User blogs

Tag search results for: "#fisipuns"

Kamis, 10 Agustus 2017, kami dari kelompok Che Guevara yang beranggotakan

1.      Aditya Dwi Prasetyo ( ketua )

2.      Muhammad Gavindra Rahmadika

3.      Fany Rohmah Probosari

4.      Milvania Citantya

5.      Vania Madina Rilanto

6.      Sofa Miftakhul Iza

7.      Deandra Aurellia Dewanti

8.      Mazaya Ardelle Herwibowo

9.      Valentinus Rekho Ananda Wijaya

10.  Radian Putra Ramadhan

11.  Zein Ibnu Wiguna

12.  Dandi Agus Nugraha

13.  Ariska Putri Nurjanah

14.  Beatrix Marcella Lourdes Imelda Boro

15.  Arina Mardhiyana Husna

16.  Della Ayu Kartika S

17.  Widi Alip Sayyidzi Purnomo

18.  Rifki Rositasari

serta kakak pendamping kami Hasnah Udianingrum berkunjung ke salah satu pasar tradisional di kota Surakarta yaitu Pasar Kabangan.

            Pasar Kabangan merupakan salah satu pasar spesifik yang ada di Solo, yang terletak di sebelah utara Kampoeng Batik Laweyan tepatnya di Jl. Dr. Radjiman No. 519, Sondakan, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Pasar Kabangan berdiri sejak tahun 1980, pada waktu itu pasar Kabangan di kenal dengan nama pasar Laweyan yang menyediakan beraneka bumbu-bumbu pawon dan juga sayuran, setelah direvitalisasi pada tahun 2004-2005 pasar ini resmi dinamakan pasar Kabangan yang khusus menjual barang-barang kebutuhan rumah tangga. Sementara para pedagang bumbu pindah ke Pasar Jongke.

Pasar Kabangan memiliki sebutan lain yaitu pasar seng yang mengacu pada barang dagangan yang sebagian terbuat dari seng. Seperti yang telah diketahui pasar Kabangan merupakan pasar yang khusus menjual alat-alat rumah tangga seperti dandang, ceret, panci, kuali, kompor minyak, peralatan membuat kue seperti oven, Loyang, dan masih banyak lagi. Namun selain itu di Pasar Kabangan juga banyak menyediakan peralatan lain seperti tong sampah, tempat air atau minyak ( derigen ), ember, drum-drum plastik, ember, ikrak,dan lain sebagainya. Jika kita ingin berbelanja alat rumah tangga tidak ada salahnya untuk datang ke Pasar Kabangan karena harga disitu cukup terjangkau dan kualitasnya juga cukup baik.

Kebanyakan barang-barang yang dijual di Pasar Kabangan adalah barang jadi yang dipasok dari luar kota Surakarta. Namun, tidak sedikit yang di produksi sendiri oleh para pedagang yang ada di Pasar Kabangan. Walau memproduksi sendiri, kualitas dan mutu hasil produksi dari pasar ini terbilang cukup bagus dan tidak kalah dengan produk dari daerah atau negara lain. Dan harganya sangat terjangkau bagi semua kalangan masyarakat yang ingin membelinya.

Di sisi lain ada beberapa kekurangan pada Pasar Kabangan yang mengurangi minat para pembeli yaitu karena keadaan pasar yang becek dan kumuh di karenakan untuk mencuci drum dan drigen yang menyebabkan air menggenang dan berbau tidak sedap. Tatanan ruangnya juga kurang rapi, bentuk fisik bangunan hanya berupa los dan atap menyesuaikan komoditas.

Alasan kelompok kami memilih Pasar Kabangan untuk di jadikan lokasi berfoto karena pasar ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan pasar tradisional lainnya yaitu dari segi barang yang diperjual belikan di pasar ini hanya khusus menyediakan alat rumah tangga, drum dan drigen tidak seperti pasar tradisional biasanya yang menjual bumbu pawon dan sayuran. Yang mana di Pasar Kabangan ini Seluruh isi pasar dari luar sampai dalam dan sekelilingnya hanya ada peralatan rumah tangga dan drum-drum besar yang siap dipasarkan. Ada juga derigen-derigen untuk wadah air. Selain itu ada pula hasil produksi yang berupa tempat membuat pupuk atau komposter yang dibuat sendiri oleh pedagang yang ada di Pasar Kabangan. Keunikan tersebutlah yang menjadikan alas an kelompok kami memilih Pasar Kabangan untuk dijadikan lokasi untuk memenuhi tugas kelompok kami.


