PTNBH from Dea Mita's blog

PTNBH

Dea Mita – Penyiaran


 

●Pengertian PTNBH

PTN-BH merupakan singkatan dari Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum. Perguruan Tinggi yang mempunyai status ini merupakan perguruan tinggi yang didirikan pemerintah yang berstatus sebagai badan hukum publik yang otonom.

 

●Keunggulan PTNBH

Perubahan statuta tujuh Perguruan Tinggi Badan Hukum Milik Negara (PT BHMN) menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) ternyata memberikan sejumlah keuntungan bagi perguruan tinggi tersebut. Salah satunya adalah posisi PTN BH setingkat lebih tinggi secara yuridis dibandingkan BLU.

 

●Dampak Positif PTNBH                                     

Dampak positif status PTN BH yang utama adalah adanya hak otonomi kampus dalam mengatur kegiatan akademik maupun non akademik, seperti membuka prodi baru yang proses perizinannya lebih cepat dikarenakan kewenangan otonomi tersebut.

 

●Dampak Negatif PTNBH

Dampak negatifnya antara lain dasar komersialisme, dimana pendidikan dijadikan sebagai komoditi, dasar liberalisasi, dimana pendidikan menjadi “alat” baru bagi perusahaan-perusahaan asing untuk mendominasi sektor-sektor usaha dalam negeri.

 

Kesimpulannya PTNBH merupakan wadah yang tepat bagi prodi baru yang ingin berkembang karena kemudahan perizinan melalui kewenangan otonom yang dimiliki PTN BH.

 

Source :

http://www.kompasiana.com/fauziyahdoang/apa-itu-ptn-bh_591d61c08023bdda27fd5bbb

http://news.okezone.com/read/2013/01/18/373/748421/ini-keuntungan-ptn-sandang-statuta-ptn-bh

http://opium-makassar.com/viewartikel.php?page=school2016-04-11145330


Previous post     
     Next post
     Blog home

The Wall

No comments
You need to sign in to comment

Post

By Dea Mita
Added Jul 30

Tags

Rate

Your rate:
Total: (0 rates)

Archives