JIKA AKU MENJADI PEMIMPIN from Ferika Yohanida Anzilinni'mah's blog

Jika aku jadi pemimpin

Bagiku menjadi seorang pemimpin tidaklah mudah. Kenapa, karena menjadi seorang pemimpin kita harus harus tegas, berani, jujur, cermat, terampil, kreatif, mandiri dan serta mempunyai tanggung jawab yang sangat besar untuk mengatur bawahan/ anggota kita. Menjadi seoran pemimpin, harus bisa dicontoh oleh para bawahan/ anggotanya. Misalnya, seorang pemimpin sifatnya harus lebih baik dari bawahan / anggotanya. Seorang pemimpin juga harus bisa menyelesaikan masalah, banyak akal dan kreatif. Karena itu jika aku menjadi pemimpin maka aku selalu mengembangkan pikiranku, agar orang yang telah memilihku menjadi pemimpim lebih yakin memilihku untuk menjadi pemimpin. Tetapi menurutku, menjadi seorang pemimpin bisa dimiliki oleh siapa pun. Karena setiap orang itu adalah pemimpin. Sebagai seorang pemimpin juga harus dapat menerima perbedaan pendapat, dan jadi seorang pemimpin itu harus tetap rendah hati, mau mendengarkan suara dari bawahan/anggota.

Pemimpin adalah posisi tertinggi dalam organisasi. Siapa yang tak ingin menjadi pemimpin? Pasti setiap orang ingin menjadi pemimpin. Begitupula saya, sayapun sama seperti kebanyakan orang lainnya. Iya, saya ingin menjadi seorang pemimpin juga. Jika saya menjadi seorang pemimpin pertama tama saya akan memimpin diri saya sendiri terlebih dahul. Memimpin dan mengarahkan diri ke dalam hal yang benar supaya menjadi pemimpin yang baik. Dan melatih diri supaya disiplin agar rencana2 saya ketika menjadi pemimpin dapat terlaksana dengan baik dan itu tentunya harus saya terapkan dalam kehidupan sehari hari. Baik dalam lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat.

Begitu saya yakin dapat menjadi pemimpin bagi diri saya sendiri barulah saya yakin dapat menjadi pemimpin orang lain. Dan apabila saat itu tiba saya ingin menjadi seorang pemimpin yang bukan hanya dihormati tetapi juga disegani oleh orang orang. Karena jadi seorang pemimpin itu bukan hanya bisa memimpin tapi seorang pemimpin juga harus bisa mempengaruhi bawahannya. Kinerja bawahan akan baik jika atasannya juga dapat memberi contoh yang baik 

Namun saya juga akan menerapkan sikap rendah hati dalam masaa pemimpinan saya. Karena, Sifat rendah hati dan merakyat menginspirasi saya untuk tidak membawa posisi pemimpin saat kita berkomunikasi dengan anggota. Karena dengan kita menganggap diri kita sejajar dengan anggota kita, kita akan lebih mudah memahami apa yang diinginkan oleh anggota, apa yang mereka butuhkan dan ide apa saja yang mereka temukan. Hal ini akan mudah tercapai jika kita dapat memposisikan diri kita sebagai teman oleh anggota kita.

Dengan sifat-sifat diatas, kita akan mendapatkan kekuasaan yang semestinya. Kekuasaan sangat dibutuhkan dalam memimpin suatu organisasi demi mencapai tujuan bersama. Dengan kekuasaan kita dapat mengontrol anggota dalam organisasi itu sendiri agar tidak keluar dari tujuan bersama. Kekuasaan yang saya harapkan jika saya menjadi pemimpin adalah Expert Power. Kenapa ? Expert Power adalah kekuasaan atas dasar pengaruh karena kemampuan atau pengetahuan spesialis. Saya tidak ingin memiliki kekuasaan karena ditakuti, saya ingin memiliki kekuasaan karena kemampuan yang saya miliki. Dengan begitu saya tidak akan menyalahgunakan kekuasaan dengan tidak semestinya.

Bisa dibilang bahwa saya menginginkan gaya kempemimpinan yang berorientasi kepada kedekatan karyawan. Achievement-oriented leader adalah menetapkan tujuan dan mengharapkan performa dari bawahan untuk mencapainya. Hal ini terjadi karena saya menginginkan apapun tujuan organisasinya, kita sebagai penggerak harus bisa mencapainya. Karena menurut saya suatu pemimpin akan sia-sia jika tidak bisa mencapai tujuan suatu organisasi yang dipimpin.



     Next post
     Blog home

The Wall

No comments
You need to sign in to comment

Post

Rate

Your rate:
Total: (0 rates)

Archives