Dear Indonesia,


            Aku adalah salah satu dari 261.000.000 (Dua Ratus Enam Puluh Satu Juta) Jiwa di dirimu. Sudah 18 tahun 7 bulan aku tinggal di Indonesia. Aku ingin mengucapkan banyak terimakasih untukmu Indonesia. Banyak sekali hal yang kualami selama itu, dari duka maupun suka. Banyak hal menarik yang ada di Indonesia, dari budayanya, sukunya, bahasanya, makanannya, orang-orangnya, dan lain-lain. Dari kebergamanmu itu, tak jarang menyebabkan munculnya hal baru yang tentu menambah keberagamanmu yang membuat Indonesia menjadi lebih menarik. Banyak hal yang aneh dan unik juga ada di Indonesia, dari Bahasa gaul yang terus bertambah, makanan – makanan hits baru, retoran yang ramenya cuma di awal, jalan satu arah jadi dua arah, jalan dua arah jadi satu arah, penghina Pancasila jadi duta Pancasila, orang yang sok ngaku jendral jadi duta narkoba, dan masih banyak  banget lah keunikan dan keanehan mu. Tapi itu yang membuat dirimu berbeda dengan negara lainnya. 


          Banyak suku dan budaya dengan semboyan”Bhineka Tunggal Ika” tak dapat bertahan lama di dalam dirimu. Entah apa yang membuatnya pudar sedikit demi sedikit, waktu demi waktu, terpecah dan terbelah dengan menjunjung tinggi nilai kelompok masing dan seakan memandang kelompok atau golongannya lah yang paling sempurna. Sangat disayangkan mengingat perjuangan para pahlawan untuk memperjuangkan dirimu. Namun, nilai akan perjuangan itu seakan sudah tidak dianggap lagi oleh generasi sekarang. Fenomena-fenomena aneh mulai bermunculan di dalam dirimu. Membawa-bawa nama AGAMA HANYA UNTUK KEPENTINGAN POLITIK. Pantaskah hal itu terjadi padamu? Apa yang membuat rakyatmu seperti itu? Aku rindu akan ketenanganmu, Indonesia. Aku rindu akan kenyamananmu, Indonesia. Aku rindu akan keharmonisanmu, Indonesia. Aku rindu akan dirimu yang menjunjung tinggi Bhineka Tunggal Ika.

Korupsi. Adakah kata tersebut di benakmu, Indonesia? Ya, memang hal tersebut sudah ada sejak dulu. Hal yang tidak seharusnya terjadi pada dirimu kan? Aku pun juga berpikir demikian. Mental dan moral rakyatmu yang kurang baik (buruk) yang membuat dirimu menjadi buruk, ya bukan semua rakyatmu, tapi beberapa oknum yang membuat citramu menjadi buruk. Korupsi selalu hadir dari waktu ke waktu, semakin banyak menjerat orang. Dari orang yang memang sudah berniat untuk korupsi dan juga orang yang memang sengaja di jebak untuk terlibat korupsi. Taka sing apabila pejabat-pejabat tinggi negara yang terkena kasus korupsi. Apakah mereka tidak memikirkan tentang dirimu (Indonesia)? Mereka pikir mereka itu siapa? Bisa duduk manis di kursi jabatan kalau bukan karena dipercaya rakyat. Para pemberantas korupsi yang “bersih” tak jarang menjadi sasaran para koruptor. Mereka (koruptor) selalu saja mencari cara agar dapat menghalangi langkah KPK “menyapu” koruptor. Contoh yang paling baru di negaramu ini yaitu kasus Novel Baswedan. Beliau adalah salah satu pemimpin KPK yang didzolimi. Entah siapa yang tega melakukan itu, menyiramkan air keras ke wajah beliau yang membuat wajahnya rusak sebagai langkah untuk menghentikan usaha beliau memberantas korupsi di negara Indonesia. 

