User blogs

Tag search results for: "#fisiptangguh"
Sebelumnya aku sama sekali nggak pernah kepikiran bakal kuliah di UNS karena jujur dulu aku ambisius banget pengen kuliah di UGM.Tapi Allah berkendak lain, mungkin takdirku dan rezeki ku udah ada di UNS seperti sekarang ini,karena bagaimanapun juga aku tetap bersyukur bisa diterima disini karena banyak juga dari teman2ku yang belum diterima di ptn manapun.Jadi awalnya aku kemaren masuk UNS itu karena usul dari kakak ku,jadi kemaren itu aku dinyatakan nggak lolos di SNMPTN,PTK,SBMPTN dan yang terakhir UTUL UGM 1. Yah saat itu kondisiku bener2 down,harapan bisa kuliah di kampus dan jurusan impian lenyap sudah. Rasanya bener2 kecewa sama diri sendiri, ,butuh beberapa hari buat aku nenangin diri, nyusun strategi buat bangkit lagi. Dan setelah beberapa hari merenungi semuanya,aku berhasil nemuin titik kesalahan dan kegagalanku dimana,dan yups ternyata sumber dari semuanya adalah egoku,sifat ambisiusku,yang sama sekali nggak realistis. Setelah aku menyadari semuanya,aku bener2 bangkit, dalam pikiranku cuma satu,tahun ini aku nggak mau menyia-nyiakan kesempatanku buat bisa kuliah di ptn,nggak peduli di ptn mana dan jurusan yang mungkin bukan jurusan yang bener2 aku pengen banget tapi asalkan aku lolos dan diterima(pastinya dengan jalan yang baik),aku bakal jalanin disitu dengan sebaik mungkin,karena apa? setelah aku pikir panjang,sebenernya manusia itu nggak tau apa2 tentang takdirnya,aku nggak tau univ mana jurusan apa yang sebenernya terbaik buat aku,disini aku bener2 bergantung semuanya sama Allah,dalam doaku waktu itu aku selalu minta dikasih yang terbaik,berbeda sama doa2ku sebelumnya yang selalu minta lolos disini disana yang secara gak langsung menuntut dan memerintah Allah buat mengabulkan keinginanku,padahal aku sama sekali nggak berhak mengatur Dia karena Dia yang lebih tau segalanya,dan sejak saat itu juga aku bener2 pasrah sama masa depanku,tapi ya aku pasrah bukan berarti menyerah loh ya. Jadi kemaren itu aku bener2 semangat buat berjuang lagi,aku udah hampir daftar mandiri UNY sama UNJ udah tinggal bayar,dan rencananya mau ikut UTUL ugm lagi gel 2, tapii karena masalah biaya pendaftaran yang mahal jadinya aku nggak jadi dftar mandiri uny sma unj juga utul ugm,aku mikir daftar mandiri yang biaya pndfatarannya murah aja kalo bisa gratis,soalnya aku juga udah nggak sanggup lagi kalo harus nyusahin ortu terus,karena aku juga udah ngabisin biaya banyak,eh terus kakak aku nyaranin daftar SM UNS aja biaya dftar cma 100 rb dan ya walaupun sbnernya cma beda 50 rb sma UNY ttep aja lebih murah SM UNS hhe,lagian bodoh banget juga kalo aku nggak daftar sm uns apalagi UNS itu udah termasuk univ top, eeh tapi sayangnya waktu aku buka web nya ternyata pendftarannya udah tutup cma gara2 aku baru mau daftar jam 00.10 soalnya pikiranku biar sinyalnya lancar eh malah ternyata jam 00.00 teng udah penutupan,sedih banget padahal itu harapanku satu2nya aku gatau juga sih kalo ternyata itu hari terakhir. Terus yaudah aku berusaha move on lagi,terus pagi2nya aku dapet info dari temen kalo mandiri UNAIR bisa bdikmisi jadi bisa gratis biaya dftarnya dan parahnya hari itu ternyata adalah hari terakhir pendaftran,otomatis aku langsung daftar,eh terus siangnya dapet info lagi ternyata SM UNS diperpanjang satu hari lagi karena alhamdulillah efek servernya down dan hari itu juga terakhir tanpa aku pikir aku langsung daftar juga, bayangin dalam waktu sehari aku harus ngurus berkas2 pendftaran yg lumayan bnyak dan musingin terutama yang UNAIR karena aku ikutnya bdikmisi jadi ribet banget,pdhal batas akhirnya jam 18.00 dan aku baru finish jam 17.48, udah mepet banget tapi syukur kedaftar sih,kalo yang SM UNS untung batas akhirnya malem jam 23.59 dan baru aku finish jam 22.34,lagi2 