Essay PTNBH from INDRI CUT NADZILA's blog

- Pengertian PTNBH

Perguruan Tinggi Berbadan Hukum (PTNBH) adalah salah satu konsep penyelenggaraan perguruan tinggi selain Satuan Kerja(SatKer) dan Badan Layanan Umum (BLU), diamana secara umum konsep ini membuat PTN mempunyai otonomi lebih untuk mengatur diri mereka sendiri, dengan tujuan kampus tersebut memiliki keleluasaan dalam menyelenggarakan rumah tangganya seperti pada Pasal 1 angka 3 Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2013 tentang Bentuk dan Mekanisme Pendanaan Perguruan Tinggi disebutkan pengertian PTN Badan Hukum adalah perguruan tinggi negeri yang didirikan oleh Pemerintah yang berstatus sebagai subyek hukum yang otonom. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia/ KBBI, pengertian dari kata ‘otonom’ adalah kelompok sosial yang memiliki hak dan kekuasaan menentukan arah tindakannya sendiri. Artinya, perguruan tinggi negeri  yang berstatus badan hukum memiliki hak dan kekuasaan untuk menentukan arah penyelenggaraan pendidikan tinggi. Arah penyelenggaraan pendidikan tinggi di sini dimaknai bahwa tetap menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi. Selanjutnya, Pasal 65 ayat 4 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 menyatakan Pemerintah memberikan penugasan kepada PTN badan hukum untuk menyelenggarakan fungsi Pendidikan Tinggi yang terjangkau oleh Masyarakat. Dari bunyi pasal ini dapat dikatakan bahwa statuta badan hukum yang diberikan kepada perguruan tinggi negeri bertujuan agar terciptanya kepastian mendapatkan pendidikan tinggi bagi masyarakat. Selanjutnya, penjelasan pasal ini menyebutkan PTN badan hukum merupakan PTN yang sepenuhnya milik Negara dan tidak dapat dialihkan kepada perseorangan atau swasta. Untuk melaksanakan fungsi Pendidikan Tinggi yang berada dalam lingkup tanggung jawab Kementerian, Pemerintah memberikan kompensasi atau menanggung sebagian biaya yang telah dikeluarkan oleh PTN badan hukum. Artinya, meskipun suatu PTN badan hukum diberikan keleluasaan secara otonom untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi, namun hakiki status kepemilikan tetap sepenuhnya milik Negara, dan penyelenggaraan pendidikan tinggi tidak dapat dipisahkan dari tanggung jawab Negara. Dengan kata lain, penyelenggaraan pendidikan tinggi tidak boleh dijadikan komersial dan berorientasi pasar apapun bentuk perguruan tingginya.

-keunggulan PTNBH dibanding BLU

PTNBH memiliki keunggulan di banding BLU yaitu pada pengolahan keuangan . Dalam pengolahan Keuangan Perguruan Tinggi  Negeri Badan Hukum (PTNBH) merupakan solusi bagi Perguruan Tinggi Negeri karena lebih fleksibel dan memberikan otonomi yang lebih besar dalam kegiatan akademik dan non akademik. Dengan adanya pengolahan ini,pengelolaan PTN lebih fleksibel dan mengurangi beban oprasional  perguruan tinggi yang di tanggung oleh pemerintah karena fleksibelitas prolehan sumber dana oleh PTNBH

-Positif dan Negatif dari PTNBH

Dampak positif dari PTNBH ini ialah ia dapat membuka sendiri prodi yang diinginkan ,memiliki kewenangan untuk bekerjasama pada pihak Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan memungkinkan pemerintah untuk menetapkan kebijakan secara tegas terhadap perguruan tinggi. Dampak Negatif dari PTNBH ialah Kampus PTN-BH punya kewenangan lebih dalam mengelola keuangannya, apalagi dengan adanya aktor swasta dengan bantuan finansial yang sangat menjanjikan. Tapi, ujung-ujungnya (sebagai feedback) kita harus rela melihat kampus dimasuki oleh korporasi, mendirikan bangunan yang tak seharusnya ada. Anggaplah seperti bangunan restoran cepat saji atau kedai kopi kemahalan seperti yang saya mimpikan itu. Bagi mahasiswa berkantong tebal, makan di tempat seperti itu tentu saja tak masalah. Tapi bagaimana dengan mahasiswa yang berkantong cekak dan keuangan pas-pasan? Kantin-kantin kecil yang biasanya ada dengan harga makanan yang sangat terjangkau dan para penjual yang menggantungkan hidupnya pada kantin ini harus berganti menjadi tempat makan dengan harga yang selangit.

-Kesimpulan

Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) ialah perguruan tinggi yang memiliki otonomi lebih untuk mengatur diri mereka sendiri yangmana peraturannya tidak ditetapkan oleh pemerintahan sehingga PTNBH ini  memberikan kemandirian dalam kebijakan dalam berbagai bidang.

sumber :

 http://papppub.id/article/post/sekilas-perguruan-tinggi-negeri-badan-hukum-ptnb

https://thietisdyrahma.wordpress.com/2014/12/01/ptn-badan-hukum/  

http://www.unpad.ac.id/2014/06/ketua-bpk-ri-ptn-badan-hukum-lebih-fleksibel-dan-memberi-otonomi-lebih-besar/


Previous post     
     Next post
     Blog home

The Wall

No comments
You need to sign in to comment

Post

By INDRI CUT NADZILA
Added Jul 30

Tags

Rate

Your rate:
Total: (0 rates)

Archives