Seiring juga dengan globalisasi, aku sebagai warga negaramu selama 18 tahun, banyak menyaksikan perubahan-perubahan yang terjadi. Kegotong-royonganmu sudah jarang sekali terlihat, terutama di daerah perkotaan. Begal, pemerkosaan, perampokkan, pencurian, pencabulan, narkoba, pembunuhan, dan kasus lainnya semakin marak terjadi belakangan ini. Apa Karena moral rakyatmu yang perlu dipertanyakan atau memang sepenuhnya pengaruh globalisasi? Aku rindu akan ketenanganmu, Indonesia. Aku rindu akan kenyamananmu, Indonesia. Aku rindu akan keharmonisanmu, Indonesia.


           Namun, dari semua kekurangan dari dirimu itu ada pula kelebihan yang ada pada dirimu. Keberagaman budaya dan sukumu juga sudah sampai ke manca negara. Bahkan ada negara yang memperlajari kebudayaanmu, contohnya Jerman. Jerman mengadakan kursus dan kelas ekstrakulikuler bagi siapapun untuk belajar gamelan, wow hebat bukan? Siapa sangka budayamu bisa menjadi hal yang dipelajari hingga ke negara eropa. Dan generasi-generasi muda penerus bangsamu sudah banyak berprestasi di bidang olahraga, akademik, budaya, teknologi, dan lain-lain. Contohnya sudah banyak generasi muda Indonesia yang juara di ajang debat internasional, generasi muda yang menjadi perwakilan PBB, juara badminton tingkat dunia, dan masih banyak lagi. 

Meski dengan segala kekuranganmu, tak akan aku berpaling darimu hahaha. 

  

           Terimakasih Indonesia, atas segalanya yang telah kau berikan padaku. 18 tahunku indah ku jalani di Indonesia, suka dan duka yang kurasakan di Indonesia membuatku bangga. Tetaplah menjadi Indonesiaku yang aku banggakan, Indonesia yang aman, tentram, nyaman, harmonis, beragam, dan rukun. Berusahalah semaksimal mungkin membenahi segala kekurangan yang terjadi di Indonesia. Aku bangga menjadi Indonesia!

SURAT UNTUK INDONESIA

            Negara Indonesia adalah negara yang memilik banyak keragaman suku bangsa dan budaya, serta memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah.Oleh karena itu, banyak terjadi hambatan, tantangan, ancaman, dan gangguan (HTAG) di Indonesia, baik yang berasal dari dalam negeri maupun dari luar negeri.Hambatan, tantangan, ancaman, dan gangguan (HTAG) tersebut antara lain adalah banyaknya gerakan separatis, sering terjadinya ketimpangan ekonomi dan sosial, maraknya kasus KKN (Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme), terjadinya pelanggaran wilayah tertentu, dan sebagainya yang dapat mengancam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Di Indonesia sendiri, dari tahun ke tahun dan bahkan sampai saat ini pula banyak sekali terjadi perubahan dan masalah dalam bidang ekonomi, sosial, budaya, politik, pertahanan dan keamanan. Dalam bidang ekonomi, masalah yang terjadi pada saat ini adalah rendahnya pertumbuhan ekonomi, banyaknya kemiskinan, maraknya penggangguran, terjadi kesenjangan penghasilan, semakin meningkatnya inflasi, menumpuknya hutang di luar negeri, APBN yang selalu mengalami defisit, kurangnya akan kemampuan dalam mengelola sumber daya alam, harga pangan yang selalu meroket tiap tahunnya, dan terjadinya pembangunan yang cenderung tersentralisasi. Kemudian di dalam bidang sosial budaya, masalah yang terjadi sampai saat ini adalah tingkat pendidikan dan kesehatan yang rendah, terjadi kesenjangan sosial di dalam masyarakat, berubahnyacara berpakain dan pola hidup, serta semakin maraknya perilaku menyimpang seperti meningkatnya kenakalan remaja, kriminalitas yang tinggi, penyalahgunaan narkotika, pelecehan seksual serta perdagangan manusia. Sedangkan dalam bidang politik adalah merajalelanya KKN (Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme) yang dilakukan oleh para politisi negeri ini sendiri, kebiasaan suap menyuap dalam kegiatan pemilu, sering terjadinya pelanggaan dalam hak berpolitik, dan masih banyak lagi. Dan yang terakhir adalah masalah yang terjadi di dalam bidang pertahanan dan keamanan adalah banyaknya gerakan separatis baik yang bersenjata maupun tanpa senjata, konflik mengenai perbatasan Indonesia, adanya terorisme, dan kejahatan lintas negara.