mepet juga aku udah panas dingin takut nggak ke dftar. Dan udah kan lega semua beres tinggal nunggu pengumuman,nunggu beberapa hari deh tuh,dan selama masa menunggu itu aku bener2 fokusin hari2ku buat memeperbaiki ibadahku,hampir sebagian waktuku aku habisin buat tadarusan (membaca al-quran) alhamdulillah aku muslim,berdoa sambil nangis setiap sholat,minta doa ke siapapun bahkan ke dedek2 kecil yg pada main di depan rumah ya walaupun cma dibales cengengesan doang,dan yang paling penting banget minta doa ke ortu semoga besok dilolosin,mungkin ibuku juga udah sampe bosen aku mintain doa mulu hehe
Dan jreng..jreng..jrengg..hari pengumuman telah tiba. Tapi herannya aku cuma tau pengumuman yang mandiri Unair kalo pngumuman sm uns aku bener2 lupa waktu itu soalnya emang aku paling berharap di unairnya,nah kan pngumuman mandiri unair tgl 23 jam 01.00 an kalo gasalah,jelas dong aku belum tidur waktu itu terus aku buka deh pengumumannya dan alhamdulillah aku dinyatakan lolos,senengnya, dijurusan yang aku pengen juga,saking senengnya aku bangunin semua keluargaku dan aku kabarin semua temen2 chatku hahha,pokoknya udah seneng banget. Eh terus salah satu temenku ada yg bales chatku,dia tanya hasil pengumuman yang SM UNS,loh ternyata yang sm juga udah pengumuman jam 23.00 (kalo gasalah),langsung deh aku buka juga dan jreng..jrengg aku dinyatakan lolos juga, alhamdulillah,tapi waktu itu ekspresiku flat banget,masih bingung mau seneng apa mau gimana,bingung deh pkoknya tapi intinyaa ya bersyukur sih,terus aku kabarin kan ke keluargaku,mereka semua seneng bangett dngernya beda waktu denger aku lolos yang unair justru mereka malah yg ekspresinya flat kecuali bapakku.Terus ibuku tiba2 membuka pembicaraan nyuruh aku ambil yang di Uns aja,hmm sudah kuduga! kakak2 ku juga nyaranin ambil yang uns aja,pkoknya semua pada setujunya yang di Uns alasannya ya karena di surabaya jauh,solo lebih deket,apa2nya lebih murah dan alasan paling kuat adalah karena ada kakakku disana.Tapi gimana yah waktu itu aku bener2 bingung satu sisi yang di unair itu udah S1 sedangkan yang di UNS kan msih d3,aku kyak masih bersikeras pengen ambil yang di unair aja. Tapi aku udah gak bisa ngelak lagi waktu ibuku bilang katanya dia nggak ridho kalo aku ambil yang di unair, yaudah deh fix aku ambil yang di UNS,mungkin juga ini emang udah yang terbaik,kan ridho orang tua ridho Allah jadi ya udah,mereka aja ridho masa aku enggak hehe
Dan kalo alasan kenapa dulu aku di SM UNS ambil prodi yang sekarang yaitu Manajemen Administrasi itu karena :
- pertama karena aku suka aja sama pelajaran manajemen waktu SMA khususnya yang bagian administrasi pkoknya kaya ada feel aja sama jurusan ini
- kedua karena saran dari keluargaku terutama kakakku katanya jurusan ini cocok sama aku, ya pastinya aku juga ngrasa cocok
- ketiga karena aku realistis sama nilai sbmptnku kalo mau ambil jurusan yang gradenya lebih tinggi takut nggak lolos.hehhe
Jadi begitulah kurang lebihnya ceritaku masuk UNS dan alasanku memilih prodi yang sekarang,maaf ya kalo nggak jelas dan terlalu panjang.Sekian dan Terima kasih.
Awal mula saya masuk UNS, waktu itu saya tidak lolos SNMPTN bahkan tidak termasuk dalam 50%, tapi saya tidak patah semangat, lalu saya ingat pernah diberatahu kakak kelas bahwa di UNS ada jalur PMDK yang menggunakan nilai rapot, saya mencoba untuk mendaftar padahal penutupan pendaftaran sudah mau ditutup, tapi saya mengusahakan agar bisa mendaftar dan Alhamdulillah usaha saya tidak sia sia karena saya bisa masuk jurusan Manajemen Administrasi, saya memilih jurusan tersebut sebenarnya karena itu pilihan dan saran dari ibu saya, tetapi saya juga tertarik belajar di bidang manajemen dan karena menurut saya jurusan manajemen itu peluang pekerjaannya sangat luas.
Nama: Nadjua Nabila

