Jika Aku Menjadi Pemimpin from Khexe Purnamasari's blog

Jika Aku Menjadi Pemimpin


Pemimpin adalah individu yang mempunyai jiwa terlatih dan mampu melatih individu-individu lain untuk mewujudkan tujuan yang diinginkan. Pemimpin bukan sosok yang harus ditakuti, tetapi pemimpin adalah sosok yang harus dihormati dan disegani. Sosok yang kharismatik namun juga ramah dan merakyat. Seorang pemimpin harus mampu melibatkan diri dalam keberagaman sifat anggotanya. Tidak peduli banyaknya keragaman, yang terpenting dari keberagaman itu pemimpin mampu menyatukan anggotanya. Dalam hal ini berarti pemimpin harus mampu membawa misi dan cita-cita kelompoknya ke arah yang lebih baik serta dapat  menciptakan keadaan agar antar anggotanya dapat saling bekerja sama untuk mencapai tujuan yang diinginkan.


Pemimpin itu sendiri dipilih oleh individu-individu lain yang telah yakin dalam menentukan pilihannya. Tak sebatas kenal tapi sudah pasti tau lebih dalam sosok pemimpin yang dipilihnya. Menjadi seorang pemimpin memang tak mudah, ada banyak kriteria yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Tentunya,seorang pemimpin harus siap dan berani memimpin. Keberanian dalam mengambil keputusan dan keberanian dalam mengambil resiko. Dalam hal memimpin seorang pemimpin tak boleh mementingkan egonya. Ia harus menomersatukan kepentingan kelompok daripada kepentingan pribadi. Pemimpin juga harus mau menerima segala saran dan kritik dari anggotanya yang bersifat membangun.


Bicara tentang pemimpin tak jauh dari kata tanggung jawab. Pemimpin yang baik harus bertanggung jawab terhadap suatu perubahan pada wilayah atau anggota yang dipimpinnya. Ia harus mampu menjadikan wilayah tersebut lebih baik, dan mampu membawa kepercayaan masyarakat tentang segala macam visi dan misi yang ia lontarkan. Sebab, yang dibutuhkan anggota tak hanya janji. Mereka lebih butuh sebuah realita atas perbaikan-perbaikan pada misi yang dijanjikan.  


Menjadi seorang pemimpin harus bisa adil menaungi anggotannya. Tak pilih kasih antara satu anggota dengan anggota lainnya. Meskipun terdiri dari berbagai kalangan ,pemimpin harus bisa membagi secara rata apa yang dibutuhkan oleh masing-masing anggota. Rata bukan berarti harus memiliki porsi yang sama, tetapi pemimpin harus tau golongan masing-masing dari anggota tersebut sehingga apa yang mereka butuhkan sesuai hak dan kewajiban dapat terpenuhi.


Jika aku menjadi pemimpin, tentunya aku tidak langsung menjadi pemimpin yang besar. Dimulai dari hal kecil, aku akan memimpin diriku sendiri menjadi lebih baik. Setelah aku mampu, kemudian aku akan mencoba ke hal yang lebih besar yakni memimpin sebuah kelompok atau organisasi. Di dalam organisasi itu aku akan memimpin kelompokku dengan baik, sehingga kita bersama dapat mewujudkan cita-cita dan tujuan bersama yang diinginkan. Aku juga akan bersikap adil dalam menaungi masing-masing anggotaku. Tak membedakan dari golongan apapun tapi memberikan hak yang sama pada masing-masing anggota.


Suatu kedisiplinan juga diperlukan dalam memimpin. Jika aku memimpin aku akan menjadi pemimpin yang tegas agar masing-masing anggotaku selalu bersikap disiplin. Karena dengan disiplin kita dapat melaksanakan tugas dan pekerjaan kita dengan lancar, dan notabene disiplin merupakan sebuah kunci kesuksesan.


Berbagai masalah pasti muncul dalam kehidupan,hal itu tak dapat ditolak. Jika aku menjadi pemimpin, aku akan mengenyampingkan kepentingan pribadiku untuk lebih mendahulukan kepentingan kelompok. Begitu juga dengan suatu masalah, aku tidak akan membawa masalah pribadiku kedalam kelompok. Aku akan turut andil dalam berbagai masalah yang ada dalam kelompok serta berusaha menyelesaikan masalah tersebut secara bersama-sama.Kesejahteraan anggotaku adalah yang utama, aku akan membimbing anggotaku agar dapat melakukan suatu pekerjaan dengan baik dan benar sehingga mereka dapat melaksanakan kewajibannya dengan seoptimal mungkin dan dapat membuahkan hasil yang maksimal.


 Tidak hanya sekedar perubahan yang aku inginkan, tapi juga sebuah inovasi. Sebab menjadi pemimpin tak hanya bermodal janji, pemimpin harus mampu bertanggung jawab atas anggota yang dipimpin. Karena bagiku tanggung jawab adalah sebuah keharusan. Dengan hal itu rasa percaya mereka tak perlu dibuat, sebab mereka benar-benar merasakan perubahan atas kepemimpinan yang aku jalankan.


Jelasnya, jika aku menjadi pemimpin pastinya aku akan meneladani sikap para pemimpin besar dalam memimpin anggotanya. Hal itu dapat menjadi sebuah semangat dan pedoman tersendiri bagiku. Sebab, ditangan-tangan merekalah nasib rakyat dipegang dengan erat. Dan ditangan pemimpin kuat pasti tercipta rakyat yang hebat.


     Next post
     Blog home

The Wall

No comments
You need to sign in to comment

Post

By Khexe Purnamasari
Added Aug 2

Tags

Rate

Your rate:
Total: (0 rates)

Archives