Walaupun negara Indonesia dari tahun ke tahun memiliki banyak masalah dan sering mengalami perubahan pada bidang ekonomi, sosial, budaya, politik, pertahanan dan keamanan, saya yakin bahwa Indonesia dapat melewati dan menuntaskan segala masalah dan perubahan tersebut. Saya juga mempunyai beberapa harapan dan cita-cita terhadap Indonesia untuk kedepannya, yaitu saya berharap Indonesia tetap menjadi negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.Bukan hanya sebuah gelar, kata maupun tulisan yang berada dalam alinea-2 dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara 1945, tapi saya sangat berharap bahwa negara Indonesia dapat membutikan hal tersebut. Selain itu, harapan saya lainnya adalah saya berharap negara Indonesia dapat meningkatkan martabat dan harga diri bangsa serta keutuhan dan kedaulatan NKRI, semakin meningkatkan tata kelola pemerintahan dan pembangunan, semakin berkembangnya sistem dan strategi pertahanan, lebih meningkatkan rasa toleransi, kerukunan dan hubungan antar umat beragama, lebih membenahi dan meningkatkan dalam penegakan hukum, dapat melakukan peninjaun kembali mengenai peraturan-peraturan yang kurang kondusif, dapat membangun lingkungan hidup yang lebih terintegrasi dari tahun-tahun sebelumnya, dapat mempercepat dan meratakan pembangunan infrastruktur, semakin memajukan kesejahteraan umum, dapat mencerdaskan kehidupan bangsa dengan meningkatkan tingkat pendidikan di dalam masyarakat, dan dapat menuntaskan reformasi bangsa demi tercapainya kemajuan bangsa Indonesia.

Kemudian, sebagai mahasiswa saya akan melakukan beberapa hal untuk meraih cita-cita dan harapan yang saya inginkan terhadap bangsa Indonesia, yaitu dengan caramenjadikan diri saya sendiri menjadi pribadi yang tangguh dan dapat menjadi cerminan bagi orang lain terlebih dahulu. Setelah itu, saya akan melakukan hal-hal yang berguna untuk meraih cita-cita dan harapan bangsa Indonesia yang sesuai dengan profesi, gelar dan kemampuan yang saya miliki. Selain itu, sayaakan mendukung hal-hal positif yang dilakukan oleh pemerintah atau masyarakat dalam mengurangi atau bahkan untuk menuntaskan masalah-masalah yang dihadapi oleh bangsa Indonesia, saya juga akan menyalurkan pendapat saya demi tercapainya harapan dan cita-cita bangsa Indonesia.

SURAT UNTUK INDONESIA

    Sebentar lagi 17 agustus nih, hmm… ada apa ya? Hayo siapa yang tau? Ya benar , sebentar lagi negara kita tercinta ini ulang tahun loh a.k.a hari kemerdekaan Indonesia yang ke-72 . Pasti ga sabar kan , dengan acara acara yang biasa akan di lakukan dalam menyambut kemerdekaan, mulai dari upacara, lomba ala 17-an , dan lain sebagainya .

     Ngomong-ngomong hari kemerdekaan kita nih ya, saya sangat terkesan dengan pemerintahan Jokowi pada tahun 2016. Karna bapak Jokowi menyuguhkan hal-hal yang serba baru. Misalnya, adanya kereta kencana dari keraton, iring-iringan berbagai baju adat seluruh Indonesia, permainan mayoret yang mengesankan, dan lain sebagainya.