TTL: Kediri, 13 Januari 1999

Alamat: Perum Permata Hijau M-20,Kec. Pesantren, Kota Kediri

Prodi: Manajemen Administrasi

Tahun Angkatan: 2017

 

1.      Pengertian PTNBH

Perguruan tinggi negeri badan hukum, disingkat PTN BH adalah perguruan tinggi negeri yang didirikan oleh pemerintah yang berstatus sebagai badan hukum publik yang otonom. Dahulu dikenal sebagai Badan Hukum Milik Negara (BHMN) dan Badan Hukum Pendidikan (BHP). Sampai dengan tahun 2016, terdapat 11 perguruan tinggi negeri badan hukum. Pada tahun 2000, sejumlah PTN di Indonesia berbentuk BHMN (Badan Hukum Milik Negara). Empat perguruan tinggi pertama yang ditetapkan secara bersamaan sebagai BHMN adalah Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Pertanian Bogor, dan Institut Teknologi Bandung. PTN BHMN ini memiliki otonomi penuh dalam mengelola anggaran rumah tangga dan keuangan.

Pada tahun 2009, bentuk BHMN digantikan dengan badan hukum pendidikan pemerintah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2009 tentang Badan Hukum Pendidikan. UU tersebut kemudian dibatalkan oleh Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 11-14-21-126-136/PUU-VII/2009 tanggal 31 Maret 2010, yang membuat pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2010 yang mengembalikan status perguruan tinggi BHMN menjadi perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh pemerintah. Status tersebut pun kemudian tidak bertahan lama karena begitu Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi diterbitkan dan berlaku, seluruh perguruan tinggi eks BHMN, termasuk yang telah berubah menjadi perguruan tinggi yang diselenggarakan pemerintah, ditetapkan sebagai perguruan tinggi negeri badan hukum.

 

Perguruan Tinggi Berbadan Hukum (PTNBH) adalah salah satu konsep penyelenggaraan perguruan tinggi selain Satuan Kerja (SatKer) dan Badan Layan Umum (BLU), dimana secara umum konsep ini membuat perguruan tinggi negeri (PTN) mempunyai otonomi lebih untuk mengatur diri mereka sendiri, dengan tujuan kampus tersebut memiliki keleluasaan dalam menyelenggarakan rumah tangganya seperti pada pasal 1 ayat 3 Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2013 tentang Bentuk dan Mekanisme Pendanaan Perguruan Tinggi disebutkan pengertian PTN berbadan hukum adalah perguruan tinggi negeri yang didirikan oleh Pemerintah yang berstatus sebagai subyek hukum yang otonom. Dalam KBBI kata otonomi memiliki arti pemerintahan sendiri, atau suatu hak, wewenang, dan kewajiban daerah untuk mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Istilah perguruan tingggi berbadan hukum pertama kali disebutkan dalam pasal 65 ayat 1 UU Nomor 12 Tahun 2012, bahwa penyelenggaraan otonomi perguran tinggi dapat diberikan secara selektif berdasarkan evaluasi kinerja oleh menteri kepada PTN dengan menerapkan pola pengelolaan keuangan badan layanan umum atau dengan membentuk PTN badan hukum untuk menghasilkan pendidikan tinggi bermutu. Berdasarkan bunyi pasal ini dapat dikatakan bahwa suatu perguruan tinggi negeri yang memiliki status PTNBH diberikan keleluasaan untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi secara otonom untuk menghasilkan pendidikan tinggi yang bermutu. PTNBH diatur sebagai salah satu bentuk sistem perguruan tinggi dalam pasal 76 UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. PTNBH memberikan kemandirian pengelolaan perguruan tinggi dalam bidang keuangan, sarana prasarana, dan ketenagakerjaan.

 

2.      Keunggulan PTN BH dibanding Badan Layanan Umum

1.      PTN BH menetapkan tarif biaya pendidikan yang ditetapkan oleh menteri. Dengan mempertimbangkan kemampuan ekonomis mahasiswa, orang tua mahasiswa, atau pihak lain yang membiayai mahasiswa.

