JIKA AKU MENJADI, PEMIMPIN from PANJI DAMAR PRASETYO's blog

                Jika aku menjadi, pemimpin? Apa yang kita ketahui tentang pemimpin? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pemimpin adalah orang yang memimpin. Sedangkan, memimpin diartikan sebagai mengetuai atau mengepalai (rapat, perkumpulan, dan sebagainya) dan apabila kita simpulkan dari kedua makna tersebut yang diambil dari KBBI, pemimpin bisa diartikan sebagai orang yang mengetuai atau mengepalai sebuah perkumpulan itu rapat, organisasi, dan lain sebagainya. Ada beberapa stigma negatif tentang pemimpin yang saya kutip dari wikibuku yaitu 2 tipe pemimpin. Yang pertama ialah Authoring (memerintah) dengan pandangan umum adalah hal yang paling mudah diucapkan, tetapi terkadang sulit untuk dilakukan dengan sendirinya oleh pemimpin dengan beberapa faktor yaitu ketidakmampuan pemimpin dalam memimpin, malas, gangguan mental, takut akan kenyataan. Yang kedua adalah Ownering (merasa memiliki) dengan pandangan umum yaitu pemimpin yang memiliki sendiri perusahaan berhak mengakui bahwa semua ialah miliknya tetapi tak berhak untuk mengakuisisi anak buah dan kehidupan mereka. Faktor yang menjadi latar belakang hal tersebut ialah kesombongan, keinginan untuk di agungkan maupun di puja, dan gangguan mental. Oleh sebab itu ada beberapa cara guna menghilangkan hal-hal buruk tersebut salah satunya berbicara sopan, halus dan berusaha sekuat tenaga untuk menghindarkan diri dari sifat-sifat yang buruk seperti diatas.

                Jika aku menjadi, pemimpin? Apakah aku sanggup untuk menjadi pemimpin? Hal tersebut selalu menjadi pertanyaan yang mendiami pikiran dan belum menemukan titik yang pasti sehingga dapat memberikan sebuah jawaban. Saya pun terheran dengan pemikiran orang lain yang sering menyudutkanku agar dapat menjadi pemimpin apabila sedang berlangsung sebuah diskusi untuk menentukan seorang ketua atau dalam hal ini kita maksud sebagai pemimpin. Mereka yang mengusulkanku kebanyakan adalah rekan-rekan atau teman-teman dekatku atau mereka yang telah mengerti aku seperti apa dan bagaimana, namun aku selalu bertanya apakah kusanggup apakah ku bisa? Akan tetapi apabila kutepis pemikiran tersebut dan mencoba menjawab pertanyaan “jika aku menjadi pemimpin” aku akan mencoba untuk menjadi pemimpin. Yang dapat mengarahkan hal-hal yang saya pimpin menuju dan sesuai dengan visi dan misi yang telah di tetapkan atau disepakati bersama. Yang selalu mendengarkan saran dan kritik dari rekan kerja dan seluruh anggota untuk diproses lebih lanjut apabila sesuai dengan visi dan misi yang ada. Yang tetap memiliki sifat rendah hati dan berbuat jujur dalam kondisi apapun. Mungkin itulah beberapa harapan dan kekuatan yang ingin saya wujudkan apabila saya menjadi pemimpin.

                Jika aku menjadi, pemimpin? Dapat disimpulkan bahwa tak semua pemimpin itu buruk atau tidak mengerti bagaimana perasaan orang-orang yang dipimpinnya. Karena, seperti koin yang memiliki dua sisi pasti setiap orang pun memiliki dua sisi yang berbeda, tinggal bagian mana yang akan kita tunjukan sebagai diri kita dan mencoba menutupi atau bahkan tidak memunculkan sisi yang lainnya. Semoga, setiap pemimpin dapat mewujudkan cita-cita dari lingkaran yang dipimpin dengan cara mereka masing-masing. Apabila sang pemimpin tak seperti apa yang kita bayangkan, cobalah kita merubah sudut kita sebagai sang pemimpin.


     Next post
     Blog home

The Wall

No comments
You need to sign in to comment

Post

By PANJI DAMAR PRASETYO
Added Aug 2

Rate

Your rate:
Total: (0 rates)

Archives