    Hmm… Pemerintahan Jokowi juga belakangan ini mulai membuat Indonesia semakin maju. Baik dari aspek ekonomi, politik , keamanan negara , kesejahterahan rakyat , sosial , dan lainya. Walaupun setahun kebelakang ini tidak sesempurna ekspetasi, tapi sudah bisa dikatakan ada kemajuan dari tahun-tahun sebelumnya.

    Saya sangat berharap Indonesia dikemudian hari semakin mengedepankan persatuan dan kesatuan tanpa mengedepan ego masing-masing pihak, yang dapat menimbulkan perpecahan negara, yang biasanya mengatas namakan SARA . Seharusnya , kita sebagai negara yang memiliki beragam perbedaan dapat menjunjung tinggi rasa cinta tanah air yang lebih , yang dapat di luapkan dalam banyak hal. Contohnya, dalam hal pendidikan , kebudayaan, potensi pariwisata, agama,sosialisasi dua arah yang baik, dan lainnya.

    Saya juga sangat berharap, Indonesia menjadi negara yang aman dan tentram, meratakan pembangunan sosial diseluruh wilayah Indonesia , dibentuknya kebijakan-kebijakan pemerintah yang dapat mensejahterahkan rakyat,dapat mempromosikan pariwisata Indonesia yang sangat berpotensi, mengutamakan kesehatan masyarakat yang kurang mampu sampai tidak mampu dan lain hal nya.

    Saya sebagai mahasiswi FISIP UNS , ingin mengambil andil dalam menjaga persatuan yaitu dengan cara menjadi mahasiswi yang aktif dan menjadi manfaat bagi banyak orang dikemudian hari, taat akan aturan hukum,menjunjung tinggi nilai solidaritas dalam menjaga kebhinekaan negara,tidak egois,mulai peka terhadap lingkungan sekitar dan banyak hal lain yang bermanfaat bagi semuanya yang kiranya positif dan dapat membantu orang sekitar demi terwujudnya Indonesia yang bersatu.

    Demikian surat saya untuk Indonesia,semoga semua hal yang di impikan seluruh rakyat Indonesia dapat terwujud sebaik-baiknya. Karna , masih banyak rakyat yang belum merasakan kemerdekaan yang seutuhnya. Ini adalah mimpi saya , mana mimpi-mu demi sang negri?

CONTENT 1

PTNBH


Perguruan Tinggi Berbadan Hukum (PTNBH) adalah salah satu konsep penyelenggaraan perguruan tinggi selain Satuan Kerja (SatKer) dan Badan Layan Umum (BLU), dimana secara umum konsep ini membuat perguruan tinggi negeri (PTN) mempunyai otonomi lebih untuk mengatur diri mereka sendiri, dengan tujuan kampus tersebut memiliki keleluasaan dalam menyelenggarakan rumah tangganya seperti pada pasal 1 ayat 3 Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2013 tentang Bentuk dan Mekanisme Pendanaan Perguruan Tinggi disebutkan pengertian PTN berbadan hukum adalah perguruan tinggi negeri yang didirikan oleh Pemerintah yang berstatus sebagai subyek hukum yang otonom. Dalam KBBI kata otonomi memiliki arti pemerintahan sendiri, atau suatu hak, wewenang, dan kewajiban daerah untuk mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Manfaat Perubahan Menjadi PTN-BH, Perubahan sistem pendidikan tinggi terjadi di berbagai negara dan perubahan tersebut umumnya meliputi kebutuhan untuk otonomi yang lebih luas. Perubahan tersebut tidak terjadi tanpa adanya ketegangan. Oleh karena itu seluruh pelaku perubahan harus yakin akan nilai/hakekat/norma perubahan tersebut, paling tidak ditinjau dari perspektif kepentingan nasional dan bukan dari perspektif kepentingan individu. Seperti halnya di berbagai negara, pemahaman nilai/hakekat/norma perubahan tersebut ternyata masih rancu dan rentan terhadap penyalah gunaan.


