CONTENT 1 : PTNBH from Anggytha Putrie Alvio Mahho Ghanny's blog

Pengertian PTNBH

 

PTNBH (Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum) adalah perguruan tinggi negeri yang didirikan oleh pemerintah yang berstatus sebagai badan hukum publik yang otonom. Dahulu dikenal sebagai Badan Hukum Milik Negara (BHMN) dan Badan Hukum Pendidikan (BHP).

 

Keunggulan PTNBH dibanding BLU


 

Dari Segi Penetapan Status

Penetapan PTN-BH dilakukan dengan peraturan pemerintah, sedangkan penetapan PTN-BLU dilakukan dengan Keputusan Menteri Keuangan atas usul Menteri Ristek dan Dikti.

 

Dari Segi Penetapan Tarif  Layanan
Untuk tarif biaya dan layanan, tarif layanan BLU ditetapkan oleh Menteri Keuangan berdasar usulan pimpinan BLU dengan mempertimbangkan aspek kontinuitas dan pengembangan layanan, daya beli masyarakat, asas keadilan dan kepatutan, serta kompetisi yang sehat.

PTN Badan Hukum menetapkan tarif biaya pendidikan berdasarkan pedoman teknis penetapan tarif yang ditetapkan menteri. Dalam penetapan tarif, PTN Badan Hukum wajib berkonsultasi dengan menteri. Tarif biaya pendidikan ditetapkan dengan mempertimbangkan kemampuan ekonomi mahasiswa, orang tua mahasiswa, atau pihak lain yang membiayai mahasiswa.

 

Dari Segi Aset

Aset BLU merupakan aset yang harus dikonsolidasikan dalam BMN, sedangkan aset yang diperoleh dari usaha PTN BH menjadi aset PTN BH yang merupakan aset negara yang dipisahkan, sementara aset berupa tanah yang berada dalam penguasaan PTN BH yang diperoleh dari APBN merupakan barang milik negara.

 

Dari Segi Otonomi Kampus

PTN-BH dapat mandiri dalam membuka dan menutup program studi yang ada di lembaganya, sedangkan PTN-BLU tidak bisa.

 


Dampak Positif PTNBH


Memiliki wewenang membuka sendiri prodi yang diinginkan. Tak hanya itu, PTN juga memiliki kebebasan untuk bekerjasama dengan pihak-pihak swasta untuk mengembangkan usaha tersebut. Mahasiswa yang telah menyelesaikan masa studinya juga memiliki kesempatan lebih besar untuk memenangkan persaingan ketat di dunia kerja.



Dampak Negatif PTNBH


Adanya kekuasaan dan uang dapat membutakan para petinggi-petinggi berdasi lupa dengan amanah yang sedang ia emban.



KESIMPULAN


PTNBH (Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum) adalah perguruan tinggi negeri yang didirikan oleh pemerintah yang berstatus sebagai badan hukum publik yang otonom. PTNBH ini ada beberapa keunggulan yang dimiliki dibandingkan dengan BLU. PTNBH juga memiliki dampak positif dan negatif dalam pelaksanaannya.


Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Perguruan_Tinggi_Negeri_Badan_Hukum

http://www.kopertis12.or.id/2016/05/16/seputar-ptn-bh-ptn-blu-ptn-satker-dan-ptn-baru.html

http://www.lpminstitut.com/2016/11/orientasi-di-balik-status-ptn-bh.html



Previous post     
     Next post
     Blog home

The Wall

No comments
You need to sign in to comment

Post

Rate

Your rate:
Total: (0 rates)

Archives