Kelompok F.D Roosevelt di Pasar Kembang from RIZKI HAFHSHAH EKAYANA ARIWANTI's blog

Nama tiap anggota kelompok :

1.  Patricia Gita Pusparini

2.  Herlina

3.  Ahza Arzanul Haq

4.  Putri Ari Suryani

5.  Wahyu Nur Rochman

6.  Lintang Azizah

7.  Arga Ryan Saputra

8.  Rafy Ridho Azharil

9.  Noor Azharul Hanifah

10.Ulifah

11.Graccel Aprilineva Clara M.

12.Salsabila Putri Haryuning

13.Dhika Candra Devi

14.Aji Muhammad Yusuf

15.Agata Winda Syilvianisa

16.Rizki Hafhshah Ekayana Ariwanti

17.Anindya Mahira Savitri

 

Nama pendamping :Arwani Masykur Zakki


Penjelasan mengenai Pasar Kembangyang dijadikan latar belakang foto :


Pasar Kembang berlokasi di jalan Dr. Rajiman, Kalurahan Sriwedari, Kecamatan Laweyan Kota Surakarta.

Deskripsi mengenai keadaan Pasar Kembangyaitu pasar tersebut masih dalam kondisi yang bagus, tidak ada masalah berarti karena parkir cukup lahan, kebersihan cukup dan tidak kumuh. Manajemen Pengelolaan Pasar Pasar Kembang sepenuhnya menjadi tanggungjawab dan kewenangan Pemerintah Kota Surakarta melalui Dinas Pengelola Pasar (DPP). Namun dalam hal pembangunan dan perawatan jika terjadi kerusakan pasar, DPP juga bersinergi dengan pedagang pasar untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.Untuk kebersihan pasar, terdapat petugas kebersihan yang bertugas membersihkan setiap hari. Untuk penanganan sampah diambil oleh armada dari DPP dan di bawa ke TPA Puteri Cempo setiap 2 hari sekali.Untuk keamanan pasar, terdapat petugas keamanan yang bertugas 24 jam.Parkir dikelola oleh UPTD.

Apa saja yang ada di pasar tersebut?Sesuai dengan namanya, pasar tersebut diperuntukan bagi pedagang yang memiliki jenis dagangan bunga (kembang). Terutama bunga tabur beserta perangkat (ubo rampe) untuk orang yang meninggal dunia. Bukan hanya itu, Pasar Kembang terdapat juga sayuran dan bumbu dapur. Pedagang kembang di lantai 1 dan bumbu sayur di lantai 2. Tersedia sarana prasarana berupa MCK, APAR, keamanan dan kebersihan.

Keunikan/ kekhasan pasar tersebutialah pedagang kembang yang ada di Pasar Kembang mayoritas keseluruhan merupakan masyarakat yang bertentangga yang hanya ada 1-2 desa. Apabila ada tetangga mereka yang hajatan, banyak yang libur dagang dipasar untuk membantu tetangga hajatan. Hal tersebut membuat Pasar Kembang pada bulan-bulan musim hajatan sering libur/sepi pedagang.

Alasan kami memilih Pasar Kembangkarena pasar tersebut memiliki keunikan sendiri, berbeda dengan pasar-pasar tradisional lainnya. Di pasar itulah pusat penjualan bunga di kota Solo.


Previous post     
     Blog home

The Wall

No comments
You need to sign in to comment

Post

Rate

Your rate:
Total: (0 rates)

Archives