Menjadi PTN BH mungkin memiliki keuntungan tersendiri bagi PTN dan seluruh civitas akademi. Namun disisi lain risiko besar juga bisa saja terjadi karena keleluasan yang diberikan. Di sinilah kualitas seorang pemimpin menentukan keberhasilan untuk mewujudkan PTN yang berkualitas dibutuhkan pula pemimpin yang berkualitas.
Status sebuah PTN tidak akan ada artinya jika tidak dibarengi dengan kualitas yang menjadi jaminan. Sejatinya, peningkatan status itu sebagai pembuktian keunggulan suatu PTN di banding dengan yang lainnya. Disitulah peran petinggi-petinggi kampus diperhitungkan. Bukan untuk mengeruk kekayaan dengan kekuatan yang ia genggam. Disitu pula kesadaran hati nurani individu berbicara.

jadi kesimpulannya penting untuk adanya ptnbh

CONTENT 1 ( MENCERITAKAN AWAL MULA MASUK UNS DAN MEMILIH PRODI)


Okei, saya akan menceritakan awal mula saya bisa masuk dan alasan memilih prodi D3 Penyiaran. Jadi tuh awal saya cari aman untuk daftar D3 ( JAGA2 SAAT GA KETERIMA SNMPTN). Nah datar D3 ternyata bayar, terus saya mikir untuk ikut atau tidak. Akhirnya, saya memilih ikut dan saya daftar di saat mau tutup. Sebelumnya saya minta uang ke papa saya untuk daftar, eh tapi malah papa saya ngomel-ngomel katanya sekalian aja kuliah di Univ Papua WKKWKWKWKW ( Soalya gaboleh jauh2).  Habis itu saya minta uang ke mama saya aja dan saya jelasin uangnya untuk apa. Akhirnya mama saya mendukung dan dikasih deh uangnya.. dan besoknya saya daftar, isi data abis itu cek prodi nya apa aja. terus banyak pilihannya dari management,akuntasi,humas,periklanan,penyiaran DLL. Dari sekian banyak prodi bukan bidang saya dan saya tidak tertarik. hanya satu yang sesuai bidang saya yaitu D3 KOMUNIKASI minat utama PENYIARAN. karena bidang saya akhirnya pilih itu. tapi saya ga berharap keterima, Biasa aja sih.. soalnya kalau ga dapet negri tahun ini akan les dulu sambil kerja, eh pas pengumuman keterima. Alhamdulillah.. pas bgt saya di tolak snmptn.. eh pas daftar ulang hari nya sama kaya test sbm.. nah lo milih mana ikut test sbm atau daftar ulang d3 yang udah pasti keterima.. akhirnya milih daftar ulang deh.. ikut sbm belom tentu keterima jugaa. udah itu aja.. saya bangga jadi D3 FISIP UNS..

CONTENT 1


Nama: Acxmalia Try Hafni

TTL: Bekasi, 19 September 1999

Alamat: Jl.Kebon Kelapa RT 04/07 NO.74 KEC.TAMBUN KAB.BEKASI 17511

Prodi: D3 Komunikasi Terapan - Minat utama PENYIARAN

Tahun : Angkatan 2017



JIKA AKU MENJADI PEMIMPIN

Pemimpin adalah seseorang yang dengan segala kemampuannya dapat mengarahkan, membimbing, mempengaruhi atau mengawasi pikiran, perasaan dan tindakan orang lain. Sedangkan menurut saya sendiri, pemimpin adalah seseorang yang memiliki kemampuan dalam memimpin dan berperan penting dalam suatu kelompok untuk mencapai sebuah tujuan dalam kelompok tersebut. Seseorang yang menjadi pemimpin harus mempunyai beberapa karakter tertentu, seperti cerdas dalam setiap mengambil tindakan, mempunyai inisiatif yang tinggi dalam memecahkan segala masalah, selalu bertanggungjawab akan segala keputusan yang diambil, adil dalam memutuskan suatu hal, berani dalam menghadapi resiko apapun, mempunyai tingkat kejujuran yang tinggi dan mendapat kepercayaan dari semua anggotanya, serta rela berkorban demi tercapainya tujuan kelompok tersebut. Dengan beberapa karakter tersebut, pemimpin akan selalu dihormati dan disegani oleh semua anggotanya tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

