Jika Aku Menjadi Pemimpin from Tieko Januar Cahyadi's blog

Menjadi pemimpin adalah tugas yang berat. Karakter pemimpin pada umumnya adalah orang yang bijak, disiplin, berani, dan berhati tulus. Dari segi disiplin sendiri pemimpin harus bisa mengatur kesatuan , membagi secara adil tugas, dan menjaga pengeluaran suatu kesatuan. Selain itu pengambilan keputusan adalah hal yang harus dikuasai seorang pemimpin, karena tanpa pengambilan keputusan yang baik sebuah kesatuan akan mengalami hilang arah atau mendapat beban yang banyak, selain itu keberhasilan yang dicapai pemimpin pada umumnya diharapkan adalah sebuah keberhasilan yang besar sehingga sebuah kesatuan tidak berhenti pada urusan yang sama dalam jangka waktu yang panjang, karena hal tersebut menyebabkan pengeluaran yang banyak dan dapat mengurangi semangat sebuah kesatuan. Dalam hal pengaturan seorang pemimpin bila dihadapkan pada suatu masalah haruslah dapat memaksimalkan daya guna suatu kesatuan yang dia pimpin sehingga kesatuan tersebut dapat terus berjalan secara efektif tanpa berkurang daya gunanya karena menghadapi suatu masalah. Seorang pemimpin dituntut untuk bisa melakukan perhitungan awal terhadap suatu kejadian sehingga kesatuan yang dia pimpin dapat mengerti apa saja resiko yang mereka hadapi kedepan baik dalam jangka waktu dekat maupun jauh hari nanti. Pemimpin juga dituntut untuk bisa melihat peluang yang akan datang atau pada saat itu sehingga sebuah kesatuan dapat memanfaatkan peluang tersebut untuk menggapai sebuah kemenangan. Selain itu pemimpin juga tidak boleh terlalu khawatir, karena kekhawatiran yang berlebihan akan menyebabkan kekacauan. Yang paling penting adalah kesadaran seorang pemimpin pada keadaan kesatuanya sedang berada di mana, karena bila seorang pemimpin lalai akan hal ini maka akan banyak masalah yang siap mengepung kesatuaan yang sedanga berada pada posisi tidak siap.

Seorang pemimpin mempunyai banyak tanggung jawab yang harus dilaksanakan, dan seorang pemimpin juga harus ikut berkembang bersama kesatuanya seiring dengan waktu dan tugas-tugas yang di jalani. Memilih pemimpin  memerlukan pertimbangan yang matang dan memerlukan analisa dampak jangka panjang. Karena apabila konsistensi seorang pemimpin diragukan, maka akan terjadi masalah kepercayaan. Sedangkan apabila seorang pemimpin terlalu dipercayai dan tidak ada yang melawan atau memberi masukan maka akan ada kecenderungan penyalahgunaan kekuasaan. Pertimbangan dan permasalahan dalam masalah kepemimpinan bermacam-macam, setiap saat muncul permasalahan baru sebagai tantangan bagi pemimpin itu sendiri.

Jika saya menjadi pemimpin mungkin sebelum itu saya akan berbenah diri mulai dari diri saya sendiri mempersiapkan untuk jadi yang terdepan, karena pemimpin adalah orang yang selalu di depan dan pertama menemui sebuah masalah. Sebelum suatu masalah menerpa kita, pemimpin alangkah baiknya mempersiapkan kesatuanya dengan membentuk momentum dalam rangka melaju menghantam masalah sehingga pada saat diterpa masalah kesatuan tersebut masih dalam keadaan semangat yang tinggi dan tingkat kepercayaan pada pemimpin masihlah tinggi. Pembangunan kesatuan merupakan sesuatu yang penting bagi seorang pemimpin, karena masalah yang dihadapi pasti akan lebih besar dan tenaga kita berkurang setelah menghadapi masalah yang lalu, sehingga kesatuan kita semakin efisien dalam melaksanakan tugasnya. Pemimpin juga harus mengayomi kesatuanya demi menjaga semangat berjuang tetap tinggi dan mencegah perselisihan dalam kesatuan. Pembekalan pendidikan karakter dari pemimpin kepada kesatuanya sangatlah penting karena dengan karakter yang baik dan kuat sebuah masalah tidak akan terasa begitu berat. Yang terakhir adalah keberadaan suatu pemimpin adalah untuk memakmurkan, membangun , dan mendidik lingkungan di sekitarnya. Karena apabila suatu pemimpin tidaklah bermanfaat bagi lingkungan dan kesatuanya berarti pemimpin tersebut telah kehilangan tujuan.

Apabila saya menjadi pemimpin, maka saya akan membentuk suatu kesatuan yang memiliki momentum kuat, memperhatikan kesempatan, keadaan , kondisi moral sebuah kesatuan dalam rangka meraih kemenangan yang efektif dalam waktu cepat dan manfaatnya dapat dirasakan semua orang.

 


     Next post
     Blog home

The Wall

No comments
You need to sign in to comment

Post

By Tieko Januar Cahyadi
Added Aug 3

Rate

Your rate:
Total: (0 rates)

Archives