PTNBH from Adinda Kusparyanti's blog

PTN-BH

Adinda Kusparyanti-Perpustakaan

Perguruan tinggi negeri badan hukum (PTN-BH) adalah perguruan tinggi yang didirikan oleh pemerintah yang berstatus sebagai badan hukum publik yang otonom. Dahulu dikenal sebagai Badan Hukum Milik Negara (BHMN) dan Badan Hukum Pendidikan (BHP).PTNBHmerupakan  salah satu konsep penyelenggaraan perguruan tinggi selain Satuan Kerja (SatKer) dan Badan Layan Umum (BLU), dimana secara umum konsep ini membuat perguruan tinggi negeri (PTN) mempunyai otonomi lebih untuk mengatur diri mereka sendiri, dengan tujuan kampus tersebut memiliki keleluasaan dalam menyelenggarakan rumah tangganya awalnya dibentuk untuk memberikan akomodasi kebutuhan khusus dalam rangka privatisasi pendidikan tinggi yang memiliki karakteristik tersendiri, khusus nya sifat non-profit walaupun berstatus badan usaha.Kampus yang berkedudukan sebagai PTN-BH memiliki banyak keleluasaan dalam pengelolaanna. Kampus diberi hak untuk menentukan besaran biaya pendidikan yang ditanggung,membuka dan menutup jurusan,fakultas,atau prodi,mengankat dan memberhentikan dosen,kampus diberi keleluasaan uantuk membuka usaha/pemanfaatan asset dan bekerja sama dengan pihak luar.berbeda dengan BLU yang masih harus melalui sarat procedural di kemeterian.

Dalam penerapannya,terdapat beberapa permasalahan dalam penyelenggaraan PTN-BH tersebut karena setelah beberapa kampus berganti status menjadi PTN-BH. Contohnya dalam hal keuangan di salah satu PTN,dimana Negara memberikan kewenangan lebih dalam pengaturannya maka PTN dapat menyesuaikan keuangannya dengan lebih leluasa sesuai kebijakan PTN tersebut. Tetapi dengan adanya PTN-BH justru membuat biaya ang dikeluarkan menjadi meningkat. Dengan naiknya uang kuliah,maka akan semakin sulit masyarakat yang ada dilapisan bawah untuk dapat mengakses pendidikan tinggi. Dan kebijakan tersebut tidak dapat disamaratakan dengan PT lain di Indonesia karena masing-masing memiliki permasalahan yang berbeda

 

KESIMPULAN

PTN-BH diberikan keleluasaan untuk menyelenggarakan perguruan tinggi secara otonom untuk menghasilkan perguruan tinggi yang bermutu. PTN-BH memberikan kemandirian pengelolaan perguruan tinggi dalam berbagai bidang.

 

#FISIPTANGGUH

 

SUMBER

https://id.wikipedia.org/wiki/Perguruan_Tinggi_Negeri_Badan_Hukum

http://pappub.id/article/post/sekilas-perguruan-tinggi-negeri-badan-hukum-ptnbh

https://kabangoran.wordpress.com/2015/05/14/status-ptn-bh-tak-selamanya-membawa-keuntungan/

http://koridorhitam.blogspot.co.id/2014/04/sekilas-uu-pt-ukt-dan-ptn-bh.html


Previous post     
     Next post
     Blog home

The Wall

No comments
You need to sign in to comment

Post

By Adinda Kusparyanti
Added Jul 30

Tags

Rate

Your rate:
Total: (0 rates)

Archives