            Posisi pemimpin merupakan posisi yang sangat didambakan. Tidak hanya satu atau dua orang saja, melainkan banyak orang yang menginginkan posisi tersebut tanpa memandang paras, gender dan harta yang mereka miliki. Namun, banyak para pemimpin yang salah menggunakan posisi tersebut dengan seenaknya sendiri. Ada yang hanya memikirkan akan kekuasaan, kehormatan dan kekayaan untuk kesenangan dan kepuasan diri mereka sendiri tanpa memikirkan kesejahteraan para anggotanya. Dan hanya ada beberapa dari mereka yang layak menjadi pemimpin yang baik. Hal ini disebabkan dari kepemimpinan diri dari masing-masing orang yang berbeda.

            Jika saya menjadi pemimpin, saya akan berusaha menjadi pemimpin yang dapat memimpin diri saya sendiri dan semua anggota kelompok saya dengan sebaik mungkin. Langkah awal saya jika menjadi seorang pemimpin adalah saya akan melatih dan membiasakan diri saya sendiri terlebih dahulu untuk berkarakter yang sesuai dengan karakter pemimpin yang baik, seperti melatih dan membiasakan diri untuk selalu berperilaku jujur dimanapun dan kapanpun, bertanggungjawab akan segala hal yang telah diputuskan, adil dalam memutuskan suatu hal, displin akan waktu, rela berkorban untuk kepentingan kelompok dan sebagainya. Karena berawal dengan melatih dan membiasakan jiwa kepemimpinan atau karakter suatu pemimpin dalam diri saya sendiri, maka saya akan dapat menjadi pemimpin yang baik dan berkarakter, mempunyai kredibilitas, dihormati dan disegani oleh para anggotanya, serta dapat menjadi contoh yang baik untuk sesama.

Ketika waktu itu tiba, dimana saya benar-benar menjadi seorang pemimpin, saya akan membuktikan bahwa saya layak menjadi pemimpin yang baik dan berkarakter, serta siap untuk menanggung segala beban berat seorang pemimpin meskipun saya adalah seorang perempuan. Walaupun menjadi seorang pemimpin bukanlah hal yang mudah untuk saya, terutama untuk perempuan seperti saya. Karena banyak orang memandang bahwa pemimpin laki-laki itu lebih baik daripada pemimpin perempuan. Tentunya butuh waktu yang lama untuk membuktikan bahwa saya layak menjadi pemimpin yang baik dan berkarakter, sebab pemimpin yang baik dan berkarakter tidak hanya berkembang dalam satu atau dua hari saja. Dan sebagai seorang pemimpin perempuan, saya harus benar-benar tangguh, bukan hanya secara fisik saja, tetapi juga secara psikologis dan secara emosional. Selain tangguh sebagai seorang pemimpin, saya juga akan berusaha melaksanakan hak dan kewajiban sebagai seorang pemimpin dengan sebaik mungkin, seperti berhati-hati dalam bertindak dan mengambil keputusan, mengayomi semua anggota, senantiasa memberikan motivasi bagi anggota untuk mencapai tujuan, dapat mengatasi segala tantangan yang ada dengan bijak, dan selalu mempertanggungjawabkan segala sesuatu kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Definisi kepemimpinan itu sangatlah banyak, tergantung bagaimana cara melihatnya, tergantung situasinya, tergantung konteks permasalahannya. Menurut John Quincy Adams, Presiden Amerika ke-6, “Bila tindakanmu adalah untuk menginspirasi  orang agar punya impian lebih baik, belajar lebih banyak, bertindak lebih banyak, maka kamu adalah seorang pemimpin.” Menurut Warrant G Bennais, peneliti dan pengarang buku, “Kepemimpinan adalah kemampuan untuk menerjemahkan visi menjadi kenyataan.” Dan masih banyak lagi definisi-definisi lainnya.

