F. D. ROOSEVELT DI PASAR KEMBANG from Noor Azharul Hanifah's blog




F. D. Roosevelt di Pasar Kembang


Anggota : 

1. Patricia Gita Pusparini

2. Herlina

3. Ahza Arzanul Haq

4. Putri Ari Suryani

5. Wahyu Nur Rochman

6. Lintang Azizah

7. Arga Ryan Saputra

8. Rafy Ridho AzhariI

9. Noor Azharul Hanifah

10. Ulifah

11. Graccel Aprilineva Clara M.

12. Salsabila Putri Haryuning 

13. Dhika Candra Devi

14. Aji Muhammad Yusuf 

15. Agata Winda Syilvianisa 

16. Rizki Hafhshah Ekayana Ariwanti

17. Anindya Mahira Savitri 



Pendamping : Arwani Masykur Zakki


Pasar kembang terletak di jalan dr Rajiman Kelurahan Sriwedari Kecamatan Laweyan Solo, pasar ini berada di pinggir jalan raya.  Jika dari arah jalan Slamet Riyadi, arah timur, saat menemui perempatan jalan (sebelah kanan hotel Novotel), ambil arah kiri. Lurus saja ke selatan (jl Honggowongso) sekitar 400 meter akan menemukan Pasar kembang. 

Pasar ini dibangun sejak tahun 1967. Keberadaan pasar kembang tidak terlepas dari tradisi orang jawa. Tradisi nyadran yaitu ziarah kubur yang biasa dilakukan menjelang bulan puasa.  Tidak hanya pada bulan itu, pada ziarah  kubur sewaktu-waktu juga memerlukan bunga untuk ditaburkan di pusaran makam. Dan juga tradisi siraman yang dilakukan pada saat seorang wanita akan menikah, mereka akan melewati tahap siraman dengan berbagai macam bunga.  Tidak hanya itu, bunga juga sering digunakan untuk mensucikan jimat atau benda-benda sakral.


Selain menyediakan bunga untuk kebutuhan tertentu (sakral), di pasar ini juga menyediakan bunga untuk pajangan ataupun hiasan, dan juga untuk dekor bunga pengantin, juga ucapan berduka cita. Dan perlengkap sesaji /ritual, ziarah seperti keranjang bunga, kendi, payung, dupa untuk orang meninggal, dan juga tersedia untuk uborampe pernikahan.


Alasan kami memilih Pasar Kembang karena pasar kembang memiliki keunikan tersendiri dengan sebagian besar pedagang berjualan bunga, bahkan berbagai macam bunga pun ada di pasar ini. Di pasar itulah pusat penjualan berbagai macam bunga di Solo. 


Previous post     
     Blog home

The Wall

No comments
You need to sign in to comment

Post

By Noor Azharul Hanifah
Added Aug 12

Rate

Your rate:
Total: (0 rates)

Archives