2.      Aset yang diperoleh dari usaha PTN BH menjadi asset PTN BH yang merupakan asset Negara yang dipisahkan.

3.      PTN BH dapat mandiri dalam membuka prodi yang ada di lembaganya.

 

3.      Dampak posif dan negatif PTN BH

 

·         Dampak positif: adanya hak otonomi kampus dalam mengatur kegiatan akademik maupun non akademik, seperti membuka prodi baru yang proses perizinannya lebih cepat karena kewenangan otonomi tersebut.

·         Dampak negatif: tiga dasar filosofis yang timbul berdasarkan kritik mahasiswa yaitu dasar komersialisme, dimana pendidikan dijadikan sebagai komoditi, dasar liberalisasi, dimana pendidikan menjadi  “alat” baru bagi perusahaan-perusahaan asing untuk mendominasi sektor-sektor usaha dalam negeri, dibuktikan dengan dibangunnya salah satu restoran cepat saji di salah satu universitas di Indonesia, dan yang terakhir adalah asas privatisasi.

4.      Kesimpulan

 

PTN BH merupakan suatu perguruan tinggi negeri didirikan oleh pemerintah yang berstatus badan hokum yang diatur dalam undang-undang.

Keunggulan PTN BH dibanding BLU yaitu pengelolaan PTN BH lebih efisien dan lebih akurat serta pengawasannya langsung dibawah menteri.

PTN BH juga lebih mandiri dalam membuka prodi baru serta proses perizinannya dapat berlangsung dengan cepat karena mendapat hak otonomi kampus. Selain itu PTN BH dapat berdampak negative yaitu adanya liberalisasi,komersialisme, dan privatisasi oleh para penguasa.

Assalamualaikum kawanku,

Disini saya akan mulai mengandai - andaikan jika suatu saat saya menjadi seorang pemimpin. Sejatinya yang pertama kali terfikiran olehku mengenai kata “  pemimpin  “ adalah ayah karena beliau adalah pemimpin keluarga, jelas kalian semua pasti paham mengenai hal ini. Yang kedua adalah presiden pasti kalian tau kenapa, ya karena julukan tersebut terkenal di lingkungan kita. Tapi, itu dulu saat saya masih SD, setau saya pemimpin ya hanya itu.

Namun seiring berjalanya waktu saya mulai sedikit paham mengenai definisi “ pemimpin  “ itu sendiri. Menurut sudut pandang saya sendiri  pemimpin adalah seseorang yang mempunyai jiwa mampu mengkoordinasi orang yang dipimpin oleh nya, juga bersifat tegas,  jujur, adil, dan bertanggung jawab atas apa yang ia putuskan. Namun, di era sekarang ini cukup sulit untuk menemukan pemimpin yang mempunyai kriteria tersebut.

Jika saya menjadi seorang pemimpin, ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan dahulu dengan orang – orang yang akan saya pimpin. Bahwa, kesuksesan seorang pemimpin tidak hanya pada kepribadian pemimpin tersebut ataupun kinerja pemimpin itu sendiri. Namun kerjasama dengan orang – orang yang dipimpinnya juga teramat penting, supaya berjalan sesuai keingin semua pihak. Dan akan berjalan lacar jika seorang pemipin bisa bekerja sama dengan staf atau perangkat yang berada disekitarnya

Pengandaian menjadi seorang pemimpin jelas lingkupnya akan sangat kuat dan global, untuk memperkecil lingkup saya akan berandai “ jika saya menjadi seorang pemimpin dalam suatu kegiatan organisasi ” hal – hal apa saja yang jelas akan saya lakukan :

Yang pertama adalah memastikan dahulu perangkat atau orang – orang yang akan bekerja sama dengan saya. Apa yang dipastikan ? ? ? ya jelas, kompetensi nya. Jangan asal – asalan memilih orang untuk bekerja dengan kita. Mengadakan sebuah kegiatan organisasi itu tidak mudah, apalagi seorang pemimpin diharuskan bertanggung jawab atas apapun yang terjadi. Mungkin dalam benak kalian yang membaca ini berfikiran bahwa saya adalah pemimpin yang terlalu perfeksionis, ya terkadang sifat ini juga diperlukan agar semuanya bisa berjalan dengan baik.

Selanjutnya yang kedua adalah harus menata apa dan bagaimana berjalanya kegiatan tersebut. Jika saya jadi pemimpin saya harus punya bagan berisi urutan perencanaan kegiatan tersebut sebelum, pada saat, dan setelah kegiatan itu berlangsung

Masuk kebagian yang ketiga seorang pemimpin harus tahu dan bisa mengatasi setiap kesalahan yang terjadi pada nantinya. Seorang pemimpin itu harus mengerti bagaimana meminimalisir kesalahan yang mungkin terjadi.

