Surat untuk Indonesia from PANJI DAMAR PRASETYO's blog

            Surat untuk Indonesia, sebagai bangsa yang besar Indonesia terdiri dari beribu pulau, suku, bahasa, dan kebudayaan yang bermacam-macam disatukan oleh semboyan bhineka tunggal ika yaitu berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Di landasi oleh dasar Negara yang sama yaitu Pancasila, dan dilindungi oleh hukum yang termaktub dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia. Sebuah Negara yang telah merdeka sejak 17 agustus 1945 lalu dan akan memperingati ulang tahunnya sebagai Negara yang Merdeka, berdaulat, adil dan makmur yang ke 72 tahun nanti. Indonesia telah mencapai atau menunjukkan kembali kekuatan sebagai sebuah bangsa yang besar pada waktu akhir-akhir ini.

            Surat untuk Indonesia, Negara yang begitu disegani pada awal kemerdekaannya, karena ikut andil dalam beberapa sejarah dari Negara-negara lain yang memperjuangkan kemerdekaan. Bahkan, tak sedikit Negara yang takut dan gentar menghadapi atau berhadapan dengan Bangsa Indonesia yang memiliki kekuatan, kebijaksanaan, dan kewibawaan yang patut untuk diperhitungkan. Hubungan baik yang terjalin pada masa awal kemerdekaan sangat membuat Indonesia dijadikan sebagai Negara tauladan bagi hubungan diplomatik, atau bilateral antar Negara. Sikap pemimpin pada masa itu menjadi tolak ukur bangsa Indonesia, sehingga banyak warga Negara lain memberikan pandangan akan keramahan warga Negara Indonesia. Tak hanya itu, Negara Indonesia yang kaya akan hasil sumber daya alam juga dapat memanfaatkannya sebaik dan semaksimal mungkin, agar tercukupi kebutuhan papan, sandang dan pangan dari masyarakatnya. Namun, tak semua keindahan itu dapat dilestarikan untuk waktu yang lama. Seperti halnya masa kejayaan Negara Indonesia yang tak lama setelah itu dipenuhi oleh permasalahan-permasalahan intern maupun ekstern yang turut menjadi penyebab lunturnya atau hilangnya beberapa poin-poin keemasan dari pemerintahan Indonesia pada kala itu. Menyebabkan, penurunan dan tak bergemingnya atau bergaung kembali suara Indonesia di kancah internasional. Lebih terfokus pada permasalahan yang timbul guna mencarikan solusi dan menyelesaikan masalah-masalah tersebut. Sehingga sedikit menggeser nilai-nilai yang telah dibangun oleh para pedahulu, dan menimbulkan gerakan-gerakan yang ikut memecah belah persatuan. Tak hanya disitu, begitu banyak kriminalitas yang terjadi setelah masa ini yang menenggelamkan nama Indonesia kedalam ketidaktahuan warga dunia.

            Surat untuk Indonesia, berkebalikan adanya yang terjadi di akhir-akhir ini. Rakyat Indonesia telah sadar akan pentingnya persatuan meski belum semua sadar akan hal itu. Akan tetapi, sudah begitu banyak perubahan yang terjadi di Negara ini yang kembali menuju kepada arah pembangunan, perbaikan, dan peningkatan infrastruktur, sarana dan prasarana guna mendukung terbentuknya Negara yang dapat memberikan peran maksimal bagi warganya. Masyarakat Indonesia baik muda maupun tua, kaya maupun miskin, pria ataupun wanita berbondong-bondong ikut membangun Negara dalam pendidikan dan peningkatan sumber daya manusia. Pemerintah juga telah begitu banyak memberikan kemudahan-kemudahan dan juga kebijakan untuk warga Negara sebagai salah satu bentuk pelayanan terhadap warga Negara Indonesia. Sehingga dihasilkan begitu banyak prestasi dalam dunia pendidikan baik nasional maupun internasional yang telah mengharumkan nama Indonesia dan menunjukkan kecerdasan anak bangsa. Selain bidang pendidikan, sektor industri Indonesia juga telah mampu menjamah pasar global atau internasional, para pengusaha berfikir kreatif dan mampu menciptakan barang-barang baru yang membantu kehidupan manusia. Selain itu, para kreator juga berinovasi guna perubahan-perubahan yang ditambahkan atau dimodifikasi pada produk agar lebih relevan pada kegunaannya. Masyarakat yang bergotong royong memberikan fasilitas dan membuka tempat-tempat wisata baru yang bernuansa alam dan asri untuk dapat mendatangkan wisatawan domestik maupun mancanegara. Generasi bangsa yang cerdas dan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional baik akademik maupun non akademik, para perngusaha yang turut menaikkan tahta Indonesia kepada Negara yang lebih maju dalam sektor industri, dan juga warga Indonesia yang telah pandai dalam memanfaatkan kekayaan alam guna tujuan wisata merupakan gambaran Indonesia sekarang ini yang kembali harum namanya dan disegani oleh dunia global.

            Surat untuk Indonesia, harapan sang penulis tentang Indonesia yang diimpikan oleh para pahlawan mendorong kami menulis gambaran Indonesia yang sedang bergerak kembali menuju perubahan yang merupakan peningkatan ke arah yang lebih baik. Semoga Indonesia dapat kembali menjadi Negara yang disegani, dihormati, dan diperhitungkan dimata dunia. Saya sebagai mahasiswa FISIP UNS turut mengambil peran kecil namun penting yaitu ikut andil dalam terciptanya masyarakat yang berpendidikan dan berbudi pekerti luhur dan ikut menjadi motor penggerak perubahan nasional dan membantu kehidupan sosial. Semua tentu tak akan berarti apabila hanya saya yang melakukannya, sehingga butuh bantuan dari teman-teman semua agar terwujud Indonesia yang tiada duanya.


Previous post     
     Next post
     Blog home

The Wall

No comments
You need to sign in to comment

Post

By PANJI DAMAR PRASETYO
Added Aug 7

Rate

Your rate:
Total: (0 rates)

Archives