Jika Aku Menjadi Pemimpin from Noor Azharul Hanifah's blog

Jika Aku Menjadi Pemimpin

Pemimpin? Apa pemimpin itu? Pemimpin adalah seseorang yang memimpin suatu kelompok dengan menggunakan kemampuannya, nalurinya, dan ciri-ciri kepribadiannya yang mampu menciptakan suatu keadaan yang baik. Pemimpin juga harus memiliki kecakapan juga kelebihan khusus agar dia mampu melakukan aktivitas tertentu demi mencapai tujuan bersama dan mempunyai kreativitas yang tinggi untuk memimpin. 

Kenapa aku berandai menjadi seorang pemimpin? Karena aku ingin merubah keaadan disekitarku menjadi lebih baik dari sebelumnya. Aku tidak hanya berandai menjadi pemimpin tapi menjadi pemimpin yang baik, dan akan menciptakan perubahan. Aku berfikir seperti itu karena sungguh tragis kehidupan di dunia ini. Masih banyak pemulung, pengemis, pengamen, gelandangan, pencuri, pelacur, dan kriminal disana sini. Miris sekali keadaan seperti itu. Mau jadi apa negara ini? Jika warga negaranya seperti itu. Dan banyak anak yang terkena gizi buruk, tidak sekolah ataupun putus sekolah karena tidak mempunyai biaya. Sangat disayangkan sekali keadaan seperti itu karena mereka adalah generasi bangsa yang menjadi pundi-pundi emas untuk masa depan bangsa ini. 

Jika aku menjadi seorang pemimpin, aku akan memperbaiki keadaan-keadaan yang sangat miris tersebut. Dengan membuat kebijakan-kebijakan yang adil dan tidak merugikan rakyat. Jangan sampai yang kaya semakin kaya, dan yang miskin semakin miskin. Dan kebijakan tersebut akan direalisasikan dengan sebaik mungkin. Pemulung, pengamen akan kita berikan lapangan pekerjaan yang lebih layak akan tetapi sebelumnya diberikan keterampilan terlebih dahulu. Dan untuk pengemis, gelandangan, pencuri, dan pelacur akan diberikan sosialisasi dan rehabilitasi dahulu sebelum mereka akan diberikan lapangan pekerjaan. Untuk masalah gizi buruk dan sekolah, akan diberikan fasilitas pelayanan kesehatan dan pendidikan yang merata. Itu semua agar negara ini menjadi negara baik. Itu semua akan terwujud bila ada pemimpin yang baik. Menjadi pemimpin yang baik memang tidak mudah. Tetapi dengan kemauan yang kuat dan mantap, tidak ada yang tidak mungkin, karena niat mengalahkan segalanya. Untuk merealisasikan semua kebijakan tersebut dan untuk menjadi pemimpin yang baik, aku akan membenahi diri sendiri terlebih dahulu. Dengan menanamkan jiwa yang adil, disiplin, bertanggungjawab, dan dapat dipercaya. Tidak hanya itu, kita harus berdoa kepada sang pencipta, karena tanpa Tuhan dan kemauan kita, kita mungkin sulit untuk merubah diri. Karena pribadi yang baik akan melahirkan pemimpin yang baik. Jika tidak membenahi diri terlebih dahulu kita tidak akan menjadi pribadi yang baik. Pemimpin yang tidak baik hanya akan memberikan dampak buruk bagi rakyatnya. Akan tetapi jangan hanya menjadi pemimpin yang baik didepan umum saja, tapi baik untuk semua rakyat dengan tidak memandang SARA. Dan masih banyak hal yang harus kita cari untuk menjadi pemimpin pengayom rakyat. 

Sebelum kita menjadi pemimpin besar, kita dapat belajar menjadi pemimpi didalam organisasi-organisasi sosial disekitar kita, misal karangtaruna, rismas, dan masih banyak lagi organisasi yang dapat melatih kita atau sebagai pijakan kita untuk menjadi pemimpin besar kelak. Karena pemimpin kita terlebih dahulu juga melalui tahap-tahap dan akhirnya menjadi pemimpin besar. Akan tetapi perlu diingat saat kita sudah menjadi pemimpin, jangan bertindak semena-mena, menyalahgunakan kekuasaan, dan yang paling penting jangan terjerumus dalam korupsi. Karena korupsi tidak hanya rugi dunia tapi juga akhirat.

Jadi kita sebagai generasi muda harus sejak awal menanamkan akhlak mulia, supaya menjadi calon pemimpin yang amanah dalam memimpin bangsa ini dan menjadi contoh untuk rakyatnya. Jadilah pemimpin yang dicintai rakyatnya karena dapat merealisasikan ucapannya, bukan menjadi pemimpin yang hanya modal janji. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang dapat membawa negara ini maju dan rakyatnya yang makmur. Dan juga dapat mengemban amanah yang sudah diberikan rakyat kepada pemimpin tersebut.



     Next post
     Blog home

The Wall

No comments
You need to sign in to comment

Post

By Noor Azharul Hanifah
Added Aug 3

Rate

Your rate:
Total: (0 rates)

Archives