Nah sekarang kiat -  kiat yang terpenting jika saya menjadi pemimpin adalah paham mengenai apa yang dinginkan oleh orang – orang yang kita pimpin, bagaimana caranya supaya orang – orang yang kita pimpin merasa sudah dipuaskan dan bisa dibilang saya sudah sukses menjadi seorang pemipin.

Kiat yang kelima bisa dibilang kiat yang terakhir, pemimpin yang baik itu bisa menempatkan sesuai situasinya, dia juga menjadi teman bagi perangkat disekitarnya sahabat bagi orang – orang yang dipimpinya.

Alhamdulillah nya ini hanya pengandaian saja, karena saya sendiri tidak begitu tertarik menjadi seorang pemimpin yang benar- benar literally pemimpin. Itu tadi diatas adalah kiat – kiat “ jika saya seorang pemimpin” karena saya sendiri lebih nyaman jika berperan entah itu besar ataupun kecil dalam suatu hal namun nama saya tidak usah diketahui banyak orang. Kiasanya bisa disebut “ bekerja di balik layar “ hehehe, dibawa santai saja ya....

Sekian dari saya ya kawanku, BHAY!

Wassalamualaikum wr.wb

1.      Nama                : Indah Putri Yulianti

2.      Ttl                     : Boyolali, 21 Juli 1999

3.      Alamat             : Semono Tempursari Sambi Boyolali

4.      Prodi                 : Manajemen Administrasi

5.      Tahun angkatan : 2017

 

 

 

Nama : Binarsih Kalingga
TTL : Kebumen, 07 Juli 1999
Alamat : Ds.Sukomulyo, RT 02/RW 04
Prodi : Manajemen Administrasi
Angkatan : 2017

1.Pengertian
Perguruan tinggi negeri badan hukum
(PTN-BH)adalah perguruan tinggi negeri yang didirikan oleh pemerintah yang berstatus sebagai badan hukum publik yang otonom.
2. Keunggulan PTN-BH dibanding BLU
PTN-BH menetapkan tarif biaya pendidikan berdasarkan pedoman teknis yang telah ditetapkan oleh menteri yang mempertimbangkan kemampuan ekonomi mahasiswa. Sedangkan tarif layanan BLU ditetapkan oleh Menteri Keuangan berdasar usulan pimpinan BLU dengan mempertimbangkan aspek kontinuitas dan pengembangan layanan, daya beli masyarakat, asas keadilan dan kepatutan, serta kompetisi yang sehat. Dari segi otonomi kampus, PTN-BH dapat mandiri dalam membuka dan menutup program studi yang ada di lembaganya, sedangkan BLU tidak bisa.
3. Sisi Positif dan Negatif PTN-BH
Sisi positif PTN-BH dapat mengatur dirinya sendiri dalam menentukan segala kebijakannya, pembangunan badan usaha, serta fungsi akuntabilitas serta transparansi terutama perihal danaPTN-BH juga menyelenggarakan fungsi pendidikan tinggi yang terjangkau oleh masyarakat. Namun PTN-BH sangat rawan adanya korupsi.
4. Kesimpulan
PTN-BH adalah salah satu konsep penyelenggaraan perguruan tinggi selain Satuan Kerja (SatKer) dan Badan Layan Umum (BLU), dimana secara umum konsep ini membuat perguruan tinggi negeri (PTN) mempunyai otonomi lebih untuk mengatur diri mereka sendiri, dengan tujuan kampus tersebut memiliki keleluasaan dalam menyelenggarakan rumah tangganya
Alasan saya memilih melanjutkan kuliah di UNS yaitu karena UNS salah satu universitas negeri terbaik di negeri ini, dan alasan saya memilih prodi manajemen administrasi karena hati nurani serta dengan pertimbangan prospek yang begitu cerah di masa mendatang. Saya harap dengan langkah saya ini dapat berprestasi dan membanggakan keluarga serta nusa bangsa dan juga kampus UNS ini.

Apa yang terlintas di pikiran seseorang jika mendengar kata "pemimpin" ? Pasti kebanyakan akan menjawab pemimpin adalah orang yang paling berkuasa. Lalu apakah jawaban tersebut benar?

