User blogs

Alfrida Ayu Setiarto
Nama: Alfrida Ayu Setiarto

TTL: Cilacap, 06 November 2000

Alamat: Perum Tegalasri Jalan Baruna Timur 5 No 193 Cilacap 

Prodi: D3 Manajemen Administrasi

Tahun Angkatan: 2018

Alfrida Ayu Setiarto Aug 10 · Comments: 1 · Tags: #gamacakra #, #pkkmbfisip2018
Mentari Fiuna Zulfa Salsabilla
Nama : Mentari Fiuna Zufa Salsabilla

TTL: Ngawi, 15 Maret 2000

Alamat: RT 01/ RW 08 Ds. Kendal Kec. Kendal Kab. Ngawi

Prodi: D-3 Komunikasi Terapan minat Penyiaran

Tahun Angkatan: 2018

Eka Tiyas Astuti

Universitas Sebelas Maret atau yang biasa disingkat UNS ini adalah tempat belajarku selanjutnya. Resmi berdiri dan menjadi universitas negeri pada 11 Maret 1976. Bertempat di Solo, lebih tepatnya di jalan Ir. Sutami 36 Kentingan, Jebres, Surakarta.

UNS memiliki 10 Fakultas, yaitu Fakultas Seni Rupa dan Desain, Fakultas Ilmu Budaya, Faultas Kedokteran, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, dan Fakultas Hukum. Universitas yang masih akan selalu memperbaiki diri ini, menyediakan jenjang pendidikan diploma, sarjana, magister, bahkan doktoral.

Fasilitas yang disediakan oleh kampus diantaranya, tempat ibadah, perpustakaan, medical centre, hotspot area, bus kampus, UNS pers, UNS Inn, serta asrama mahasiswa. Dengan adanya fasilitas-fasilitas tersebut, diharapkan dapat mempermudah para aktivis kampus dalam melaksanakan kegiatannya.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di kampus UNS terletak di bagian paling belakang pojok kanan. Fakultas yang di penuhi ilmu-ilmu dalam bentuk sosial ini memiliki beberapa prodi yaitu, d3 komunikasi terapan, d3 perpustakaan, d3 manajemen administrasi, sarjana sosiologi, ilmu komunikasi, administrasi publik negara, hubungan internasional, pasca-sarjana sosiologi, ilmu administrasi publik, ilmu komunikasi, dan doktor ilmu komunikasi.

Prodi D3 komunikasi terapan, dibagi lagi menjadi tiga bidang minat, yaitu penyiaran, periklanan, dan hubungan masyarakat.

Dalam setiap keputusan yang diambil, pasti ada alasan di balik itu. Saya tidak banyak berpikir saat memilih UNS. Sederhana saja, karena sepertinya tempatnya sejuk. Sejak awal, saya sebenarnya memilih tempat belajar yang sejuk. Karena semenjak SMP, semua tempat pendidikan yang saya tempati banyak pohonnya, termasuk sekolah adiwiyata. Jadi, saya sengaja memilih UNS dengan alasan yang sederhana. Selain itu, karena letaknya di Solo, saya berharap akan lebih banyak menemukan kebudayaan lokal disini. Sungguh, saya termasuk orang yang menyukai kebudayaan nusantara.

Jika ada orang yang menanyai saya kenapa memilih fisip, maka pada detik itu juga, saya berpikir hingga beberappa menit ke depan. Di otak saya terjadi perdebatan antar banyak pihak. Saya sendiri tidak begitu mengerti kenapa bisa di fakultas ini, apalagi saya waktu SMA adalah anak Sains. Setidaknya saya mengerti satu hal. Kenapa saya memilih fisip? Ini semua karena prodi penyiaran berada di dalamnya. Dan setelah sekian lama berdebat, saya mengerti lagi satu hal. Saya berada disini, karena saya ingin lebih memahami apa yang dirasakan manusia, apa yang dipikirkan manusia, seperti apa kehidupan sosial itu, bagaimana bisa kehidupan sosial terjadi, dan sesuatu yang seperti itu. Intinya, saya ingin lebih memahami tentang unsur sosial setelah setidaknya mengetahui unsur alam.

Prodi yang saya pilih adalah penyiaran atau broadcasting. Satu pertanyaan muncul lagi, kenapa saya memilih prodi ini? Apa yang saya harapkan? Sebetulnya sejak SNMPTN hingga SBMPTN, pilihan pertama saya adalah teknik fisika. Setelah saya di tolak dua kali dan satu kali pada geofisika, saya akhirnya banting setir ke penyiaran. Alasannya karena kuliahnya tidak membutuhkan waktu yang lama. Serta setelah lulus dari sini, saya pastinya telah mendapatkan banyak pengetahuan dan keterampilan yang akan membantu saya dalam bekerja.

Prospek kerja prodi ini menurut saya diantaranya, bisa menjadi jurnalis, produser, sutradara, penulis skenario, dan lainnya yang belum saya ketahui. Saya berharap semoga kesuksesan saya bisa dimulai dari D3 Penyiaran ini.

Eka Tiyas Astuti Aug 11 · Comments: 1