Surat Untuk Indonesia from Revi Mahardika Tri Wijaya's blog

                Indonesia, negara kita ini merupakan negara dengan beribu pulau ,beribu suku , dan beribu bahasa pula. Di negara ini semua bercampur aduk menjadi satu kesatuan dengan slogan Bhinneka Tunggal Ika yang dibawa burung garuda dengan lambang pancasila di dadanya yang artinya berbeda – beda tetapi tetap satu jua. Artinya kita semua yang ada di indonesia memang berbeda tetapi kita harus menyatukan hati dan pikiran kita bersama untuk memajukan indonesia, bukan hanya untuk diri kita sendiri namun demi rakyat bahkan untuk anak cucu kita dimasa depan.

                Setahun terakhir, Indonesia mengalami krisis persatuan. Tahun ini banyak sekali oknum – oknum yang berusaha memecah belah persatuan bangsa kita dengan memprovokasi suatu kesalahan walaupun hanya sedikit. Namanya juga manusia, kita semua punya kesalahan karena itu memang salah satu sifat alami manusia untuk berbuat salah, tetapi jika ada yang salah yang harus dilakukan adalah memperbaiki suatu kesalahan itu bukannya malah membuat masalah semakin kisruh dan membuat masalah lainnya. Ke depannya aku berharap masyarakat bisa sadar dengan lingkungannya dan juga negaranya. Kita sebagai  warga negara Indonesia jangan mudah mempercayai hal – hal yang tidak ada sumber kejelasannya.

                Ada lagi kasus dimana seorang anak presiden yang mengkritik hal – hal yang terjadi setahun belakangan dengan mengunggah video, tetapi masih ada oknum yang geram karena dikritik dengan menuntut dengan alasan yang tidak jelas. Kita sebagai WNI harusnya lebih mengutamakan persatuan. Hal yang dilakukan oleh anak presiden menurut saya sudah benar, karena dia berani maju mengemukakan pendapat dan berusaha menyadarkan orang – orang dari keterjerumusan yang tidak  - tidak. Bila tidak ada orang yang maju untuk berpendapat membela yang benar lalu akan menjadi apa negara ini?.

                Indonesiaku, Negaraku , Bangsaku. Marilah kita bersatu membuat sebuah negeri dimana perselisihan yang terjadi sangat minim. Hargailah perbedaan kita jangan mau lagi terprovokasi dan terpecah belah untuk meruntuhkan negeri apalagi mengganti fondasi bangsa yang membuat kita bersatu. Aku berharap suatu saat, Negeriku Indonesiaku menjadi negara yang aman tenteram dari perselisihan.

                Teman – teman, marilah kita bergandengan tangan membuat sebuah persatuan yang lebih kokoh dari sebelumnya. Generasi – Generasi muda, berfokuslah pada pencarian ilmu kalian, kembangkanlah bakatmu sehingga dapat mengharumkan nama bangsa.

                Aku seoranga maba dari UNS fakultas FISIP memang belum punya pengaruh apa – apa.  Hal besar dimulai dari hal kecil. Jadi menuntut ilmu merupakan hal utama sekarang, menuntut ilmu akan membuat tujuan kita semakin jelas ke depannya. Aku berencana menuntut ilmu dan juga mengikuti perkembangan – perkembangan yang positif tetapi tidak mungkin luput dari kesalahan jadi mari kita memperkuat rasa toleransi kita terhadap sesama.

                Indonesiaku Suatu saat aku yakin bahwa Kedamaian yang haqiqi akan memberimu angin segar dari panasnya sinar matahari karena letakmu yang berada di khatulistiwa mungkina tidak hanya membuat suhu mu panas tetapi juga pikiran – pikiran rakyatmu juga mudah ikut panas dan mendidih. Jadi kuharap suatu saat akan muncul seorang pemimpin yang dimana dapat mempersatukan beragam perbedaan yang ada yang jumlah nya tidak hanya ratusan tetapi berjumlah ribuan. Semua perbedaan itu yang membuat indonesia Istimewa, maka dari itu mari kita jaga dan lestarikan perbedaan kita masing – masing dan mempererat rasa toleransi sehingga kita dapat menjadi bangsa yang kuat maju dan sejahtera.


Previous post     
     Next post
     Blog home

The Wall

No comments
You need to sign in to comment

Post

By Revi Mahardika Tri Wijaya
Added Aug 8

Rate

Your rate:
Total: (0 rates)

Archives