau sering dikenal dengan nama Jokowi. ‘Pemimpin sederhana, bersih, dan merakyat’ itulah hal yang sering melekat pada sosok Bapak Jokowi. Tidak seperti pemimpin pada umumnya yang menampilkan image gagah, berwibawa, dan tegas. Bapak Jokowi selalu tampil sederhana dan apa adanya, malah sering media menuliskan bahwa beliau adalah pemimpin lembek dan tidak tegas. Namun dibalik kesederhanaannya itu, beliau memiliki sifat yang tegas yang terbukti dengan banyaknya pembangunan yang berhasil karena beliau sendiri juga ikut terjun langsung mengawasi proses pembangunan.

            Sifat sederhana diluar namun tegas didalam itulah yang ingin kuteladani jika suatu hari nanti aku menjadi seorang pemimpin. Semoga nantinya aku bisa memenuhi tanggung jawabku sebagai pemimpin, baik tanggung jawab kepada anggota maupun kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dan bisa memberikan hasil terbaik kepada orang telah memberikan amanah kepadaku.


-Yuan Adi Perdana, Administrasi Negara


     Next post
     Blog home

The Wall

No comments
You need to sign in to comment

Post

By Yuan Adi Perdana
Added Jul 30

Tags

Rate

Your rate:
Total: (0 rates)

Archives