Kepemimpinan menurut saya adalah amanah yang harus dilaksanakan dengan baik dan penuh rasa tanggungjawab. Pemimpin itu hakikinya bukan dia yang ingin menjadi seorang pemimpin melainkan orang lain yang ingin menjadikan dia seorang pemimpin. Karena pemimpin itu adalah amanah yang paling besar dan resiko yang sangat berat untuk ditanggung nanti di dunia dan akhirat kelak.                                                                                                                                              

Dengan menjadi seorang pemimpin berarti dia telah menjadi orang pilihan. Maka yang harus dia lakukan adalah memegang amanah itu dengan sebaik-baiknya agar dapat meningkatkan kualitas orang yang dia pimpin itu. Pemimpin itu harus bisa membawa perubahan ke arah yang lebih baik bukan malah membawa pada kemunduran. Untuk membawa ke arah yang lebih baik pemimpin itu harus mempunyai visi yang jelas, pemimpin itu harus mempunyai gambaran masa depan, cita-cita keinginan yang jelas, yang menstimulasi, membangkitkan semangat dan menginspirasi dalam mewujudkan tercapainya cita cita / tujuan itu. Kemudian terus dilakukan dengan konsisten dan berusaha semaksimal mungkin tanpa mengenal lelah dan melakukan yang terbaik yang bisa  dilakukan pemimpin itu.                                                                                            

Setelah mempunyai visi yang jelas pemimpin itu harus memimpin melalui teamwork, kepemimpinan itu berhasil apabila mempunyai tim yang solid. Memimpin melalui team work tidak sekedar merekrut dan mengumpulkan orang dan diberi bagian tugas masing masing sesuai proporsinya. Lebih dari itu diperlukan kemampuan untuk mengenali karakter masing masing anggota tim, kelebihan dan kekurangan masing masing dan bagaimana kelebihan dan kekurangan itu menjadi saling melengkapi untuk kebaikan tim dalam pencapaian tujuan bersama.          

Kemudian setelah itu,  pemimpin itu harus memimpin melalui komunikasi yang baik, kejelasan menjadi  menjadi kunci bagaimana komunikasi bisa terjadi, di mana pesan disampaikan diterima sesuai tujuan dan maksud pengirim pesan sehingga umpan balik dari penerima pesan juga sesuai yang diharapkan, dari situlah terjadi dasar pemahaman yang sama sehingga kekompakan tim dapat berlangsung dalam pencapaian cita cita dan tujuan bersama.      

Lalu untuk membentuk suatu dasar kepemimpinan, seorang pemimpin itu harus mempunyai keteladan yang baik. Keteladan yang baik tidak hanya membangun orang agar seperti dirinya, akan tetapi menginspirasi orang untuk menjadi teladan yang baik bagi banyak orang di manapun dia berada.                                                                                                            

Yang terakhir adalah mepimpin itu harus berfokus pada hasil, No Excuse, seorang yang memimpin melalui fokus pada hasil akan membawa orang pada kedewasaan yang lebih tinggi, menjadikan orang orang yang dipimpinnya punya panggilan pribadi untuk bertanggungjawab atas apapun yang dilakukannya dan menerima konsekuensinya dengan jiwa kesatria, bukan untuk siapa-siapa, tetapi untuk kehormatannya sendiri.                                                                            

 Jika seorang pemimpin dapat menerapkannya maka bukan tidak mungkin akan tercipta suatu cita cita dan tujuan yang ingin dikehendaki. Melalui itulah akan terjalin suatu kerjasama yang baik antara orang yang memimpin dan orang yang dipimpin sehingga tidak dipungkiri bahwa cita cita yang ingin dicapai dapat terwujud dengan baik dan maksimal.

Maka sebelum memimpin orang lain hendaknya seorang pemimpin belajar memimpin dirinya sendiri terlebih dahulu. Situasi seperti banyak tekanan, banyak tugas bersamaan, harus berhadapan dengan berbagai macam karakter orang, dan seterusnya yang pemimpin hadapi, merupakan kesempatan untuk mengasah kedewasaan dan kepemimpinan. Untuk memperkaya hasil pembelajaran, seorang pemimpin juga harus membekali dirinya dengan banyak membaca banyak berguru, dari yang sudah berpengalaman, mengikuti seminar dan sebagainya.