Surat Untuk Indonesia from Syifa Tiara Ratri's blog

Surat Untuk Indonesia

                                              

                Indonesia dikenal karena merupakan Negara kepulauan dengan berbagai macam suku yang ada. Di setiap daerah juga memiliki ciri khas dan adat istiadat yang berbeda. Lebih tepatnya berbeda-beda tetepai tetap satu jua. Hal diatas merupakan ciri khas bangsa kita. Walaupun kita berbeda-beda tetapi kita tidak boleh terpecah belah bahkan sampai menimbulkan konflik. Berikut adalah berbagai macam peristiwa yang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini, diawali dengan pembuatan bentuk uang rupiah baru oleh Bank Indonesia di awal tahun walaupun masih banyak segelintir orang yang masih memakai format lama. Sampai kepada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2017 kemarin. Hal tersebut sangat ramai diperbincangkan di setiap tempat. Perdebatan yang dilakukan segelintir orang entah untuk pasangan calon nomor satu, dua, ataupun tiga. Berawal dari perdebatan tersebut, muncul berbagai macam diskriminasi terutama agama.

                Di Negara kita ini, topik agama ternyata masih sangat sensitive di kalangan masyarakat. Masih banyak masyarakat dengan pemikiran tertutup. Ternyata masih ada orang yang melihat sifat atau pemikiran seseorang hanya dari agama mereka tersebut. Hal ini tentunya bukan hal yang baik dengan melihat berbagai macam demo dan konflik di Negara kita tercinta ini. Agama merupakan salah satu hal yang penting tetapi agama juga mengajarkan kita tentang damai. Semua tergantung juga kepada pribadi masing-masing.

                Yang saya khawatirkan di Indonesia adalah tentang penegakkan hukum yang masih belum benar yang masih jauh dari kata keadilan. Para koruptor yang menghabisi harta rakyat untuk kepentingan mereka pribadi hanya ditahan dengan hukuman yang sangat ringan, sedangkan nenek yang hanya mengambil kayu yang di anggap sebagai miliknya sendiri mendapat hukuman yang lebih berat dibandingan para koruptor. Saya sangat berharap aparat penegak hukum dan para pejabat hukum dapat menjalankan tugasnya dengan tegas dan benar. Karena Negara kita harus menjunjung keadilan dan rakyat harus mendapat perilaku yang sama terlepas dari golongan apapun mereka. Saya khawatir keadilan di Indonesia akan runtuh di masa yang akan datang.

                Oleh karena itu, harapan atau cita cita saya kepada Indonesia beberapa tahun mendatang adalah saya ingin pendidikan bangsa kita lebih diperhatikan dan harus merata. Pendidikan sangat penting bagi generasi penerus bangsa kita karena mereka lah yang akan membangun Negara ini di masa yang akan datang. Dan pastinya kita ingin generasi penerus bangsa ini merupakan generasi yang cerdas, berdedikasi tinggi, dan disiplin, oleh karena itu pendidikan adalah awal untuk memulainya. Tidak lupa juga kita harus melakukan perubahan dari hal-hal kecil seperti membuang sampah pada tempatnya, tidak merusak fasilitas umum, memakai angkutan umum, mengantri dengan tertib, tidak membuang limbah ke sungai, bergotong royong, dll. Hal-hal tersebut terlihat sepele, tetapi awal yang baik dilakukan dari hal-hal terkecil yang dapat kita lakukan. Karena bisa jadi, awal yang kecil dapat membuat perubahan yang besar.

                Karena saya masih berada di bangku kuliah, hal yang dapat saya lakukan untuk meraih cita-cita saya tersebut adalah belajar dengan giat dan gigih, tidak merusak fasilitas dan sarana prasarana yang ada, berprilaku yang baik, berkata yang jujur dan sopan ke setiap orang lalu mengikuti organisasi-organisasi yang ada bila diperlukan. Saya berharap dengan berbekal hal-hal yang sudah saya sebutkan sebelumnya, saya akan membuat perubahan yang kecil ataupun besar terhadap Indonesia nantinya.


Previous post     
     Next post
     Blog home

The Wall

No comments
You need to sign in to comment

Post

By Syifa Tiara Ratri
Added Aug 8

Rate

Your rate:
Total: (0 rates)

Archives