Menurut saya arti pemimpin yang tepat adalah seseorang yang menggunakan wewenangnya sebagai pemimpin untuk mengorganisasikan, mengarahkan dan mengontrol bawahannya supaya tercapainya tujuan bersama. Jadi jawaban di atas tidak sepenuhnya salah, pemimpin memang merupakan orang yang paling berkuasa dalam suatu organisasi atau komunitas. Tetapi berkuasa disini bukanlah berarti dapat melakukan hal seenaknya sendiri tanpa memperhatikan situasi kondisi. Pemimpin haruslah mempunyai sikap-sikap kepemimpinan. Tanggung jawab, bermoral, demokratis dan adil adalah beberapa diantaranya. Menjadi pemimpin memang bukan perkara yang mudah. Jika melihat Indonesia saat ini, telah terjadi krisis kepemimpinan yang susah untuk diatasi. Hal ini dapat dibuktikan mengingat permasalahan yang terjadi di bangsa ini seperti korupsi ataupun penggunaan kekuasaan untuk kepentingan pribadi. Ditambah lagi dengan semakin maraknya aksi demo menolak kepemimpinan yang terjadi akhir-akhir ini semakin memperkuat indikasi bahwa ada sesuatu yang tidak diinginkan dari sosok pemimpin negeri saat ini. Peristiwa ini masih merupakan sekelumit masalah yang terlihat oleh mata. Sebenarnya masih banyak permasalahan lainnya yang dihadapi masyarakat mengenai sosok seorang pemimpin, dan masyarakat pun membutuhkan pemimpin yang berani, tegas, dan bijaksana untuk menyelesaikannya.

Lalu, jika saya ditanya "Apakah anda ingin menjadi pemimpin?" Dengan tegas saya menjawab "IYA". Tetapi saya tidak ingin sekedar menjadi pemimpin, saya ingin menjadi pemimpin yang baik yang dapat membawa orang-orang atau masyarakat yang saya pimpin mencapai tujuan bersama dengan cara yang benar. Ada beberapa hal yang akan saya lakukan jika menjadi seorang pemimpin kelak, diantaranya :


1. Menjadi panutan yang baik. Untuk menjadi panutan yang baik diperlukan pengalaman serta wawasan luas dalam bidang yang akan saya pimpin. Selain itu, jika ingin dihormati oleh bawahan, hormatilah mereka terlebih dahulu, dan jangan menyombongkan diri.

2. Memperjelas tujuan awal yang saya janjikan pada saat saya terpilih, tidak sekedar memberi janji palsu yang pada akhirnya hanya akan menimbulkan konflik yang berkelanjutan.

3. Pandai menjalin komunikasi dan aktif menyelesaikan permasalahan yang terjadi secara tegas dan transparan

4. Berpikir jauh kedepan untuk kelangsungan anggota dan komunitas yang saya pimpin.

5. Memberi punishment dan pujian secara tepat.


Itulah sebagian hal yang saya lakukan jika menjadi pemimpin kelak. Tetapi hal tersebut harus saya latih terus menerus agar dapat berjalan dengan semestinya. Menjadi pemimpin bukanlah bawaan sejak lahir, maka dari itu sistem pendidikan dan lingkungan organisasi membawa andil besar dalam menjawab kebutuhan pemimpin yang mengerti segala masalah dan memberikan kontribusi untuk menyelesaikannya. Sehingga seorang pemimpin seharusnya dapat membuka mata dan pikiran agar setiap masalah yang berkembang dapat diatasi dengan baik. Untuk mewujudkan hal ini, maka dibutuhkan seorang pemimpin yang mau belajar, mau mendengar dan mau melihat ke seluruh lingkungan yang dipimpinnya. Untuk menjadi pemimpin sekarang ini, banyak sekali tantangan yang harus dihadapi. Tantangan yang semakin kompleks dan rumit bagi seorang pimpinan sekarang. Tidak cukup lagi jika hanya mengandalkan pada garis keturunan. Sekali lagi saya tegaskan pemimpin zaman sekarang harus mau belajar dan mau melihat dari segala sisi. Selain itu pemimpin tidak hanya mempertanggungjawabkan kepemimpinannya terhadap bawahannya, tetapi juga kepada Tuhan Yang Maha Esa. Pemimpin juga harus memiliki akhlak mulia dan bermoral. Dan juga pemimpin harus memiliki kredibilitas dan integritas tinggi serta dapat bertahan dari gejolak permasalahan demi melanjutkan apa yang menjadi tujuan awal. Kalau tidak, pemimpin itu hanya akan menjadi suatu bahan tertawaan karena terombang ambing hanya gara-gara diterpa masalah yang tidak seberapa.


Pages: 1 2 3 4 5 ... » »»